span 1 span 2 span 3

Fungsi dan Tujuan Implementasi Talent Management System

Fungsi dan Tujuan Implementasi Talent Management System

Talent management system mungkin masih sedikit asing. Namun siapa sangka jika software satu ini menjadi bagian dari perusahaan bisnis yang penting. Alasan mengapa sistem ini penting karena berhubungan dengan SDM perusahaan. Untuk membuat perusahaan tumbuh dan berkembang dengan baik sangat penting bagi perusahaan untuk memilih kandidat yang baik atau SDM yang baik yang mana bisa menjalankan operasional perusahaan dengan baik. Tidak ada bentuk teknologi yang modern yang memiliki pengaruh yang besar, dibandingkan dengan sistem manajemen bakat SDM ini. 

Fungsi TMS pada Perusahaan

Talent management system sendiri merupakan seperangkat aplikasi perangkat lunak yang akan membantu kandidat untuk bisa memenuhi syarat, mengelola bakat, dan juga mempertahankan SDM dalam perusahaan. Software ini memang dirancang untuk bisa melacak bakat SDM dalam baik baru maupun yang sudah lama bekerja di perusahaan. Mereka memiliki bakatnya masing-masing sehingga penting bagi perusahaan untuk melihat dan mengembangkan bakat masing-masing karyawan tersebut. 

Sistem manajemen bakat ini akan fokus pada manajemen orang dan juga SDM yang ada di dalam perusahan. Sistem yang ada pada software ini mampu membawa dan mengembangkan nilai terbaik dari karyawan. Dengan begitu besar harapannya angka bisnis bisa mencapai keberhasilan yang tinggi. Sebagian fungsi dari manajemen bakat ini akan berhubungan langsung dengan tujuan bisnis. 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Talent Management System pada Sebuah Perusahaan

Ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan  oleh TMS ini yaitu merekrut SDM terbaik, berorientasi dan mengembangkan karyawan menjadi lebih baik, menghubungkan karyawan dan mendorong adanya kolaborasi. TMS ini juga memiliki fungsi berupa mengelola kinerja, mengembangkan karier, dan juga merencanakan suksesi. TMS mampu memberikan pembelajaran dan melatih ulang karyawan agar mampu mengembangkan bakat dan nilai yang mereka miliki. Yang terakhir adalah TMS ini mampu melakukan  penilaian dan juga manajemen kompensasi karyawan.

Tujuan

Tujuan mengimplementasikan talent management system adalah membuat SDM di sebuah perusahaan menjadi lebih terintegrasi. TMS ini akan mengurangi waktu admin yang diperlukan oleh tim SDM, menyediakan laporan analisis, manajemen kinerja, mengumpulkan bakat karyawan, manajemen kandidat, dan masih banyak lagi lainnya. Karena TMS memang dipusatkan untuk karyawan maka software ini mampu memberikan pandangan yang lebih menyeluruh tentang karyawan, melakukan antisipasi kebutuhan bakat dan juga keterampilan untuk masa depan di seluruh organisasi. 
Selain berhubungan dengan SDM, pengimplementasian TMS ini juga bertujuan untuk bisa menarik talenta yang terbaik agar mau bergabung dengan perusahaan. Tujuan lainnya adalah untuk memastikan jika recruitment yang dilakukan oleh perusahaan ini menarik banyak kandidat untuk bergabung bersama perusahaan. Karena memiliki peran penting terhadap SDM dan saat recruitment maka penting bagi perusahaan yang akan menggunakan software user friendly atau mudah digunakan.  

Software TMS yang akan Anda gunakan untuk manajemen bakat di perusahaan ini juga harus berkualitas dan memiliki fleksibilitas tinggi dimana tidak hanya bisa di akses menggunakan komputer berbasis desktop saja, namun juga perangkat seluler, dan berbagai macam perangkat lainnya yang terkoneksi dengan internet.  Selain itu perusahaan bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena tidak semua fitur pada TMS tersebut Anda butuhkan.

TMS bisa digunakan oleh semua perusahaan yang memang ingin agar karyawannya bekerja dengan lebih baik dengan mengembangkan bakat-bakat yang mereka miliki, sehingga hal tersebut akan membuat kinerja bisnis menjadi lebih baik. Oleh sebab itu jika perusahaan Anda belum menggunakan talent management system ini, segeralah untuk menggunakannya karena karyawan ini adalah asset penting bagi perusahaan dimana pergerakan roda bisnis perusahaan ini sangat tergantung dengan karyawan yang dimiliki.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...