span 1 span 2 span 3

Hal yang Harus Di Perhatikan Saat Mencari Software Perusahaan Retail

Apa saja hal yang harus diperhatikan saat mencari software perusahaan retail? Anda bisa menyimaknya disini! Software dalam bisnis retail sangat diperlukan. Tidak hanya untuk menghitung keuangan bisnis saja, tetapi juga melakukan inventori di bisnis Anda. Seperti yang kita tahu, dalam bisnis retail banyak barang keluar masuk dengan cepat. Anda yang menggeluti bisnis ini, penting untuk memahami merchandising produk, periklanan dan pemasaran, kontrol stok, layanan pelanggan, riset pasar, negosiasi pemasok dan masih banyak lagi lainnya. 

Dalam menjalankan bisnis retail, Anda harus memiliki pemikiran maju dan cerdas agar bisa menjalankan bisnis berkembang dengan cepat salah satunya menggunakan bantuan software. Dalam memilih software pun tidak boleh sembarangan, pilih yang benar-benar memberikan fasilitas seluruh kegiatan bisnis.  Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan saat mencari software perusahaan retail? Simak di bawah ini ya!

 

Ketahui Kebutuhan Bisnis Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketahui kebutuhan bisnis Anda. Meski bergerak di bidang yang sama, kebutuhan setiap perusahaan retail pasti memiliki perbedaan. Umumnya perbedaan disebabkan oleh kebutuhan masing-masing perusahaan.  Ada yang membutuhkan software untuk membantu inventori, transaksi, akuntansi dan sebagainya.

Sesuaikan dengan Anggaran

Selain disesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga harus menyesuaikannya dengan anggaran atau budget yang dimiliki. Jangan sampai Anda membayar mahal untuk software akuntansi namun ada fitur yang dibutuhkan ada di dalam software tersebut. Tentu hal tersebut bisa menyebabkan anggaran lebih boros dan tidak efektif.

Baca juga : Manfaat Aplikasi HRIS Membantu Perusahaan Outsource

Tidak Hanya Terpercaya Tapi Juga Berpengalaman

Anda tidak hanya membutuhkan penyedia layanan software yang terpercaya saja tapi juga membutuhkan yang berpengalaman. Anda bisa mengumpulkan berbagai informasi yang ada hubungannya dengan perusahaan seperti berapa lama perusahaan berdiri, jumlah klien, ulasan yang diberikan klien saat menggunakan software tersebut.

Perhatikan Biaya Tambahan

Hal yang harus diperhatikan saat mencari software perusahaan retail selanjutnya adalah perhatikan biaya tambahan. Saat ini sudah ada perusahaan yang menawarkan software dengan biaya cukup terjangkau. Namun sebelum memutuskan menggunakan software tersebut, ada baiknya memeriksa kembali apakah ada biaya tambahan atau tersembunyi yang belum disebutkan. Biasanya biaya tambahan itu mencakup biaya update software maupun biaya maintenance.

Jenis Software yang Dibutuhkan Bisnis Retail

Setelah tahu apa saja hal yang harus diperhatikan saat mencari software perusahaan retail, penting bagi Anda untuk tahu jenis software retail apa yang dibutuhkan dalam bisnis Anda. Umumnya bisnis retail membutuhkan beberapa software dibawah ini!

  1. Inventory

Software yang satu ini dibutuhkan dalam bisnis ritel dan bisa dijadikan sebagai penunjang bisnis. Dengan menggunakan software inventory, para pebisnis bisa melakukan proses pengelolaan inventaris barang dengan lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu saja, software inventory juga bisa digunakan untuk melakukan otomatisasi pada kegiatan tertentu misalnya proses penghitungan persediaan barang mulai dari pembelian hingga penjualan.

  1. SCM

SCM tidak hanya digunakan di industri manufaktur saja tapi juga banyak digunakan dalam bisnis ritel. Dengan SCM Anda bisa melakukan manajemen pengelolaan barang lebih mudah. Anda bisa mengelola stok, pesanan hingga pembelian barang.

  1. POS dan Akuntansi

Yang terakhir software POS dan akuntansi. Layaknya bisnis lain, retail juga memerlukan pencatatan dan manajemen keuangan yang lebih baik. Software akuntansi digunakan untuk mengelola keuangan seperti menghitung pendapatan, pencatatan aktivitas keuangan hingga membuat laporan keuangan. Sedangkan POS mampu memudahkan proses penjualan, pembelian hingga transaksi yang bisa dilakukan lebih cepat dan efisien.

Demikianlah hal yang harus diperhatikan saat mencari software perusahaan retail yang penting untuk diperhatikan. Bagi yang membutuhkan solusi software untuk bisnis retail, Anda bisa mempercayakannya pada SOLTIUS. Perusahaan solusi IT yang satu ini mampu memberikan solusi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Silahkan klik link ini untuk informasi lebih detail!

 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia