span 1 span 2 span 3

Pentingnya Penerapan Talent Management System Pada Sebuah Perusahaan

Pentingnya Penerapan Talent Management System Pada Sebuah Perusahaan

Talent Management System dianggap penting di dunia bisnis karena perusahan akan lebih leluasa mengelola sumber daya manusia sebagai salah satu aset berharga bagi mereka. Sistem ini muncul sebagai bentuk kesadaran suatu perusahaan terhadap resiko kehilangan karyawannya karena sewaktu-waktu dapat mengundurkan diri dan beralih kepada perusahaan pesaing yang menawarkan sesuatu yang lebih besar dan menarik. Talent Management ini juga dapat membantu perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya manusia yang mereka miliki dengan sebaik mungkin demi mencapai tujuan perusahaan tersebut. Berikut akan dijabarkan tentang pentingnya penerapan Talent Management System pada  sebuah perusahaan.

Pengertian Talent Management System 

Talent Management System atau Sistem Manajemen Bakat adalah suatu strategi terpadu yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk mengelola kemampuan, kompetensi, dan kekuatan karyawan dalam sebuah perusahaan. Manajemen bakat yang diterapkan oleh suatu perusahaan dapat membantu perusahaan tersebut dalam memanfaatkan sumber daya manusia dengan semaksimal  mungkin demi mencapai tujuan yang telah ditargetkan oleh perusahaan tersebut. 

Prinsip Penerapan Talent Management System

Prinsip penerapan manajemen bakat adalah salah satu yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Prinsipnya, perusahaan harus dapat menarik, mengembangkan, memotivasi, dan juga mempertahankan produktifitas karyawan yang bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Tujuan dari Talent Management System

Tujuan dari Talent Management System adalah untuk menciptakan sebuah perusahaan yang memiliki kinerja yang tinggi sehingga dapat memenuhi tujuan serta sasaran yang strategis yang telah ditargetkan oleh perusahaan tersebut.
Dengan adanya talent management system ini, perusahaan dapat menilai, memahami, serta mengevaluasi kinerja karyawan yang bekerja di dalamnya. Hal ini tentu saja dapat menciptakan dasar yang kuat dalam penyediaan barang atau jasa dari perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, perusahaan tersebut juga akan lebih leluasa membuat keputusan berdasarkan kemampuan dan juga talenta dari para karyawannya.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Dilakukan oleh Perusahaan dalam Penerapan Talent Management System

Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam menerapkan talent management system agar sistem tersebut dapat bekerja secara lebih optimal demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh perusahaan tersebut:

1.    Memahami kemampuan karyawan serta kebutuhan pengembangan diri para karyawan tersebut.
2.    Meningkatkan manajemen dan kemampuan kepemimpinan yang terdapat pada perusahaan tersebut.
3.    Mengidentifikasi segala potensi yang dimiliki oleh para karyawan yang terdapat di perusahaan tersebut agar perusahaan dapat menemukan suksesor atau penerus untuk posisi kunci pada perusahaan tersebut.
4.    Mengembangkan karir serta memberikan kesempatan terstuktur bagi para karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka di dalam perusahaan tersebut.

Empat Pilar Talent Management System

Manajemen bakat adalah sebuah sistem yang memang tidak dapat dengan mudah untuk disederhanakan. Secara umum memang tidak ada cara singkat untuk menyederhanakan sistem tersebut. Hal ini trjadi karena faktor kondisi karyawan di masing-masing perusahaan akan berbeda. 

Namun perusahaan dapat menerapkan empat pilar strategi dalam menjalankan sistem manajemen bakat tersebut. Empat pilar manajemen bakat antara lain:

1.    Atraksi
2.    Perkembangan
3.    Motivasi
4.    Retensi

Keempat pilar tersebut akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan sistem manajemen bakat. Empat pilar ini berlangsung dari awal proses perekrutan hingga pada proses pengembangan karyawan yang bekerja di dalamnya. Semua ini dilakukan demi untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan baik dalam jangka waktu yang pendek maupun jangka panjang oleh perusahaan tersebut. 

Manfaat Talent Management System

Manajemen bakat adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah bisnis modern saat ini. Sistem ini memegang peranan penting di dalam sebuah perusahaan karena dapat memberikan manfaat yang besar dalam pengelolaan sumber daya manusia sebagai salah satu aset berharga yang ada pada perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat besar yang didapatkan oleh perusahaan yang menerapkan sistem manajemen ini:

1.    Menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat
2.    Mempertahankan karyawan yang bertalenta tinggi
3.    Proses perekrutan yang baik
4.    Dapat lebih memahami para karyawan 
5.    Pengembangan keputusan secara lebih baik dan profesional

Demikianlah penjabaran tentang pentingnya penerapan talent management system pada sebuah perusahaan. Dengan menerapkan beberapa hal penting dalam pelaksanaan sistem manajemen ini diharapkan perusahaan akan dapat mengelola sumber daya manusia demi mencapai tujuan yang telah ditargetkan baik dalam jangka waktu dekat ataupun panjang. 
 

Other News

Nov 15, 2019
7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan