span 1 span 2 span 3

Jangan Sampai Salah, Begini Teknik Manajemen Analisis Data yang Benar!

Jangan Sampai Salah, Begini Teknik Manajemen Analisis Data yang Benar!

Manajemen analisis data – Sebagian besar bisnis, tidak pernah mengalami kekurangan data. Faktanya justru sebaliknya dimana terlalu banyak informasi yang tersedia yang digunakan untuk membantu membuat keputusan yang jelas. Banyak data membuat Anda kebingungan dan juga ragu. Hal tersebut mendorong dilakukannya analisis data untuk membantu pengambilan keputusan yang baik dan benar.

Data akan disortir, hal ini bisa Anda lakukan jika membutuhkan sesuatu yang lebih dari data Anda. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anda tahu bagaimana cara menganalisis data yang baik dan benar untuk menemukan informasi yang bermanfaat dari data tersebut? Apakah Anda bisa menarik kesimpulan data yang akurat dari data tersebut? Selain itu apakah Anda membutuhkan data yang digunakan menginformasikan proses dari pengambilan keputusan tersebut?

Artikel lainnya: Awas Tidak Maksimal! Ini Dia Kesalahan Manajemen Analisis Data yang Harus Dihindari!

Pengertian

Sebelum tahu tekniknya sebaiknya tahu pengertiannya terlebih dahulu. Manajemen analisis data adalah serangkaian kegiatan dalam mengelola data hasil penelitian. Hal tersebut dimulai dari pencatatan, pengumpulan dan pengolahan. Kemudian dilanjutkan analisis, interpretasi data sampai dengan visualisasi data. 

Pada dasarnya manajemen data tersebut dilakukan untuk proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Jika analisis data ini dilakukan dengan teknik yang baik, bisnis bisa tumbuh dan berkembang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya

Dari manajemen analisis data yang dilakukan ini bisnis Anda bisa mengetahui customer behavior. Selain itu juga meningkatkan customer experience dan mengetahui apa yang sedang tren dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini untuk bisa melakukan analisis data yang baik dan benar tidak bisa dilakukan dengan cara manual saja namun bisa menggunakan software analisis data terbaik.

Teknik maupun Sistem Pilihan untuk Manajemen Analisis Data

Analisis data ini sangat penting untuk bisnis.  Data ini merupakan aset dari perusahaan sehingga penting untuk dianalisis agar bisa digunakan dalam berbagai macam hal. Ada beberapa teknik maupun sistem manajemen analisis data yang penting untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

 

  • Integrasi data

 

Teknik yang bisa Anda lakukan pertama adalah integrasi data. Yang dimaksud dengan integrasi adalah kesatuan data. Dalam bisnis misalnya ada berbagai macam tipe data. Agar integrasinya maksimal sumber data haruslah sama. Data ini akan dikumpulkan, kemudian diproses menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

 

  • Big Data Manajemen

 

Sistem dan teknik analisis data selanjutnya adalah Big Data Manajemen yang mana fokusnya adalah penyimpanan dan pemrosesan data secara efisien dan aman. Semua ini akan dilakukan dalam data lakes dan juga data warehouse.

Data warehouse itu menjadi metode yang mana didasarkan pada relational. Metode juga berdasarkan columnar database. Hal ini akan menampilkan data dalam sistem operasi yang berbeda tapi terstruktur dan bisa dianalisis. Data lakes sendiri merupakan kolam Big Data yang mana digunakan untuk predictive modeling, machine learning dan juga mengaplikasikan analisis lainnya.

 

  • Analisis data

 

Analisis ini ditujukan untuk bisa menghasilkan insight atau wawasan baru yang berhubungan data. Biasanya proses ini akan menggunakan analytics, machine learning dan juga visualisasi AI yang mana digunakan untuk membangun sebuah model. 

Artikel lainnya: Manfaat dan Jenis Software Analytics Indonesia

Manajemen data ini merupakan proses yang harus dilakukan baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Agar bisa melakukan analisis data dengan baik dan benar, Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS. Kami merupakan perusahaan penyedia IT berbasis bisnis terbaik dan terpercaya di Indonesia. 

Kami memiliki berbagai macam solusi untuk membantu manajemen analisis data bisnis Anda lebih baik, misalnya saja adalah Big Data Indonesia, SAP Predictive analytics dan masih banyak lagi lainnya, solusi yang kami berikan ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tujuan dan struktur perusahaan Anda dan sebagainya sehingga Anda menemukan solusi yang benar-benar tepat, hubungi kami untuk info lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/software-analytics-indonesia

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan