span 1 span 2 span 3

Pentingnya Supply Chain Management Dalam Perusahaan Bisnis

Pentingnya Supply Chain Management Dalam Perusahaan Bisnis

Supply chain management menjadi bagian penting dalam perusahaan bisnis. SCM ini akan mendukung pemenuhan konsumen pada bisnis manufaktur, ritel, dan juga grosir sehingga bisa dikatakan bahwa SCM ini menjadi penentu dari kesuksesan bisnis-bisnis tersebut. Rantai pasokan dalam setiap bisnis ini berbeda-beda. Rantai pasokan yang paling mendasar adalah mencakup perusahaan itu sendiri, pemasok, dan juga pelanggan dari perusahaan tersebut. Untuk perusahaan yang lebih besar cakupan dari rantai pasokan akan menjadi lebih luas.

Supply Chain Management sendiri merupakan kegiatan merencanakan, mengendalikan, dan juga menjalankan arus produk. Dalam rantai pasokan ini meliputi proses perolehan bahan baku, proses produksi, sampai dengan distribusi produk sampai ke konsumen akhir sehingga cara ini akan lebih efisien dan menghemat biaya. SCM menjadi usaha yang luas dan juga lebih kompleks dimana hal ini tergantung pada mitra, pemasok, produsen, dan seterusnya dimana diharapkan setiap proses rantai pasokan tersebut bisa berjalan baik dan lancar.

Mengapa SCM Penting?

Dunia bisnis saat ini memiliki persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga siapa yang tidak bisa berkompetisi dengan baik akan tertinggal dengan kompetitor. Bisnis ini menjadi bagian dari ekonomi global sehingga konsekuensinya adalah perkembangan dunia usaha akan diwarnai dengan perubahan yang semakin terbuka, kompleks, dan juga kompetitif baik dari lingkungan internal perusahaan itu sendiri maupun dari lingkungan eksternal. Perubahan-perubahan inilah yang menyebabkan sosial ekonomi menciptakan hambatan dan juga tantangan yang harus dihadapi. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, kunci kesuksesan peningkatan kinerja perusahaan tersebut terletak dengan kemampuan perusahaan untuk bisa bekerja sama dengan mitra bisnisnya. 

Baca Juga: 7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan

Keunggulan kompetitif ini akan bisa dicapai dengan berbagai macam jalan salah satunya dengan menggunakan SCM. Supply chain management ini sangat penting dilakukan agar bisa melancarkan proses produksi dan juga pemasaran agar bisa memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Supaya pengendalian dari supply chain ini lebih efektif dibutuhkan adanya informasi yang lancar dan rasa saling percaya di antara bagian, baik itu pemasok, perusahaan, dan juga konsumen. Untuk menciptakan informasi yang lancar, tepat, dan mampu memunculkan keterbukaan antar masing-masing bagian dibutuhkan sebuah sistem yang bisa membantu proses tersebut berjalan lebih otomatis.

Komponen SCM

Ada tiga macam komponen SCM yang harus diketahui yang pertama adalah upstream supply chain dimana manajemen akan mengurus hubungan antara perusahaan industri dengan vendor si penyedia bahan baku dan juga suku cadang di perusahaan. Dalam manajemen ini produk tidak akan langsung ke tangan konsumen namun harus melalui jalur pengolah terlebih dahulu. Contohnya smartphone dengan basis Android, produk itu tidak akan bisa langsung sampai ke tangan konsumen secara tiba-tiba namun harus melalui perusahan industri smartphone terlebih dahulu kemudian mengirimkan ke pihak supplier. 

Yang kedua ada downstream supply chain dimana manajemen akan mengurus pendistribusian produk dan juga barang langsung kepada konsumen tanpa harus melewati vendor yang menyimpan stock barang terlebih dahulu. Sebagai contohnya adalah konveksi yang mana pembuatan produk tersebut disesuaikan dengan keinginan konsumen. Yang terakhir adalah internal supply chain dimana fokusnya adalah ke pendistribusian hasil akhir produk. Internal supply chain ini adalah sistem manajemen yang akan mengurus aktivitas pemasukan yang akan mengurus bagian ketersediaan bahan baku dan juga pabrikasi dalam manajemen produksi internal di sebuah perusahaan.

Tujuan menerapkan SCM ini adalah menjaga keberlangsungan bisnis suatu perusahaan, memenangkan persaingan pasar dengan menggunakan informasi yang cepat dan akurat. Yang terpenting dari supply chain management ini adalah memastikan produk sukses sampai ke tangan konsumen dengan tepat waktu.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan