span 1 span 2 span 3

Memahami Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapannya

Memahami Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapannya

Siklus akuntansi sangat penting dalam sebuah perusahaan.  Siklus ini menjadi serangkaian aktivitas atau kegiatan yang mana digunakan dalam melakukan identifikasi, analisis dan juga untuk merekam kejadian selama perusahaan Anda tersebut berjalan. Pada umumnya proses tersebut dijalankan dalam kurun waktu satu tahun. Di akhir tahun hasil dari akuntansi akan dilaporkan ke perusahaan. Proses akuntansi yang terjadi berulang itulah yang membuat siklusnya disebut sebagai siklus akuntansi.

Pengertian

Secara umum siklus akuntansi ini merupakan proses akuntansi yang berulang. Siklus ini digunakan dalam proses identifikasi analisis kemudian merekam setiap kegiatan akuntansi yang dilakukan di sebuah perusahaan. Biasanya siklus ini terjadi dalam waktu satu tahun saja. Di dalam waktu satu tahun itu semua prinsip, kaidah, metode sampai dengan teknik akuntansi ini banyak digunakan untuk mencatat segala akuntansi di perusahaan.

Siklus dimulai pada awal tahun kemudian pada akhir tahun ditutup dengan jurnal penutup.  Proses dari akuntansi ini Saling berkesinambungan dan akan terus berulang-ulang selama perusahaan Anda masih aktif. Dengan siklus ini Anda sebagai pemilik perusahaan akan bisa melakukan analisis yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan.  Kondisi keuangan perusahaan ini harus diketahui dengan baik karena bisa digunakan untuk menyusun strategi perusahaan kedepannya.

Baca Juga: Apa itu Siklus Akuntansi dan Manfaatnya?

Tahapan

Sebagai siklus, akuntansi ini memiliki berbagai macam tahapan yang prosesnya harus dilakukan secara berurutan. Tujuan dari siklus ini adalah untuk memberikan informasi akuntansi yang tepat dan juga real time. Dengan adanya informasi akuntansi yang tepat ini bisa membantu perusahaan Anda dalam mengambil keputusan. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam siklus akuntansi yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

1. Identifikasi transaksi

Identifikasi setiap transaksi ini menjadi tahapan dalam siklus ini. Kegiatan identifikasi akan dilakukan secara tepat oleh akuntan. Akuntansi akan melakukan setiap transaksi yang terjadi. Transaksi akuntansi yang selalu dicatat ini akan memiliki dampak pada kondisi keuangan perusahan dan juga penilaian yang dilakukan akan lebih objektif.

2. Analisis transaksi

Tahapan selanjutnya adalah analisis transaksi. Akuntan akan melakukan analisis terhadap setiap transaksi tersebut dan pengaruhnya untuk kondisi keuangan perusahaan. Setiap transaksi yang terjadi bisa mempengaruhi keuangan baik itu debit maupun kreditnya harus dalam jumlah sama besar.

3. Catatan transaksi adalah  jurnal

Tahapan selanjutnya adalah mencatat semua transaksi dalam jurnal. Di dalam ilmu akuntansi, jurnal ini bisa diartikan sebagai catatan kronologis selama periode transaksi yang terjadi. Proses ini akan memasukkan informasi tersebut ke dalam jurnal.  

Untuk jurnal ini transaksi dibagi dalam dua bagian dimana pertama adalah kredit dan debit. Selain itu pencatatan juga dilakukan dalam jurnal umum. Pencatatannya harus teliti dan berurutan agar tidak ada transaksi yang terlewat.

4. Buku besar

Setelah jurnal akuntansi kemudian dipindahkan ke dalam buku besar. Buku besar adalah kumpulan rekening pembukuan dimana berisi informasi aktiva tertentu yang tercatat di dalam satu periode saja. Masing-masing rekening dalam buku besar akan diberikan kode tertentu.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

5. Neraca saldo dan jurnal penyesuaian

Neraca saldo ini berisi daftar saldo dari masing-masing rekening dan jika ada transaksi yang belum tercatat maka wajib untuk membuat jurnal penyesuaian.

6. Neraca saldo penyesuaian, laporan keuangan dan jurnal penutup

Tahapan siklus dalam akuntansi ini panjang dan membutuhkan ketelitian. Tahapan terakhir yang Anda lakukan adalah membuat saldo penyesuaian, laporan keuangan dan juga jurnal penutup.

Akuntansi menjadi proses yang rumit dan memakan waktu. Salah pencatatan sedikit saja akan membuat hasilnya tidak tepat dan real time. Buatlah proses akuntansi di perusahaan Anda berjalan secara otomatis dan lebih maksimal dengan menggunakan software akuntansi dari SOLTIUS. 

Kami merupakan perusahaan penyedia IT terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah akuntansi di perusahaan Anda. Software akuntansi kami bisa membuat proses akuntansi Anda berjalan lebih cepat, tepat dan efisien. Buat siklus akuntansi Anda lebih mudah dengan menggunakan software kami, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan