span 1 span 2 span 3

4 Fungsi dan Manfaat Payroll Software Indonesia

4 Fungsi dan Manfaat Payroll Software Indonesia

Payroll software Indonesia merupakan sistem yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Payroll ini akan membuat perusahaan Anda mudah untuk melakukan penggajian secara cepat dan rutin. Gaji ini adalah hal yang vital terutama bagi karyawan sehingga perusahaan wajib untuk membayarkannya secara tepat baik waktunya maupun nominalnya. Tanpa menggunakan software satu ini perusahaan akan membuang banyak waktu dan tenaga terlebih lagi human error tidak bisa di elakkan lagi. Semakin banyak karyawan yang dimiliki oleh perusahaan akan membuat penghitungan dan proses penggajian ini akan berjalan semakin lama.

Fungsi Payroll dalam Bisnis Anda

Akan ada beberapa fungsi yang bisa dijalankan oleh payroll software Indonesia. Berikut ini adalah beberapa fungsinya yang penting untuk Anda perhatikan:

1.    Mengelola data karyawan

Payroll software ini akan mampu membantu bisnis Anda dalam mengelola data karyawan. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa karyawan ini adalah asset sehingga penting bagi bisnis Anda untuk mengelola asset bisnis Anda dengan baik.  Dengan menggunakan payroll ini Anda akan mudah untuk mengelola data karyawan di satu tempat saja mulai dari ulang tahun, nomor rekening bank, jenjang karier, sampai dengan remunerasi berupa gaji dan tunjangan. Tidak hanya itu saja Anda yang memiliki karyawan kontrak pun bisa di ingatkan jika kontrak mereka telah habis. Setiap software payroll akan dilengkapi dengan pengelolaan data karyawan karena penggajian akan disesuaikan dengan data karyawan tersebut.

2.    Terintegrasi dengan absensi

Kemudahan akan bisa Anda dapatkan jika menggunakan software satu ini. Hal itu dikarenakan payroll akan terintegrasi dengan mesin absensi sehingga Anda tidak perlu mencocokkan absensi secara manual yang membuang banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan payroll ini Anda akan bisa menghemat waktu sehingga HR akan bisa menjalankan fungsi lainnya lebih maksimal. 

Baca Juga: 6 Kemudahan yang Ditawarkan Payroll software Indonesia

3.    Menghitung THR secara akurat    

Payroll software Indonesia ini akan mampu menghitung THR secara akurat. Payroll juga akan membantu Anda dalam melakukan penggajian mingguan, bulanan, menghitung lembur, bonus, menghitung insentif secara otomatis dan juga akurat. 

4.    Menghitung BPJS

Payroll akan mampu membantu Anda dalam menghitung BPJS karyawan. Jika bisnis atau perusahaan Anda masih melakukan penghitungan BPJS karyawan secara manual hal ini akan sangat memakan waktu dan juga tenaga. Tidak hanya itu saja human error akan mudah terjadi.

Baca JugaSolusi Payroll Software Indonesia untuk Sistem Penggajian Perusahaan Anda

Manfaat

Karena memiliki banyak fungsi, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengimplementasikan software satu ini ke bisnis Anda. Manfaat yang pertama adalah Anda akan bisa menyimpan data secara otomatis dan aman. Perusahaan bisnis Anda tidak perlu lagi menyimpan data secara manual karena risikonya tinggi, penyimpanan manual ini juga membutuhkan banyak kertas dan ruang penyimpanan. Jika data ini disimpan dengan cara manual saat dibutuhkan sewaktu-waktu dan harus melakukan update Anda akan kesulitan. Berbeda jika menggunakan payroll ini dimana data yang tersimpan akan mudah dicari selain itu juga mudah dihapus jika sewaktu-waktu data tidak dibutuhkan lagi.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan payroll software Indonesia ini adalah data akan lebih cepat disajikan. Pengelolaan penghitungan gaji akan menjadi lebih cepat, hasil penghitungan juga lebih terperinci. Bisa dibayangkan jika Anda memiliki banyak karyawan dan masih melakukan penghitungan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama dan masih berisiko mengalami kesalahan.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang payroll software yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Dalam menghitung gaji ini memang membutuhkan ketelitian sehingga menghindari adanya risiko kerugian. Oleh sebab itu jika selama ini Anda merasa penggajian di bisnis Anda sering lambat dan penghitungan sering mengalami kesalahan mulailah untuk mengaplikasikan payroll software Indonesia ini di perusahaan Anda agar penggajian bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia