span 1 span 2 span 3

Peran Big Data Indonesia dalam Dunia Bisnis yang Sangat Penting

Peran Big Data Indonesia dalam Dunia Bisnis yang Sangat Penting

Big data Indonesia – Dalam dunia bisnis pengimplementasian big data ini sangat penting sekali sebab data yang masuk ke dalam bisnis ini ada yang tidak terstruktur sehingga dengan peran big data, data yang tidak terstruktur tersebut bisa dimanfaatkan untuk operasional dan pengembangan bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital seperti saat ini membuat pebisnis yang tidak bisa mengadopsi teknologi maupun memanfaatkan teknologi tersebut akan tertinggal.

Big data sendiri erat kaitannya dengan volume data yang besar baik yang terstruktur maupun tidak. Pada dasarnya dalam bisnis data tersebut ada setiap harinya. Yang harus dipikirkan adalah bukan seberapa banyak kuantitas data tersebut namun lebih ke arah pengelolaan data tersebut yang mana bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis.

 

Peran Big Data Dalam Dunia Bisnis

Yang membuat big data ini berbeda adalah kumpulan data terstruktur dengan yang tidak terstruktur ini sangat besar bahkan kompleks sehingga teknik pemrosesan data yang biasanya tidak dapat bekerja dengan data-data tersebut bisa terlaksana. Teknologi big data akan berfokus menemukan benang tersembunyi, tren, maupun pola tumpukan data dari perusahaan, kemudian data tersebut diproses dan dikelola sehingga mampu membuka peluang baru.

Peran big data Indonesia ini penting dalam dunia bisnis karena memiliki sifat high-volume, high-variety, dan high velocity yang mana artinya data yang ada sangat melimpah, ragamnya sangat banyak, bisa didapatkan dengan cara real-time, dan banyak informasi yang akan didapatkan dari big data tersebut.  Peran big data dalam dunia bisnis ini adalah untuk memahami kondisi pasar. Kondisi pasar akan mudah berubah sewaktu-waktu sehingga dengan big data ini diharapkan mampu melihat perubahan tren pasar dengan cepat.  Hal yang membuat tren pasar ini berubah dikarenakan perilaku pembelian konsumen yang berubah. Dalam bisnis big data juga bisa untuk mengetahui produk yang paling banyak dijual dan bisa menghasilkan produk di masa depan yang sesuai dengan tren.

Big data berperan dalam pengontrol reputasi bisnis online yang dimiliki. Tools yang ada pada big data ini bisa melakukan analisis sentimen, sehingga pebisnis akan bisa melihat seberapa banyak umpan balik tentang siapa saja yang telah memberikan respons perusahaan. Peran yang terakhir adalah big data akan mampu memahami pelanggan dengan baik. Big data akan mampu mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Dengan menggunakan big data ini perusahaan aka bisa meminimalkan keluhan dan komplain pelanggan.

 

Penghambat Implementasi Big Data

Meski big data Indonesia ini memiliki banyak manfaat namun dalam kenyataannya ada beberapa penghambat yang membuat pengimplementasiannya tidak sesuai dengan harapan.  Penghambat terbesar justru muncul dari pemilik data dimana mereka masih berkutat dengan data dan belum analisis. Padahal untuk bisa membaca data secara akurat analisis ini sangat diperlukan. Selain itu hambatan implementasi selanjutnya adalah muncul dari pihak internal big data sendiri dimana jumlah ilmuwan yang mampu memahami big data dengan baik ini masih sangat sedikit sehingga perusahaan tidak akan bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Namun untungnya saat ini ada beberapa vendor kredibel yang menawarkan big data disertai dengan konsultan big data kompeten. Dengan bantuan konsultan yang berpengalaman tersebut perusahaan akan bisa menggunakan big data dengan lebih maksimal.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan big data Indonesia ini akan lebih baik jika memilih vendor penyedia big data yang benar-benar berkualitas dan kredibel tujuannya agar penggunaannya menjadi maksimal karena ditunjang oleh konsultan big data yang berkualitas dan berpengalaman pula.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan