span 1 span 2 span 3

Mengapa Anda Membutuhkan Talent Management System?

Mengapa Anda Membutuhkan Talent Management System?

Talent management system sering disingkat menjadi TMS. Software ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena dapat mengembangkan potensi karyawan menjadi lebih baik lagi. Seperti yang diketahui bahwa karyawan adalah asset terbesar perusahaan sehingga operasional perusahaan sangat tergantung dengan karyawan perusahaan Anda. Jika karyawan berkualitas akan membuat tujuan perusahaan mudah tercapai. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memilih dan mengembangkan karyawan yang benar-benar tepat. Jika perusahaan Anda menengah dan besar tentu untuk mengembangkan bakat karyawan ini sangat susah, bahkan menemukan bakat mereka pun akan kesusahan karena banyaknya karyawan yang Anda miliki sehingga penting bagi Anda menggunakan TMS atau talent management system ini.

Strategi Manajemen Bakat

Dengan menggunakan TMS Anda akan bisa menjalankan dan menemukan strategi manajemen bakat yang tepat. TMS ini memiliki empat pilar manajemen bakat yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan bakat karyawan yang dimiliki. Empat pilar tersebut adalah perekrutan, belajar, pengikut sertaan, dan juga active.  Dengan empat pilar tersebut TMS akan melancarkan proses recruitment, menguatkan budaya maupun nilai-nilai di tempat kerja dan juga praktik manajerial, TMS akan bisa melatih dan mengembangkan karyawan untuk bisa menutup kesenjangan kompetensi, memberikan peluang belajar yang relevan, lebih gesit, dan yang terakhir adalah mengidentifikasi karyawan yang memiliki kinerja tinggi dan memberikan penghargaan sesuai dengan kontribusi yang diberikan kepada perusahaan. 

Mengapa Harus Menggunakan TMS?

Ada beberapa alasan yang melandasi Anda harus menggunakan TMS ini. Salah satu alasannya adalah untuk mengotomatisasi dan juga merampingkan semua proses perekrutan. Software ini juga mampu memberikan analytic dan juga umpan balik yang mana berguna untuk membantu manajemen melihat mana karyawan yang unggul dan mana yang membutuhkan perhatian dan juga pengembangan. Teknologi manajemen bakat ini mampu membantu perusahaan untuk menangkap, menyimpan, bahkan menganalisis data yang penting di seluruh siklus hidup karyawan yang mana bisa bermanfaat dalam meningkatkan proses bisnis dan kehidupan kerja staff perusahaan. 

Baca Juga: Mengenal Talent Management System yang Penting bagi Perusahaan

Dengan melakukan pendekatan ini perekrutan bisa berjalan lebih baik, kandidat yang didapatkan berkualitas, proses perekrutan akan lebih pendek dan lebih efisien, selain itu pergantian karyawan di perusahaan tidak akan sering terjadi. Jika ada pergantian karyawan terlalu sering di perusahaan membuat Anda harus menganalisis apa yang salah dengan perusahaan Anda. Banyak pengguna talent management system ini yang mengungkapkan jika waktu mereka lebih efisien dan memiliki efek positif pada waktu yang dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan untuk perekrutan pun lebih bisa dihemat, kepuasan karyawan menjadi meningkat, dan lain sebagainya. 

Memilih TMS yang Baik

Banyaknya model TMS yang ditawarkan ini membuat Anda harus selektif karena tidak semua model bisa di aplikasikan ke perusahaan Anda.  Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan TMS yang benar-benar tepat untuk perusahaan Anda seperti berikut ini:

1.    Dapatkan masukan

Tips yang pertama adalah dapatkan masukan dari tim Anda. Hal ini untuk memastikan jika software TMS ini benar-benar sesuai dengan perusahaan Anda. Tim SDM akan memiliki banyak masukan mengingat nantinya mereka yang akan menggunakannya.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Implementasi Talent Management System

2.    Integrasi dan spesialisasi

Tips memilih talent management system selanjutnya adalah pikirkanlah tingkat integrasi dan juga spesialisasi yang perusahaan Anda butuhkan. Apakah Anda merupakan perusahaan yang harus memenuhi peraturan khusus dan membutuhkan pemrograman khusus, dan lain sebagainya. 

3.    Basis software

Tips memilih yang terakhir adalah pilihlah basis dari software tersebut. Ada yang berbasis solusi on premise, berbasis cloud, dan ada juga yang hybrid. Sesuaikanlah basisnya dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk menjamin keamanan data perusahaan, ada baiknya jika Anda memilih vendor yang benarbenar terbaik dan terpercaya.

Demikianlah beberapa informasi tentang talent management system yang menarik untuk Anda simak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Talent Management System pada Sebuah Perusahaan

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan