span 1 span 2 span 3

Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya

Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya

Dalam menangani komplain dari  konsumen, banyak perusahaan saat ini yang sudah menerapkan CRM. Mungkin sebagian dari anda belum mengerti benar apa itu aplikasi CRM atau juga bisa disebut Customer Relationship Management. Aplikasi keluhan pelanggan ini akan membantu anda menghandle semua keluhan pelanggan dan menanganinya dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan akan selalu merasa diperhatikan. Lalu mengapa saat pelanggan mendapatkan perhatian? Tentu saja untuk tetap menjaga pelanggan setia dengan produk yang anda jual kepada mereka. Saat ini, anda bisa mendapatkan banyak perusahaan yang menyediakan CRM untuk diaplikasikan ke bisnis atau perusahaan anda. Namun sebelum anda memutuskan untuk memasang CRM dalam perusahaan anda, ada baiknya anda mengetahui secara baik apa itu aplikasi CRM serta manfaat-manfaat yang akan anda dapatkan darinya. 

Mengenal Aplikasi CRM 

CRM atau Customer Relationship Management atau jika dialihbahasakan adalah manajemen hubungan pelanggan adalah istilah yang akrab digunakan dalam dunia bisnis yang mengacu pada penggunaan aplikasi yang khusus menyediakan layanan keluhan pelanggan. Tentu saja dalam setiap bisnis yang dijalankan, akan selalu ada keluhan dari pelanggan yang kiranya merasa tidak puas dengan layanan atau produk yang ditawarkan. Dalam poin ini, menjadi hadir dan dekat kepada pelanggan adalah suatu keharusan. Bagaimana tidak, jika pelanggan tidak didengarkan keluhannya, maka pelanggan-pelanggan ini akan lari dan mencari produk sejenis dari kompetitor dengan pelayanan yang ;lebih baik. 

Di sinilah aplikasi CRM hadir. Ibarat sebuah wadah, CRM akan manapun semua keluhan pelanggan dan menyajikannya kepada anda untuk dengan segera di respon.  Dengan perkembangan dunia IT yang terus meningkat, CRM saat ini sudah berwujud sebagai sebuah sistem yang kompleks dan terintegrasi yang digunakan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan para pelanggannya. Selain bentuk aplikasi, CRM juga sudah menjelma menjadi sebuah metode bagaimana cara mengelola keluhan pelanggan dengan tepat dan efektif. 

Lalu apa saja manfaat penerapan CRM dalam bisnis anda? 

BACA JUGA : Manfaat Aplikasi CRM Bagi Pengembangan Bisnis Anda.

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis 

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari pengaplikasian CRM ke dalam bisnis anda, di antaranya yaitu: 

  • Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan 

Dengan semua informasi yang dikumpulkan melalui berbagai saluran seperti SMS, panggilan, email, hingga sosial media, maka perusahaan juga secara konsisten memahami para pelanggannya. Dengan berbekal data-data tersebut, perusahaan anda bisa menjadi lebih baik dalam mengeluarkan produk atau bisa juga digunakan sebagai langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan. 

  • Mengurangi Biaya 

Dengan menerapkan CRM, anda juga bisa mengurangi biaya pemasaran karena setiap produk sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Anda tidak perlu melakukan survey market lagi karena semua data tentang pelanggan sudah anda miliki dan tinggal anda kelola.  

  • Kegiatan Operasional semakin Efisien 

Dengan banyaknya kemudahan yang di dapatkan dalam mengatasi keluhan pelanggan tersebut, maka nada sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif ataupun biaya birokrasi yang mungkin saja muncul. 

  • Time to Market 

Selain data pelanggan, anda juga akan mendapatkan data pasar yang bisa anda jadikan patokan dalam menentukan strategi bisnis anda selanjutnya sehingga setiap produk yang anda keluarkan menjadi tepat sasaran. 

Demikianlah informasi mengenai pengertian aplikasi CRM serta manfaat-manfaat yang anda dapatkan jika menerapkannya dalam bisnis anda. Anda bisa dengan segera mengaplikasikan CRM sebagai langkah cerdas untuk menumbuhkan bisnis anda dan membangun hubungan baik dengan para pelanggan anda.  

Sebagai solusi dari itu semua, maka Soltius Indonesia sebagai perusahaan premium partner SAP menyediakan software CRM dengan fitur lengkap yang tentunya dapat membantu menumbuhkan bisnis dan membangun hubungan baik pelanggan dengan perusahaan anda. Informasi lebih detail mengenai software CRM Solitus, silahkan klik link ini : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/aplikasi-software-crm

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memilih Aplikasi CRM yang Sesuai untuk Setiap Bisnis.

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia