span 1 span 2 span 3

Hindari Kerugian! Buat Pergudangan Modern Lebih Cepat dan Akurat dengan Sistem Terbaik!

Hindari Kerugian! Buat Pergudangan Modern Lebih Cepat dan Akurat dengan Sistem Terbaik!

Pergudangan modern – Pola perdagangan dulu banyak yang konvensional. Namun saat ini berubah menjadi digital. Perdagangan digital saat ini disebut dengan e-commerce. Secara tidak langsung hadirnya e-commerce ini bisa memberikan peningkatan dalam bisnis properti seperti pergudangan. Lokasi pergudangan yang ditawarkan tentu saja yang strategis karena memudahkan akses keluar masuk barang.

Sebelum era perdagangan digital ini booming, pelaku bisnis banyak yang membutuhkan lahan toko untuk menyimpan maupun memasarkan produknya kepada pelanggan.  Karena di era digital ini pelanggan mengubah kebiasaannya maka pembeli saat ini kebanyakan membeli di toko digital.  

Fungsi toko yang dulunya menjadi tempat pemasaran kini mulai tergantikan dengan toko online dunia maya. Toko tersebut bisa berdiri sendiri menggunakan website namun bisa juga terintegrasi dengan marketplace.

Baca Juga: Buat Aktivitas Pergudangan Modern Bisnis Anda Lebih Lancar dengan WMS Terbaik!

Karakteristik

Berikut ini adalah karakteristik pergudangan modern yang wajib Anda tahu:

 

  • Menyasar perusahaan fast moving consumer goods

 

Perusahaan besar dan memiliki kebutuhan tinggi akan sistem pergudangan. Perusahaan memiliki ritme pengemasan dan juga pengiriman barang dengan cepat dan skalanya besar. Perusahaan tersebut membutuhkan tempat pengemasan yang tidak hanya menyimpan namun juga memiliki fungsi untuk pengemasan. Bisnis tersebut memiliki kontrol yang bagus sebelum barang tersebut didistribusikan.

Perusahaan e-commerce menggunakan WMS atau warehouse management system sehingga bisa melihat barang masuk dan keluar lebih cepat dan real time. Selain itu karena permintaan pasar tinggi maka proses pengemasannya juga didukung dengan fasilitas modern sehingga proses distribusi menjadi lebih efektif.

 

  • Fasilitas

 

Jika membahas gudang yang modern maka yang membedakannya dengan gudang konvensional adalah fasilitasnya yang lebih canggih dan juga modern. Fasilitas yang ada di pergudangan modern struktur bangunan, fasilitas penahan panas. Tidak hanya itu saja luas gedungnya mencapai hektar untuk space dan juga fasilitas alat modern. Yang menakjubkan adalah gudang modern juga dilengkapi dengan fasilitas keamanan canggih 24 jam sampai dengan loading docks.

Sistem pergudangan modern ini semua prosesnya dilakukan dengan end to end. Baik itu proses inbound, tahapan QC atau quality control dan penyimpanan. Kemudian dilanjutkan dengan proses order, packing paket hingga barang siap dikirim atau outbound. Dalam aktivitas pergudangan ini memiliki partner ekspedisi yang menjalin kerjasama.

Baca Juga: Proses-Proses Standar dalam Warehouse Management System

Manajemen Gudang Modern

Untuk manajemen gudang modern penting bagi Anda untuk menggunakan sistem pergudangan yang otomatis. Dengan menggunakan sistem canggih yang otomatis ini mudah bagi Anda untuk melakukan manajemen. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa melihat inventaris bisnis secara real time. 

Banyaknya barang di gudang membuat Anda tidak bisa melakukan inventory secara manual, namun harus menggunakan bantuan sistem. Cara manual ini tidak efisien. Jangan hanya struktur dan fasilitasnya saja modern namun manajemennya masih manual. 

Berapa banyak waktu bisnis Anda terbuang dengan mencatat perpindahan barang dan juga berapa banyak kerugian yang bisa bisnis Anda dapatkan dikarenakan laporan yang tidak akurat sehingga terlambat dalam proses pengiriman pesanan. 

Jangan sampai tertinggal dengan kompetitor karena mungkin saja kompetitor Anda telah melakukan manajemen dan pengelolaan pergudangan dengan otomatis dengan menggunakan software sehingga informasi yang didapatkannya ini benar-benar akurat.

Untuk bisa memanajemen operasional pergudangan dengan cepat dan otomatis Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS. Kami merupakan perusahaan penyedia solusi IT terbaik dan berpengalaman di Indonesia. Kami memiliki berbagai macam solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bisnis Anda dengan baik. Untuk membantu manajemen pergudangan modern yang Anda miliki kami memiliki Warehouse Management System terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, jangan ragu hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/sap-ewm-warehouse-management-system



 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan