span 1 span 2 span 3

Aplikasi CRM Membuat Bisnis Lebih Baik Meski di Tengah Pandemi

Aplikasi CRM Membuat Bisnis Lebih Baik Meski di Tengah Pandemi

Aplikasi CRM ini sangat membantu bisnis Anda.  Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini penting bagi Anda untuk melayani pelanggan dengan baik dibandingkan dengan sebelumnya. Saat pandemi banyak bisnis yang harus terpaksa gulung tikar atau bahkan menutup bisnisnya sementara waktu karena kehilangan pelanggan dan minim penjualan. CRM ini akan menjadi senjata utama Anda, senjata untuk perusahaan Anda agar bisa terus bertahan meski di tengah pandemi. Bahkan CRM menjadi trending karena menawarkan banyak keuntungan untuk perusahaan yang berinvestasi dan juga mengintegrasikan aplikasi satu ini ke perusahaan mereka.

CRM Mendekatkan Anda ke Pelanggan

Covid 19 ini tidak hanya menyerang dan mewabah di Indonesia saja namun hampir seluruh dunia. Bahkan seluruh dunia menyatakan perang terhadap virus satu ini. Akibatnya ekonomi dunia merosot secara drastis termasuk Indonesia. Wabah ini mulai menyerang Indonesia pada bulan Maret 2020 dan saat itu semuanya berubah. Untungnya saat ini aplikasi CRM semakin canggih dan mampu memenuhi berbagai macam kebutuhan bisnis. Tantangan bisnis di masa pandemi seperti tahun ini pun bisa diatasi dengan implementasi CRM. 

Salah satu hal yang bisa ditangani oleh CRM adalah manajemen pelanggan. Ada tiga jenis pelanggan yang akan Anda temukan yaitu internal, eksternal, dan juga calon pelanggan, Pelanggan internal adalah tim yang saling mengandalkan, eksternal adalah saluran distribusi atau penjualan dan juga pelanggan ritel atau bisnis. Yang terakhir adalah calon pelanggan dimana mereka adalah konsumen yang berencana untuk melakukan repeat order ke bisnis Anda. CRM ini akan mendekatkan perusahan Anda ke pelanggan dimana mampu mengenal dan mengetahui informasi pelanggan secara detail dan tidak kehilangan jejak pelanggan. Pada saat orang bekerja dari jarak jauh atau WFH CRM ini sangat dibutuhkan dimana fitur yang dimilikinya ini akan melancarkan aliran diskusi sehingga bisa diketahui seberapa baik karyawan dalam menindaklanjuti kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya 

Implementasi aplikasi CRM ini juga akan membuat perusahaan bisnis Anda mendapatkan bantuan yang berharga untuk layanan pelanggan. Kebutuhan layanan pelanggan akan semakin berkembang meski dari jarak kejauhan, selain itu kemampuan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan sangat berdampak pada kepuasan maupun retensi pelanggan. Saat karyawan Anda harus bekerja dari rumah saat situasi pandemi, aplikasi ini mampu memberikan akses informasi penting yang diperlukan untuk bisa mengatasi atau menyelesaikan masalah pelanggan.

CRM Mempertahankan Hubungan di Tengah Pandemi

Di Indonesia sangat penting sekali untuk memahami hubungan perusahan dengan pelanggan, meningkatkan dan juga menciptakan peluang bisnis yang baru. Pada saat interaksi tatap muka ini hilang maka perusahan menggunakan aplikasi CRM ini untuk menangani situasi kritis. Akan sangat terlihat mana perusahan yang dilengkapi dengan sistem yang canggih dan mana yang tidak. Jika perusahaan sudah mengimplementasikan CRM mereka tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk memilah dan juga mencari-cari kontak bisnis yang mana bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan di saat krisis seperti saat ini. 

Akan sangat berbeda dengan perusahaan yang belum mengimplementasikan CRM dimana membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk membuat dan mencari daftar kontak bisnis yang benar-benar potensial untuk perusahaan. CRM juga sudah terhubung dengan Omnichannel dimana dengan hal ini Anda bisa membuat kontak, memperbarui kontak yang ada, memperkaya kontak yang ada, mengukur hubungan, dan juga menyediakan data sentimen pelanggan.

Perusahaan Anda akan tetap produktif meski di masa pandemi dengan menggunakan dan mengimplementasikan CRM.  Anda tetap bisa mengidentifikasi prospek, melayani pelanggan dengan baik dan tentunya menjaga hubungan dengan pelanggan tetap terjaga dengan baik.  Oleh sebab itu akan sangat disayangkan sekali jika bisnis Anda belum mengimplementasikan aplikasi CRM satu ini ke bisnis Anda.
 

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Aplikasi CRM yang Wajib Anda Ketahui

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan