span 1 span 2 span 3

Talent Management System Indonesia untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Talent management system – Karyawan adalah asset dan investasi besar yang perusahaan miliki. Oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola mereka dengan baik dan melibatkannya dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Produktivitas dan loyalitas karyawan ini sangat penting untuk mendorong perusahaan agar bisa tumbuh menjadi lebih maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas dan juga loyalitas karyawan ini perusahaan bisa menggunakan sistem manajemen bakat. 

Pada sistem ini Anda tidak hanya akan bisa meningkatkan produktivitas saja namun juga bisa melihat dan mengembangkan bakat yang dimiliki karyawan. Banyaknya model talent management system ini malah membuat perusahaan menjadi bingung dalam menentukan langkah yang akan diambil. Kadang perusahan juga memilih sistem yang salah sehingga tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Pengertian dan Fungsi

Pada dasarnya talent management system adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memberikan penilaian yang tepat pada masing-masing karyawan perusahaan. Dengan hasil penilaian tersebut perusahaan akan tahu apakah karyawan tersebut memiliki bakat yang bisa membantu perusahaan untuk bisa mencapai tujuan atau tidak.  Untuk bisa memahami betapa pentingnya TMS ini dalam lingkup bisnis ada baiknya jika Anda tahu perkembangan dan juga perubahan yang terjadi di dalam bidang HR terlebih dahulu. Jika dulunya HR hanya berperan pada perhitungan payroll dan juga tunjangan saja namun saat ini HR lebih berkembang dan memiliki tanggung jawab recruitment pegawai, communicator bagi setiap karyawan, sampai dengan pemberian penghargaan. 

HR juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan manajemen bakat seperti merencanakan, memanajemen performa, integrasi sistem, dan lain sebagainya. Tentunya agar analisis dan manajemen bakat ini bisa berjalan dengan baik perusahaan Anda memerlukan TMS ini.  Sistem ini memiliki fungsi dalam melacak bakat dalam suatu organisasi atau perusahaan. Karyawan yang memiliki bakat ini berharga karena dengan bakat mereka perusahaan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. TMS akan sangat bermanfaat bagi Anda karena bisa melacak data di berbagai titik siklus hidup karyawan.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Agar talent management system ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal ada baiknya jika Anda menentukan jenis TMS yang cocok untuk di aplikasikan ke perusahaan Anda. Tidak semua model cocok untuk di aplikasikan ke bisnis atau perusahaan Anda. Sebagai acuan untuk memilih TMS yang baik dan bermanfaat untuk bisnis, Anda bisa memilih yang bisa digunakan untuk merampingkan proses perekrutan, pilih TMS yang bisa mendorong manajer agar bisa memperkuat nilai perusahaan melalui pekerjaan dan juga sikap ketika memimpin, mengidentifikasi adanya kesenjangan kompetensi antara karyawan dan juga menawarkan program pelatihan maupun pengembangan karyawan. 

Baca Juga: Mengapa Anda Membutuhkan Talent Management System?

Tips terakhir adalah pilih aplikasi yang bisa mengidentifikasi dan juga menghargai karyawan yang memiliki kinerja yang baik. Untuk melakukan penilaian pilihlah manajemen bakat yang memiliki empat pilar dalam kriteria penilaian dimana empat pilar tersebut adalah atraksi, pengembangan, motivasi, dan juga retensi. Dengan melakukan penilaian berdasarkan empat pilar tersebut Anda akan mudah untuk melakukan pengembangan karyawan dengan baik sehingga tujuan perusahaan mudah tercapai.

Mengapa Harus Menggunakan Sistem Manajemen Bakat?

Ada alasan mengapa perusahaan Anda wajib menggunakan software satu ini. Salah satu alasan terkuat tentu saja untuk manajemen bakat karyawan dalam perusahaan Anda. Khusus untuk perusahaan menengah dan besar mustahil bisa melacak secara manual karyawan satu per satu sehingga dengan bantuan software ini pelacakan bakat akan bisa dilakukan dengan baik. Alasan lainnya mengapa Anda harus menggunakan software satu ini adalah Anda akan mudah untuk menemukan kandidat yang tepat saat proses recruitment dilakukan.

Jangan sia-siakan bakat yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Temukan dan kembangkan bakat mereka dengan menggunakan talent management system terbaik yang mampu membuat performa perusahan menjadi meningkat sehingga tujuan perusahaan tercapai.

Artikel Lainnya: Pengertian dan Manfaat Talent Management System Pada Sebuah Perusahaan

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan