span 1 span 2 span 3

Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan

Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan

SAP fundamental menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi lanjutan pada SAP, seperti misalnya Material Management dan Accounting. Pada awalnya sistem SAP hanya digunakan untuk menangani urusan keuangan perusahaan saja. Namun seiring berjalannya waktu, SAP juga banyak digunakan untuk menangani banyak tugas, seperti misalnya mengontrol penjualan, produksi, manajemen persediaan, dan juga manajemen SDM. Berkat adanya modul yang terintegrasi dengan baik, SAP dapat menyajikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan. 

Sejarah Singkat SAP 

SAP atau System Application and Product in Data Processing adalah software yang telah lama digunakan di perusahaan besar Eropa dan Amerika. Dalam lima tahun terakhir, sistem ini banyak diimplementasikan oleh perusahaan di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. 
Di Indonesia sendiri, SAP telah digunakan sejak 10 tahun yang lalu. Awalnya, sistem ini hanya diterapkan oleh perusahan-perusahaan besar saja. Namun sekarang sistem ini juga  menyajikan paket khusus untuk perusahaan menengah ke bawah yang punya target visioner ke depan. Adanya penambahan area supporting SAP membuka peluang yang semakin besar terhadap tenaga kerja di dunia IT. 

Berbagai Macam Modul yang Menyusun SAP 

Setelah Anda memahami mengenai SAP fundamental dan sejarah singkatnya, Anda juga perlu mengetahui berbagai modul yang menyusun SAP. Dalam sistem SAP terdapat berbagai macam modul. Setiap perusahaan mengimplementasikan modul yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan salah satu modul, misalnya Financial Accounting saja atau Sales and Distribution saja. Namun ada pula perusahaan yang mengintegrasikan beberapa modul sekaligus. 

  • Sales and Distribution 

Modul ini dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan aktivitas operasional, yakni yang terkait dengan pengelolaan layanan pada customer, seperti misalnya proses sales, shipping, and juga billing. 

  • Material Management 

Modul ini dapat membantu proses pembelian dan juga pengelolaan inventaris.

  • Production Planning 

Modul Production Planning  dapat membantu proses perencanaan kegiatan produksi dan juga mengawasi aktivitasnya.

  • Financial Accounting 

Modul ini meliputi Standard Accounting Cash Management, General Ledger, Account Payable, dan juga melakukan konsolidasi untuk melakukan persiapan laporan keuangan.

  • Controlling 

Modul ini berfungsi sebagai analisis profitabilitas, Cost Element Accounting, dan juga Cost Center Accounting. 

Baca Juga: Mengenal SAP Indonesia dan Manfaatnya 

Pentingnya SAP untuk Perusahaan 

Pada awalnya, SAP hanya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan bersekala besar yang punya dana yang cukup untuk mengaplikasikan sistem ini. Namun kini, SAP juga telah menawarkan paket khusus untuk perusahaan menengah ke bawah. 

Dengan sistem yang terintegrasi secara menyeluruh membuat penerapan SAP ini akan dapat mengendalikan data serta informasi perusahaan secara keseluruhan dalam satu kendali yang mudah. Karena itulah, kehadiran SAP sangat tepat untuk diterapkan untuk usaha dengan target visioner ke depan. 

Sistem SAP hadir untuk menjawab tantangan bisnis yang ada. Perusahaan yang telah menerapkan sistem ini kini punya kemampuan yang semakin baik untuk bisa bertahan di tengah persaingan tersebut. Penerapan sistem SAP memungkinkan sebuah perusahaan untuk mendapatan data, informasi, dan juga sumber daya untuk kemudian dikelola dengan lebih baik. Selain itu, implementasi dari sistem SAP juga memungkinkan sebuah perusahaan untuk meningkatkan kulitasnya di tengah-tengah masa transisi sehingga dapat menghadai tantangan global. 

Melihat betapa pentingnya implementasi SAP fundamental pada sebuah perusahaan, wajar jika kini banyak perusahaan yang membutuhkan produk SAP. Untuk itu, Anda harus bisa memilih produk SAP yang yang benar-benar tepat dan sesuai dengan perusahaan Anda. Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi Anda sehingga dapat menentukan produk SAP yang tepat.

Baca Juga: Tujuan Penerapan SAP Fundamental dalam Manajemen Perusahaan

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan