span 1 span 2 span 3

5 Tips Memilih Payroll Software Indonesia Terbaik

5 Tips Memilih Payroll Software Indonesia Terbaik

Payroll software Indonesia ini sangat penting digunakan oleh pebisnis. Payroll ini merupakan kegiatan yang sangat vital dalam perusahaan dikarenakan akan berhubungan langsung dengan kepuasan SDM pada perusahaan atau bisnis. Banyak perusahaan yang mempercayakan proses penggajiannya kepada pihak ketiga namun hal ini bukanlah cara efektif karena perusahaan akan mengeluarkan biaya operasional yang cukup besar untuk pembayaran pihak ketiga.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk melakukan penggajian karena bisa menggunakan bantuan teknologi payroll software Indonesia ini. Dengan adanya payroll ini proses penggajian lebih cepat karena sistem yang akan melakukan penghitungan dengan baik sehingga human error bisa diminimalisir. 

Memilih Payroll Software

Saat ini payroll software memang banyak dibutuhkan namun yang harus Anda perhatikan adalah tidak semua software payroll ini cocok untuk di aplikasikan ke perusahaan Anda. Ada beberapa tips yang harus dilakukan agar Anda bisa memilih payroll software Indonesia yang tepat  seperti berikut ini:

1.    Simpel dan user friendly

Tips memilih payroll software yang pertama adalah pilihlah yang simpel an juga user friendly. Salah satu tujuan utama Anda menggunakan payroll software adalah bisa menyederhanakan penghitungan gaji karyawan sehingga tampilan atau user interface dari software tersebut harus didesain sesederhana mungkin. Sistem juga harus user friendly agar mudah di operasionalkan. Tampilan yang simpel, bahasa yang mudah dipahami, dan juga navigasi yang mudah akan membuat payroll software ini user friendly.

Baca Juga: Solusi Payroll Software Indonesia untuk Sistem Penggajian Perusahaan Anda

2.    Fitur yang bisa dikustomisasi

Ada banyak perusahaan yang menginginkan fitur yang lengkap namun ada baiknya jika Anda memilih fitur yang bisa dikustomisasi. Dengan adanya kustomisasi ini Anda akan mudah  menyesuaikan fiturnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fitur yang lengkap memang bagus namun tidak semua fitur pada software tersebut dibutuhkan oleh perusahaan. Membeli software payroll dengan fitur yang banyak ini hanya akan membuat operasional software tersebut membingungkan. 

Fitur utama yang harus dimiliki oleh software payroll Indonesia ini adalah data kehadiran, jam kerja, pajak, tunjangan, lembur, serta tunjangan-tunjangan yang lainnya. Masing-masing perusahaan ini memiliki komponen-komponennya masing-masing sehingga Anda tidak bisa menyamakan penggunaan software payroll Indonesia tersebut dengan perusahaan lainnya.

3.    Hitungan yang akurat

Melakukan penghitungan gaji karyawan secara manual hanya akan membuat human error mudah terjadi. Terlebih lagi yang harus dihitung ini komponennya banyak sehingga ketelitian sangat dibutuhkan di sini. Untuk perusahaan menengah atas dengan ratusan bahkan ribuan karyawan penghitungan dengan cara manual ini hanya akan membuat proses penggajian berjalan lambat bahkan tidak transparan. Pilihlah software yang bisa mendukung penghitungan yang akurat dan bisa mencegah human error.

4.    Keamanan data

Tips memilih payroll software Indonesia selanjutnya adalah pilih yang menjamin keamanan data perusahaan. Data-data yang berhubungan dengan karyawan dan keuangan perusahaan ini merupakan penting dan sifatnya adalah rahasia. Data ini tidak boleh sampai bocor dan disalahgunakan oleh orang yang tidak berkepentingan. Untuk menjamin keamanan data ini Anda bisa menggunakan jasa vendor terpercaya dan berpengalaman sehingga data Anda akan aman dan tidak bocor ke pihak lainnya.

Baca Juga: 4 Fungsi dan Manfaat Payroll Software Indonesia

5.    Bisa di update

Anda yang ingin menggunakan payroll software ini sebaiknya pilih software yang bisa di update. Anda tidak akan pernah tahu kebijakan yang berhubungan dengan gaji karyawan tersebut akan seperti apa nantinya, sehingga memilih payroll dengan sistem yang di update ini akan memudahkan Anda dalam mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan tersebut. Kebijakan yang bisa berpengaruh terhadap penggajian adalah pajak, BPJS, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan payroll software Indonesia terbaik, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 
 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia