span 1 span 2 span 3

Fungsi dan Alasan Anda Harus Menggunakan Payroll Software Indonesia

Fungsi dan Alasan Anda Harus Menggunakan Payroll Software Indonesia

Payroll software Indonesia membuat penggajian berjalan lebih cepat dan optimal.  Semakin besar perusahaan maka semakin besar pula kebutuhan akan penambahan karyawan agar mampu meningkatkan workload yang bisa terakomodir dengan baik. Pengembangan perusahaan yang pesat ini juga harus diantisipasi dengan strategi-strategi khusus yang berguna bagi operasional perusahaan. Jika selama ini perusahaan masih memproses urusan bisnis dengan cara manual atau konvensional maka sudah seharusnya bisnis Anda dijalankan dengan cara yang lebih otomatis menggunakan software canggih. Salah satu teknologi yang penting di aplikasikan adalah payroll software. Payroll ini akan melekat pada Human Resources Department di suatu perusahaan atau lembaga, sehingga dengan menggunakan software payroll ini perusahaan akan bisa memiliki fungsi HRD yang lebih optimal.

Fungsi

Sebelum Anda menggunakan payroll software Indonesia ada baiknya jika Anda mengetahui fungsi software tersebut terlebih dahulu. Payroll sendiri memiliki arti sebagai sistem atau mekanisme penggajian yang ditetapkan di perusahaan atau instansi pemerintah atau swasta. Oleh sebab itu jika berbicara tentang payroll ini maka akan berhubungan dengan masalah gaji karyawan. Wujud fisiknya berupa slip gaji yang diberikan kepada karyawan setiap awal atau akhir bulan tergantung dengan perusahaan masing-masing. Berasal dari definisi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa fungsi payroll ini sangat penting untuk bisa memberikan informasi secara detail dan akurat berhubungan dengan hak material atau uang dan juga gaji yang diterima oleh karyawan.

Baca Juga: Solusi Payroll Software Indonesia untuk Sistem Penggajian Perusahaan Anda

Untuk melaksanakan payroll atau penggajian tersebut HRD akan menggunakan jasa payroll officer. Selain menghitung gaji karyawan payroll officer ini tugasnya adalah membuat laporan berhubungan dengan rekapitulasi gaji dari seluruh karyawan. Yang harus dihitung oleh payroll officer ini adalah besaran gaji kotor seorang karyawan. Karyawan ini memiliki besaran gaji yang beda tergantung dengan posisi atau jabatannya, beban atau load, prestasi, pencapaian target, dan lain sebagainya. Setelah penghasilan kotor dihitung, akan dilanjutkan dengan potongan dari penghasilan karyawan tersebut mulai dari potongan dana hari tua atau pensiun, asuransi ketenagakerjaan dan juga kesehatan atau BPJS, potongan keterlambatan, potongan pajak penghasilan, potongan pinjaman atau hutang perusahaan, dan lain sebagainya.

Alasan Wajib Menggunakan Payroll Software Indonesia

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan Anda wajib menggunakan payroll software Indonesia. Alasan yang pertama adalah payroll ini tidak hanya untuk membayar gaji namun juga bisa digunakan untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan perusahaan dan juga karyawan. Penghitungan pajak dengan menggunakan payroll software ini jauh lebih mudah bahkan bisa menghilangkan kesalahan dalam penghitungan. Jumlah karyawan yang semakin banyak membuat Anda tidak bisa menggunakan penghitungan yang manual. Bisa dibayangkan berapa banyak waktu dna tenaga yang harus Anda keluarkan hanya untuk melakukan penghitungan manual tersebut, selain itu faktor error akan sangat mungkin terjadi terutama jika karyawan mengalami kelelahan dan juga kurang fokus.

Baca Juga: Aktivitas yang Bisa Dilakukan dengan Payroll Software Indonesia

Alasan lainnya mengapa perusahaan Anda wajib menggunakan payroll software Indonesia adalah pengembangan bisnis akan jauh lebih mudah jika menggunakan payroll software ini. Payroll software yang basisnya adalah internet akan membuat perusahaan Anda lebih leluasa dalam mengembangkan bisnis sampai ke luar daerah atau saat membuka cabang baru dan perusahaan bisa mengatur payroll software tersebut di kantor pusat. Dengan menggunakan payroll ini Anda akan sangat mudah untuk mengelola kehadiran, cuti, dan juga melakukan reimbursement sehingga tidak perlu lagi berkutat dengan banyaknya dokumen dari para karyawan.  

Alasan terakhir adalah lebih mengefisiensikan waktu dimana payroll ini akan memudahkan Anda dan mempersingkat waktu pekerjaan namun keakuratan pekerjaan tetap terjaga. Dengan menggunakan software ini departemen akan lebih terbantu, tidak hanya terbatas pada departemen SDM namun juga pada departemen keuangan maupun operasional.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari satu teknologi payroll software Indonesia, yang lebih menguntungkan lagi adalah Anda bisa menyesuaikan fitur tersebut dengan kebutuhan perusahaan sehingga akan sangat disayangkan jika belum mengaplikasikannya ke perusahaan Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan