span 1 span 2 span 3

Ini Dia 5 Manfaat Implementasi Supply Chain Management Kolaborasi

Ini Dia 5 Manfaat Implementasi Supply Chain Management Kolaborasi

Supply Chain Management Kolaborasi – Di era kemajuan teknologi seperti saat ini informasi bisa tersedia begitu cepat dan mudah. Hal inilah yang kemudian membuka kesempatan untuk mengetahui segala informasi yang dimiliki oleh suatu organisasi yang mana mudah ditangkap tidak hanya pelanggan namun juga pemasok bahkan perusahaan lain untuk bekerja sama.

Kerja sama atau kolaborasi ini bisa terjadi dalam berbagai bidang. Dalam serangkaian proses kolaborasi tersebut, proses rantai pasok atau supply chain ini memungkinkan terjadinya kolaborasi mulai dari hulu sampai dengan hilir. Kolaborasi rantai pasokan ini menjadi cara bagi organisasi atau perusahaan agar mampu bersaing untuk melakukan efisiensi dari segi biaya operasional sampai dengan efektivitas untuk merambah ke pasar yang lebih luas.

Manfaat

Area SCM kolaborasi dengan penyedia jasa pendukung logistic ini disebut dengan 3PL atau Third Party Logistic yang mana kian marak di seluruh negara belahan dunia. 3PL ini merupakan sebutan untuk penyedia jasa integrasi logistik dalam kegiatan supply chain dimana hal ini melibatkan transportasi domestik sampai internasional, pergudangan, pengelolaan persediaan atau inventory, TI dan masih banyak lagi lainnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan Supply Chain Management kolaborasi seperti berikut ini:

  • Fokus terhadap industri utama

Dengan Supply Chain Management kolaborasi ini perusahaan atau bisnis bisa lebih fokus ke bisnis utamanya. 3PL ini akan membantu perusahaan untuk bisa mengerjakan kegiatan pendukung yang mana kadang memecah konsentrasi bisnis. Dengan fokus terhadap bisnis utama ini perusahaan akan bisa menjalankan bisnisnya secara maksimal.

Baca Juga: Atasi Tantangan Supply Chain Management Kolaborasi dengan Sistem Terbaik

  • Biaya investasi berkurang

Manfaat yang bisa Anda dapatkan lainnya dengan mengaplikasikan SCM kombinasi ini adalah perusahaan Anda akan bisa mengurangi biaya investasi. Untuk pembangunan gudang,   pembelian moda transportasi, perangan sistem informasi, maupun investasi penyediaan dan pengembangan sumber daya di bidang logistik 3PL ini akan menawarkan jasa yang dibutuhkan sehingga perusahaan Anda tidak perlu memikirkan jumlah investasi yang dibutuhkan. Biaya investasi tersebut bisa ditekan dengan optimal dan modal bisa dialihkan untuk investasi pengembangan yang lainnya yang bermanfaat untuk bisnis.

  • Transfer risiko

Supply Chain Management kolaborasi ini memiliki manfaat berupa transfer risiko. 3PL ini akan dikelola oleh SDM yang terampil di dalam bidangnya sehingga kolaborasi yang tepat ini membuat perusahaan Anda menjadi tidur tenang karena kemungkinan kegagalan logistik sudah ditangani orang yang tepat. Segala bentuk risiko yang tidak sesuai ini akan ditanggung oleh 3PL tentunya sesuai dengan perjanjian di awal.

  • Fleksibel

Manfaat lainnya adalah jauh lebih fleksibel dimana dengan fleksibilitas ini Anda bisa meraih pangsa pasar yang jauh lebih luas. Dengan adanya channel distribusi yang tersebar di seluruh wilayah ini membuat perusahaan Anda akan jauh leluasa dalam mengembangkan sayapnya untuk merambah ke pasar yang baru.

Baca Juga: Supply Chain Management: Tujuan, Fungsi, Proses dan Strateginya

  • Output yang jauh lebih banyak

Manfaat yang terakhir adalah perusahaan Anda akan bisa menghasilkan output yang jauh lebih banyak tanpa harus terkendala dengan batasan kapasitas kemampuan yang ada di perusahaan Anda.

Dengan sistem kolaborasi ini perusahaan akan bisa meningkatkan daya saingnya terutama dalam aktivitas logistik. Dengan integrasi supply chain management tersebut perusahaan Anda akan bisa melaksanakan rantai pasokan dengan baik. Kinerja logistik akan meningkat dengan SCM kolaborasi tersebut. 

Untuk mendukung manajemen kolaborasi rantai pasokan yang cepat dan akurat Anda bisa berkonsultasi dengan SOLTIUS. Kami merupakan perusahaan konsultan dan penyedia IT terbaik di Indonesia. Kami memiliki solusi untuk Supply Chain Management kolaborasi terbaik sehingga perusahaan Anda bisa memenuhi permintaan pelanggan setiap saat sehingga kepuasannya menjadi meningkat, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Atau Klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/supply-chain-management

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan