span 1 span 2 span 3

Pengertian SAP Business One dan Kegunaannya

Pengertian SAP Business One dan Kegunaannya

Industri yang serba digital memaksa setiap perusahaan untuk mampu bergerak dengan lebih cepat dan efisien. Segala sumber daya dimaksimalkan demi mencapai kemajuan perusahaan, tak terkecuali dengan sumber daya pemanfaatan teknologi informasi. Dan hal inilah yang coba dipenuhi oleh software Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai sebuah aplikasi otomatis untuk mengurus segala keperluan manajemen perusahaan.

Dalam turunannya, ERP membutuhkan dukungan System Application and Product (SAP) sehingga sekarang ini kita mengenal SAP Business One untuk membantu kebutuhan perusahaan kecil dan menengah. Lalu, untuk mengenal lebih jauh seputar software ini, maka pada ulasan berikut akan kami beri info seputar pengertian SAP Business One, berikut ulasannya:

Apa yang Dimaksud dengan SAP Business One?

System Application and Product Business One atau yang juga dikenal dengan SAP Business One merupakan perangkat lunak untuk manajemen bisnis yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan perusahaan kecil dan menengah.

SAP Business One akan mengotomatisasi fungsi dari segala lini perusahaan, mulai dari penjualan, keuangan, rantai pasokan, pembelian, manajemen proyek, perencanaan produksi, hingga intelijen bisnis dan analisis data.

Dan dengan menggunakan SAP business One ini, seluruh data akan terkoneksi menjadi satu secara otomatis. Sehingga sumber daya yang ada bisa dimaksimalkan fungsinya dan tanpa harus kesulitan mengurus data-data yang jumlahnya sangat banyak.

BACA JUGA : Apa Itu SAP Business One?

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan dengan SAP Business One

  1. Financial Management

SAP Business One mampu mengotomasi berbagai tugas akuntansi serta melakukan seluruh aktivitas perbankan pada perusahaan. Dengan memaksimalkan peran software ini, seluruh operasi keuangan bisa disatukan dan berbagai proses bisnis lainnya sehingga arus transaksi bisa lebih lancar.

  1. Sales & Customer Management

Hal kedua yang akan termudahkan dengan adanya SAP Business One adalah lini sales and customer management. Software ini akan mengelola seluruh proses penjualan secara efisien. Selain itu, status pelanggan juga akan terekam dengan baik sehingga bisa menjadi acuan untuk melihat trafik pelanggan ataupun mengetahui kepuasan pelanggan dan trend pasar saat ini.

  1. Purchasing and Inventory Control

Anda akan mendapat akses pengawasan akurat seputar pengiriman, stok dan persediaan, serta lokasi barang. Software ini mampu menjalankan update secara real-time sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan atas ketersediaan barang yang ada.

Selain itu, seluruh laporan baik itu dari ketersediaan barang hingga laporan dampak dari harga jual juga akan terkalkulasi secara otomatis. Dengan demikian proses pembuatan laporan juga menjadi lebih cepat dan efisien.

  1. Business Intelligence

Seluruh kumpulan data yang dihasilkan oleh berbagai sumber divisi pada perusahaan akan diotomatisasi sebagai data laporan yang utuh. Sehingga pembuatan laporan bisa lebih cepat dan tepat. Bahkan Anda juga bisa memilih berbagai format laporan, konfigurasi, dan dasbor yang sesuai.

  1. Analytics and Reporting

Software SAP Business One akan mengelola ketersediaan produk di gudang serta menjaga sistem produksi dengan biaya yang efektif. Dan hal lain yang bisa dilakukan adalah melacak seluruh pergerakan saham, memperbaiki waktu pengiriman, memastikan ketersediaan, hingga menginput stok barang yang habis.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kami bagikan seputar pengertian SAP Business One serta kegunaannya bagi perusahaan Anda. Dengan menggunakan SAP Business One, pengelolaan data pada perusahaan akan menjadi lebih mudah. Dan yang terpenting, seluruh sumber daya dalam perusahaan bisa dimaksimalkan peran dan fungsinya.

 

Selengkapnya untuk detail SAP Business One  :

https://www.soltius.co.id/special-offer/sap-bussines-one

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan