span 1 span 2 span 3

Fungsi dan Keuntungan Menggunakan SAP Business One

Fungsi dan Keuntungan Menggunakan SAP Business One

SAP Business One cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Jika selama ini SAP identik dengan perusahaan skala besar maka tidak dengan SAP satu ini. Biaya Business One sangat terjangkau sehingga cocok untuk pebisnis skala kecil agar bisnis lebih mudah berkembang.  Bisa dikatakan Business One ini menjadi cara inovatif dan canggih untuk bisa menjangkau pelanggan baru, memaksimalkan efisiensi bisnis, dna juga mendorong pertumbuhan yang menguntungkan. Anda akan bisa mengelola semua aspek dalam bisnis Anda menjadi lebih baik mulai dari penjualan, hubungan pelanggan, keuangan, sampai dengan operasional. 

SAP Business One sendiri merupakan perangkat lunak manajemen bisnis ERP yang memang dirancang untuk bisnis kecil dan menengah. Sebagai solusi, Business One ini juga tujuan yang sama dengan ERP yaitu membantu perusahaan untuk mengotomatisasi dan juga mengintegrasikan semua proses bisnis menjadi lebih sederhana. Selain itu Business One ini akan bisa membuat keuangan, penjualan dan peluang usaha, pembelian dan rantai pasokan, perencanaan produksi dan lain sebagainya bisa berjalan lebih otomatis dan lebih canggih.


Fungsi SAP Business One

Banyak sekali fungsi dari SAP Business One yang bisa Anda manfaatkan seperti berikut ini:

1.    Akuntansi dan keuangan

Fungsi Business One yang pertama adalah akuntansi dan keuangan. Akuntansi dan keuangan bisnis ini menjadi hal yang vital sehingga kesalahan sedikit saja akan membuat data dan laporan menjadi tidak real time. Business One ini akan membantu Anda dalam menangani transaksi keuangan Anda termasuk buku besar, entri jurnal, pengaturan dan pemeliharaan akun di dalam satu sistem dengan alat maupun laporan yang comprehensive.  

Business One ini bermanfaat dalam hal penganggaran dimana Anda akan mampu mengelola pembuatan anggaran alokasi, dan juga distribusi anggaran. Anda akan bisa melacak anggaran, pelaporan dan juga peringatan dengan memberi tahu pengguna untuk bertanggung jawab setiap kali transaksi yang melebihi batas bulanan maupun tahunan. Fungsi SAP Business One dalam perbankan adalah melacak semua proses perbankan seperti penerimaan kas, cek penulisan, setoran, pembayaran DP, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kinerja Bisnis Lebih Meningkat dan Fleksibel Berkat SAP Business One

2.    Manajemen Hubungan Pelanggan

Fungsi dari Business One selanjutnya adalah manajemen hubungan pelanggan atau CRM. Anda bisa melakukan manajemen peluang penjualan dengan mengelola seluruh proses penjualan di berbagai tahapan penjualan, juga bisa melacak peluang dan kegiatan penjualan. Business One ini juga berfungsi dalam layanan dan dukungan pelanggan dengan memudahkan pengelolaan garansi pelanggan, kontrak layanan, pengelolaan panggilan layanan, dan juga bisa melacak berbagai macam aktivitas interaksi pelanggan.

3.    Operasi dan distribusi

Business One sangat berfungsi dalam operasi dan distribusi. Business One ini akan membantu dalam penjualan dan pengiriman dengan cara menghasilkan kutipan harga, memasukkan pesanan pelanggan, mengatur pengiriman, memperbarui tingkat stok, melaporkan saldo, dan masih banyak lagi lainnya.

Business One ini juga berfungsi dalam pembelian dimana bisnis Anda akan mudah dalam mengelola dan mempertahankan kontrak dan juga transaksi termasuk mengatasi masalah pesanan pembelian, pembaruan jumlah stok, pengembalian dan kredit, dan lain sebagainya.  Business One juga mampu merencanakan produksi bisnis Anda dengan baik.

Keuntungan

Ada banyak keuntungan yang bisnis Anda dapatkan dengan mengimplementasikan software satu ini. Keuntungan yang paling terasa adalah sistem Anda akan mudah terintegrasi sehingga mengurangi kesalahan input data, data Anda akan lebih konsisten, terintegrasi antara satu departemen dengan departemen yang lainnya, standarisasi yang lebih baik. Keuntungan lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan SAP adalah meningkatkan fungsi monitoring dan kontrol karena data ini lebih real time, mengurangi biaya karena analisa kebutuhan yang lebih baik data yang disajikan akurat dan cepat.

Demikianlah beberapa informasi tentang SAP Business One yang menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Lainnya: Apa itu SAP Business One?

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan