span 1 span 2 span 3

5 Manfaat Big Data Indonesia untuk Kemajuan Industri Bangsa

5 Manfaat Big Data Indonesia untuk Kemajuan Industri Bangsa

Ketika berbicara kemajuan perusahaan, maka kita tidak bisa lepas dari hasil riset dan analisis yang mana menjadi tolok ukur sekaligus acuan untuk mengetahui di mana letak kepuasan pelanggan. Semakin mendalam sebuah riset atas data yang valid, maka semakin tinggi kesempatan perusahaan untuk dapat lebih dekat dengan konsumen.

Dan hal itu pula yang harusnya dijadikan acuan untuk memajukan industrial bangsa. Karena dengan adanya data yang valid di segala lini, kita mampu menghasilkan analisis mendalam dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Pastinya kebutuhan pasar ini tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja, melainkan saling menyejahterahkan antara pelaku atau produsen dengan para konsumen. Lalu apa saja manfaat Big Data Indonesia bagi industri bangsa ini? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut:

Manfaat Big Data di Bidang Agrikultur

Kita tentu sepakat bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan negeri ini juga dikenal sebagai negara agraris yang memiliki tenaga petani lebih dari 30 juta orang. Dan dengan adanya Big Data, sistem agraria akan mendapat hasil riset yang maksimal untuk meningkatkan produktivitas hasil tani.

Seperti misalnya melakukan riset terhadap kualitas tanah dan luas tanah, hingga riset cuaca dan dampaknya pada tumbuhan padi. Tentu semua itu bisa dilakukan dengan data yang valid dan cepat berkat adanya Big Data.

Manfaat Big Data untuk Mengatasi Kecurangan Pajak

Disadari atau tidak, kesadaran masyarakat Indonesia dalam membayar pajak memang masih rendah. Dan setiap tahunnya Dirjen Pajak masih belum bisa memenuhi target pendapatan dari total pajak keseluruhan. Namun apabila kita mau memanfaatkan peran Big Data, hal ini akan meminimalisir kecurangan dan meningkatkan hasil pendapatan pajak negara.

Big Data mampu merekam berbagai data, termasuk dengan data-data setiap keluarga Indonesia. Data tersebut bisa dimaksimalkan perannya untuk mencatat jumlah kekayaan masing-masing keluarga. Dari Big Data ini juga bisa diatur untuk menggolongkan kemampuan pembayar pajak dan bagaimana statusnya, apakah sudah membayar atau justru menunggak.

BACA JUGA : Apa itu Big Data Indonesia?

Memanfaatkan Teknologi Wearable Big Data

Pada umumnya, teknologi wearable digunakan untuk mengelola data aktivitas sehari-hari, seperti hasil komunikasi dan navigasi. Dan dalam Big Data, teknologi wearable ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan beberapa sektor industri Indonesia, seperti misalnya sektor wisata yang mana memanfaatkan data wisatawan atas segala perjalanan dan minatnya dalam berkunjung ke tempat-tempat di Indonesia.

Manfaat Big Data untuk Sektor Kesehatan

Saat ini data yang terhimpun dalam Dinas Kesehatan bisa terbilang masih sangat minim. Bahkan data pasien juga kerap kali luput padahal itu bisa menjadi acuan sektor kesehatan untuk meningkatkan pelayanannya.

Dan apabila sektor kesehatan bisa memanfaatkan Big Data dengan baik, bukan tidak mungkin jika hasil riset atas seluruh keluhan pasien dapat dilakukan lebih cepat dan efisien. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk rumah sakit atau instansi terkait saja, melainkan juga bisa menjadi acuan untuk berbagai penyuluhan kesehatan yang hendak dilakukan.

Pengembangan Teknologi Bahasa Indonesia

Kekayaan bahasa Indonesia bisa lebih dimaksimalkan dengan pemetaan data untuk mengisi terjemahan bahasa asing dalam setiap teknologi yang hadir. Big Data mampu menyimpan seluruh informasi bahasa yang kemudian bisa diatur melalui sistem untuk secara otomatis menisi kebutuhan bahasa Indonesia atas program atau software komputer.

Demikian ulasan seputar manfaat Big Data Indonesia untuk memajukan sektor industri bangsa. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi gambaran betapa pentingnya Big Data.

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan