span 1 span 2 span 3

Membutuhkan Payroll software Indonesia yang Ideal? Perhatikan 3 Pertimbangan Ini!

Membutuhkan Payroll software Indonesia yang Ideal? Perhatikan 3 Pertimbangan Ini!

Payroll software Indonesia – Sistem penggajian atau payroll bagi perusahaan tidak boleh dianggap sepele, hal itu dikarenakan tidak hanya berhubungan dengan kompensasi dan gaji karyawan saja namun juga menyangkut dengan laporan penggajian, perhitungan irregular seperti THR, lembur, bonus, potongan pajak, pengelolaan BPJS dan masih banyak lagi lainnya. Bagian HRD yang mengurusi hal ini tidak jarang mengalami kesulitan karena urusan payroll ini terbilang rumit dan menguras waktu. Selain itu yang menyebabkan penghitungan payroll ini rumit dikarenakan hitungan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya ini berbeda sehingga salah sedikit saja data yang dihasilkan menjadi tidak akurat.

Dalam upaya untuk mengantisipasi risiko kesalahan dalam proses penggajian, sudah banyak perusahaan menggunakan payroll software Indonesia.  Software tersebut saat ini sudah banyak disediakan oleh vendor sehingga penting bagi perusahaan untuk memilih vendor yang kredibel agar bisa mendapatkan aplikasi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Memilih Payroll yang Ideal

Setiap perusahaan ini memiliki peraturan penggajian masing-masing, sehingga aplikasi yang digunakan perusahaan A belum tentu cocok dengan perusahaan Anda sehingga pastikan berkonsultasi dengan vendor penyedia software tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya agar tidak salah pilih dan software tersebut benar-benar bermanfaat bagi perusahaan. Untuk bisa menemukan software payroll yang ideal digunakan perusahaan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  1. Pekerjaan

Setiap karyawan memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, sehingga payroll software Indonesia yang ideal adalah yang fleksibel. Yang dimaksud fleksibel di sini adalah bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ada.  Di sebuah perusahaan karyawan akan memiliki jabatan dan jenis pekerjaan yang berbeda, begitu pula dengan tugas dan tanggung jawab yang dilakukannya pun berbeda. Saat karyawan masuk perusahaan pertama kali akan disepakati jumlah gaji yang akan dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Semua data tersebut akan dimasukkan ke dalam sistem payroll perusahaan. Jika terjadi kenaikan jabatan maka data pada sistem tersebut juga akan mudah di update.

Yang harus perusahaan ingat soal penggajian ini adalah jangan sampai urusan gaji tersebut membuat rugi perusahaan maupun dari pihak karyawan, selain itu potongan pajak pun harus disesuaikan dengan peraturan yang ada di Indonesia jangan sampai negara rugi karena pemotongan pajak yang salah.

  1. Hak dasar karyawan

Rata-rata seorang karyawan akan bekerja selama 8 jam per hari yang artinya dalam seminggu akan bekerja selama 40 jam. Yang harus perusahaan perhatikan adalah upah minimum regional atau UMR setiap provinsi atau kabupaten ini berbeda sehingga. Oleh sebab itu Anda yang sedang mencari software payroll ini sebaiknya memilih yang bisa disesuaikan dengan UMR di masing-masing provinsi atau kabupaten, terutama jika perusahaan memiliki cabang bisnis di tempat yang berbeda.

  1. Mampu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah

Pertimbangan terakhir yang penting diketahui perusahaan adalah payroll software Indonesia yang dipilihnya harus bisa disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.  Kebijakan pemerintah yang tidak bisa dilanggar adalah BPJS ketenagakerjaan. Pemerintah sudah membuat keputusan atau aturan setiap perusahaan harus mendaftarkan karyawannya menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan.

Selama karyawan bekerja secara tetap maka karyawan tersebut berhak menerima asuransi atau jaminan sosial dan uang pensiun. Asuransi jiwa pun juga masuk ke dalam BPJS tersebut.  Selain membuat peraturan dan kebijakan tersebut, pemerintah juga menentukan besar iuran yang harus dibayarkan sehingga perusahaan harus benar-benar memperhatikan akan hal ini.

 

Setiap karyawan yang bekerja berhak untuk mendapatkan  gaji yang telah disepakati sehingga sudah sepatutnya perusahaan memberikan hak karyawan dengan baik. Sayangnya penggajian manual tidak akan bisa menghitung hak karyawan dengan akurat dimana hal tersebut berdampak pada komplain karyawan akibat selisih gaji yang diterimanya. Untuk menghindari ketidak akuratan penggajian sudah seharusnya perusahaan menggunakan payroll software Indonesia yang mana bisa menyelesaikan proses penggajian dengan cepat dan akurat, selain itu juga akan membuat sistem penggajian karyawan menjadi lebih transparan.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan