span 1 span 2 span 3

Pentingnya Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi di Perusahaan

Pentingnya Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi di Perusahaan

Sistem Informasi Akuntansi sering disebut dengan SIA.  SIA sendiri merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan, dan juga pemrosesan data keuangan. SIA ini menjadi sistem yang paling dibutuhkan oleh perusahaan karena di sistem ini menyediakan berbagai macam elemen penting dalam akuntansi. Di dalam sistem ini mencakup berbagai macam data yang mana berhubungan dengan pendapatan, pengeluaran, informasi pelanggan, informasi karyawan, dan juga informasi pajak dari perusahaan Anda.

Data spesifik lainnya berupa pesanan penjualan dan laporan analisis, permintaan pembelian, faktur, inventaris, dan masih banyak lagi lainnya. Pada umumnya sistem ini berbasis komputer dan tugasnya adalah melacak aktivitas yang berhubungan dengan akuntansi. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa akuntansi ini menjadi hal yang vital bagi perusahaan.  Dengan akuntansi yang tepat dan akurat Anda jadi tahu seperti apa performa perusahaan Anda apakah mengalami penurunan atau peningkatan.

Pentingnya SIA bagi Perusahaan

Sistem Informasi Akuntansi ini sangat penting untuk perusahaan dengan skala apapun. Baik itu skala besar maupun perusahaan skala kecil. SIA milik perusahaan harus dikelola dengan baik karena mampu memudahkan proses bisnis dan juga akuntansi di dalam perusahaan Anda. SIA ini prosesnya secara otomatis dan sistematis sehingga menghindarkan dari human error yang masih sering terjadi pada proses manual. 

Karena kebutuhan bisnis yang semakin kompleks Anda membutuhkan SIA yang terintegrasi. Memang saat ini sudah banyak sistem, tools, atau software yang menawarkan kemudahan dalam proses akuntansi bisnis perusahaan Anda, namun hal tersebut tidak cukup untuk bisnis. Software atau tools tanpa integrasi membuat human error masih sangat mungkin terjadi. 

Dengan menggunakan sistem terintegrasi ini semua divisi bisa melihat data secara real time bahkan jika ada bagian yang di update, divisi lainnya bisa melihat update tersebut sehingga tidak akan menimbulkan miss data antara satu divisi dengan divisi lainnya. Dengan data tersebut bisnis Anda akan mendapatkan informasi yang akurat sehingga dengan informasi tersebut mudah bagi bisnis Anda untuk bisa melakukan tindak lanjut yang bisa dilakukan selanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Sistem Informasi Akuntansi yang Penting untuk Bisnis Anda

Memilih SIA Terbaik

Selain memilih Sistem Informasi Akuntansi yang terintegrasi ada beberapa tips lainnya yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan SIA yang andal dengan performa terbaik.  Berikut ini adalah beberapa tips memilih Sistem Informasi Akuntansi yang penting untuk diperhatikan:

  • Keamanan

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan adalah dari segi keamanannya. Jangan pernah memilih SIA dengan keamanan yang kurang bagus karena berisiko kebocoran data yang berakibat fatal untuk perusahaan.

  • Kerahasiaan

SIA yang Anda pilih ini sebaiknya juga menyimpan kerahasiaan. Data akan transparan kepada pihak yang memang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap akuntansi perusahaan sedangkan pihak lainnya yang tidak memiliki wewenang tidak bisa mengakses data maupun informasi yang tersimpan di dalam sistem tersebut.

  • Fleksibel

Pilihlah SIA yang fleksibel artinya adalah mendukung ketersediaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini akan membantu Anda dalam mengetahui keuangan perusahaan meski sedang tidak berada dikantor.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

  • Mudah digunakan

SIA ini harus mudah digunakan supaya tidak terjadi human error. SIA yang mudah digunakan juga akan membuat karyawan bisa menggunakannya secara maksimal tanpa harus merasa bingung.

Untuk mendapatkan SIA terbaik Anda bisa menghubungi SOLTIUS. Kami adalah perusahaan konsultan terbaik dan terpercaya di Indonesia. Kami juga menjadi perusahaan penyedia IT yang mana mampu menghadirkan solusi terbaik untuk operasional bisnis Anda. Kami memiliki Sistem Informasi Akuntansi terbaik dan terintegrasi sehingga membantu proses akuntansi perusahaan Anda berjalan lebih baik, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan