span 1 span 2 span 3

Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern

Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern

Sistem pergudangan modern bisa dikatakan sebagai cara mengelola aktivitas yang saling berkaitan antara satu dan lainnya dalam hal penyimpanan sementara. Dengan adanya manajemen pergudangan yang baik, proses distribusi logistik bisa tetap terjaga dengan baik. Tak heran kalau sekarang banyak pengusaha retail, wholesale, hingga manufaktur yang menjalankan usahanya dengan menerapkan manajemen pergudangan. Untuk lebih memahami tentang sistem pergudangan ini, Anda perlu mengetahui tahapan dan sasaran pengelolaan dalam sistem ini. 

Tahapan dalam Sistem Pergudangan Modern

  • Kegiatan Administrasi 

Di dalam manajemen pergudangan terdapat kegiatan administrasi yang bertujuan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dana yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Segala hal yang terkait dengan pemasukan maupun pengeluaran dana perusahaan harus dicatat dengan tertib agar seluruh kegiatan produksi dan juga pergudangan bisa berjalan dengan lancar. 

  • Penerimaan Barang 

Sistem pergudangan modern mengatur secara penuh penerimaan barang. Tujuan dari kegitan barang ini adalah agar perusahaan lebih mudah dalam melakukan pemetaan jumlah dana ataupun biaya produk yang akan didapatkan oleh perusahaan tersebut. 
Dalam proses ini, barang-barang yang diterima dan disimpan di dalam gudang penyimpanan juga sudah dapat dikemas. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses pengiriman lanjutan tanpa penyimpanan yang terlalu ama (cross-docking). 

  • Penyimpanan Barang 

Tahap selanjutnya yang berlangsung dalam manajemen pergudangan adalah penyimpanan barang di gudang milik perusahaan. Dalam menjalankan tahapan ini, perusahan harus benar-benar memperhatikan keamanan gudang. Untuk menjaga gudang dan segala hal yang terdapat di dalamnya, kini banyak perusahaan yang menggunakan sistem keamanan yang canggih. 

  • Memilih 

Para karyawan yang bertugas di dalam gudang dan bertanggung jawab sepenuhnya pada pengelolaan pergudangan harus mencari stok barang yang sedang diperlukan. Dalam menjalankan tugasnya, para karyawan tidak boleh membuang banyak waktu dalam memilih stok barang yang diinginkan. 

  • Packing atau Pengepakan Barang 

Tahapan berikutnya adalah melakukan proses packaging atau pengepakan. Proses ini untuk memastikan apakah barang atau produk tersebut dalam keadaan siap edar ataupun untuk mengetahui apakah produk tersebut sudah dalam kondisi yang layak untuk dipasarkan. 

  • Pengeluaran Barang 

Pengeluaran barang juga menjadi salah satu bagian penting dalam manajemen pergudangan. Dalam proses ini, Anda harus mencatat biaya yang dikeluarkan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan proses distribusi yang lebih efisien. 

  • Pengiriman 

Tahap selanjutnya adalah pengiriman barang. Proses ini harus dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat sehingga dapat meminimalisir terjadinya ketidakpuasan dari para konsumen. Untuk itu, perusahaan dituntut untuk membuat manifest pengiriman yang benar-benar tepat. 

Baca Juga: Proses-Proses Standar dalam Warehouse Management System

Sasaran Pengelolaan Sistem Pergudangan Modern 

Di dalam manajemen pergudangan ini terdapat beberapa sasaran pengelolaan yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

  • Speed

Manajemen pergudangan ini memperhatikan faktor kecepatan dalam penyampaian barang ke pasar dan memenuhi perubahan permintaan. Hal ini dijalankan agar perusahaan tetap bisa bersaing. 

  • Efficiency 

Tim continuous improvement dari berbagai unit akan berusaha untuk membuat rantai pasokan menjadi lebih efisien. 

  • Effectiveness 

Manajemen pergudangan memiliki efektivitas yang memungkinkan pelanggan untuk memperoleh produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan mudah. 

  • Reliability 

Reliability menjadi salah satu sasaran pengelolaan dalam sistem pergudangan. Dengan reliability,  informasi, komunikasi, eksekusi, dan semua fungsi akan berjalan dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai sistem pergudangan yang kini banyak diterapkan oleh perusahaan. Dengan adanya sistem ini, perusahaan bisa lebih mudah dalam mengelola stok barang di dalam gudang penyimpanan. Untuk informasi lebih detail mengenai sistem pergudangan modern, Anda bisa berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Baca Juga: 6 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Penerapan Sistem Pergudangan Modern

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan