span 1 span 2 span 3

5 Sektor yang Membutuhkan Analisis Big Data Indonesia

5 Sektor yang Membutuhkan Analisis Big Data Indonesia

Big data Indonesia – Penggunaan big data semakin masif dari hari ke hari. Penggunaannya tidak hanya untuk industri informasi dan telekomunikasi saja, namun bisa berjalan di semua sektor. Lebih dari itu orang-orang semakin familiar dengan istilah big data dan semakin banyak yang menggunakannya. Big data dimaknai sebagai sekumpulan data yang belum terstruktur. Data tersebut tidak spesifik dan ukurannya sangat besar. Big data juga dijuluki sebagai very large database yang pengaturannya menggunakan database management system atau DBMS.

Dalam penggunaannya analisis big data ini akan menguji set data yang berukuran sangat besar dan beragam untuk bisa menyingkap pola yang tersembunyi, hubungan yang belum diketahui, tren pasar, ketertarikan pelanggan, dan ragam informasi yang lainnya sebagai pengambil keputusan.  Dengan bantuan software yang tepat diharapkan analisis big data ini akan bisa menghasilkan berbagai macam rekomendasi yang bisa menguntungkan bisnis. Berikut ini ada beberapa sektor yang membutuhkan analisis dan pengimplementasian big data Indonesia:

 

Komunikasi dan Media

Analisis big data Indonesia akan bisa digunakan untuk pelaporan real-time dari kejadian yang ada di seluruh dunia  lewat berbagai macam platform sekaligus mulai dari mobile, laman daring dan televisi. Industri musik pun menjadi bagian dari media. Dengan menggunakan analisis big data ini bisa dijadikan sebagai antisipasi dan membaca tren yang berhubungan dengan tipe suara yang digandrungi oleh pendengar.

 

Perbankan dan Sekuritas

Dalam dunia perbankan dan sekuritas analisis big data ini sangat dibutuhkan. Analisis big data akan memonitor pasar finansial  lewat monitor aktivitas jaringan dan bahasa prosesor untuk mengurangi kecurangan dalam transaksi. Nilai tukar dan juga komisi trading akan menggunakan analisis agar tidak ada trading illegal yang terjadi dalam monitor pasar modal.

 

Kesehatan

Sektor kesehatan juga memerlukan big data dimana tugasnya untuk mengumpulkan kesehatan publik agar bisa digunakan respons tentang masalah kesehatan secara lebih cepat. Bug data juga dipakai sebagai identifikasi lebih dini penyebaran virus maupun penyakit baru seperti Ebola. Tidak hanya itu saja, dengan adanya big data bisa lebih mudah mengetahui kapan penyakit banyak muncul misalnya saja bisa tahu kapan virus demam berdarah paling sering muncul dan menyerang masyarakat sehingga bisa dilakukan penanganan dan antisipasi lebih dini.

 

Pendidikan

Pendidikan juga memerlukan analisis big data dimana digunakan untuk memperbarui dan juga meningkatkan khasanah literatur dalam berbagai cabang keilmuan yang saat ini semakin cepat berkembang. Universitas di Indonesia maupun dunia memanfaatkan big data untuk memonitor dan juga melacak performa mahasiswa maupun fakultasnya.

Pendidik yang juga dipersenjatai dengan wawasan berbasis data ini akan mampu membawa perubahan yang signifikan dalam sistem sekolah, siswa maupun kurikulum pendidikan. Analisis big data bisa mengidentifikasi siswa yang berisiko, memastikan siswa membuat kemajuan yang baik, menerapkan sistem di sekolah yang lebih baik untuk evaluasi, dan mampu mendukung kinerja guru maupun kepala sekolah.

 

Manufaktur

Sektor yang membutuhkan analisis big data yang terakhir adalah manufaktur. Dengan berbekal pengetahuan yang diperoleh dari big data produsen akan bisa meningkatkan kualitas dan output untuk meminimalkan pemborosan bisnis, mempercepat proses bisnis yang menjadi kunci di dalam pasar yang sangat kompetitif. Semakin banyak produsen yang memanfaatkan analisis big data juga membuat penyelesaian masalah dan juga pengambilan keputusan di dalam bisnis semakin cepat pula.

Selain beberapa sektor yang disebutkan di atas, analisis big data Indonesia mampu mencakup sektor yang lebih luas seperti sektor asuransi, produksi, ritel, bahkan pemerintah pun memanfaatkan analisis big data untuk menjalankan lembaga pemerintah Indonesia maupun untuk mengatasi kejahatan yang kerap terjadi sehingga bisa dikatakan penggunaan big data ini sangat fleksibel untuk diterapkan dan diimplementasikan dalam berbagai bidang.

 

Artikel Menarik Lainnya :

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan