span 1 span 2 span 3

Mengenal Talent Management System yang Penting bagi Perusahaan

Mengenal Talent Management System yang Penting bagi Perusahaan

Talent management system sering disebut dengan TMS. TMS ini akan melakukan integrasi bidang utama pada manajemen bakat, menciptakan perekrutan, melakukan manajemen kinerja dan tujuan, manajemen pembelajaran, perencanaan kompensasi dan gaji, mengembangkan karier, dan juga melakukan perencanaan suksesi. Manajemen bakat dilakukan tanpa sistem hampir tidak mungkin karena manajemen yang dilakukan tidak akan berjalan tepat dan akurat. Mengelola bakat ini tidak hanya sekadar merekrut berdasarkan pengalaman kandidat, namun mencakup sesuatu yang lebih luas yaitu menemukan dan menarik orang yang tepat untuk dikembangkan, di motivasi, dan yang paling penting adalah untuk mempertahankan mereka. Tentu hal ini menjadi tantangan yang cukup besar karena dibutuhkan bantuan dari semua pihak. 

Siapa yang Menggunakan TMS?

Talent management system digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang ingin melibatkan karyawannya agar menjadi lebih baik. Saat ini karyawan menjadi asset perusahaan karena karyawan ini lah yang akan menggerakkan roda bisnis perusahaan. Karyawan adalah asset sehingga kesuksesan dan kemajuan perusahaan ini sangat tergantung dengan asset yang perusahaan miliki.  

Sebelum perusahaan menggunakan sistem ini ada baiknya melakukan identifikasi tentang apa yang perusahaan butuhkan dan bagaimana melakukan implementasinya. Tidak hanya itu saja penting bagi perusahan yang ingin menggunakan software satu ini menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan TMS tersebut. Dengan menggunakan berbagai macam pertanyaan ini Anda akan tahu seperti apa TMS yang perusahaan butuhkan dan vendor mana yang ingin Anda gunakan jasanya.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Talent Management System pada Sebuah Perusahaan

Pihak yang Terlibat 

Ada beberapa pihak internal perusahaan yang terlibat dan menggunakan talent management system ini. Yang pertama tentu saja karyawan dimana mereka membutuhkan sistem ini untuk mengakses pembelajaran yang diperlukan dalam pengembangan diri mereka, berbagai pengetahuan satu sama lain, membuka posisi secara internal, memberikan umpan balik kepada rekan, dan lain sebagainya. Pihak lainnya yang menggunakan TMS ini adalah manajer dimana sistem ini akan mampu membuka pandangan mereka tentang tim mereka, mengevaluasi kinerja, memberikan umpan balik,  menetapkan kursus pelatihan, dan lain sebagainya. 

Tim SDM membutuhkan sistem ini untuk memberikan pandangan yang komprehensif tentang keterampilan dan kompetensi seluruh organisasi, sarana melakukan antisipasi kesenjangan dan keterampilan. Yang lainnya adalah mitra eksternal, pengecer, dan juga klien yang mana akan menggunakan sistem ini untuk mengakses informasi tertentu dan juga berkomunikasi dengan perusahaan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Implementasi Talent Management System

Memilih Vendor Terbaik

Talent management system terbaik akan disediakan oleh vendor terbaik pula sehingga sangat penting bagi Anda selektif dalam memilih vendor ini. Anda harus mempertimbangkan kegunaan dan juga aksesibilitas. Mintalah demo dari sistem manajemen bakat tersebut untuk mengetahui apakah software tersebut benar-benar cocok untuk perusahaan Anda atau tidak.  Untuk titik awal Anda bisa menanyakan apakah vendor menawarkan platform yang user friendly? Apakah antarmuka bisa responsif dan bisa beradaptasi dengan desktop, tablet, dan seluler? Bisakah melakukan navigasi tanpa instruksi dan melakukan kustomisasi platform?

Beberapa pertanyaan lainnya yang bisa membantu Anda menemukan vendor terbaik adalah laporan sistem yang dibuat seperti apa? Apakah mudah melihat dan juga menarik laporan dari software tersebut? Seberapa sering perangkat lunak akan diperbarui dengan menggunakan fitur terbaru? Bagaimana perangkat lunak melakukan pengukuran tenaga kerja perusahaan yang tumbuh secara signifikan? Dan yang terakhir adalah apakah perangkat lunak tersebut menawarkan analytic yang kaya dan juga fleksibel? Selain beberapa pertanyaan tersebut Anda bisa memilih vendor yang mendukung perusahaan Anda melalui proses implementasi sistem tersebut. Cari tahu bantuan apa saja yang akan mereka kepada Anda dan memakan waktu berapa lama. 

Dengan beberapa informasi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa TMS ini sangat bermanfaat untuk perusahaan. Talent management system juga bermanfaat bagi karyawan dimana mengukur dampak kerjanya terhadap perusahaan sehingga akan sangat disayangkan sekali jika ada perusahaan yang belum mengimplementasikan software ini karena manfaat yang akan didapatkan untuk perusahaan dan karyawan tersebut sangat  banyak.
 

Artikel Menarik Lainnya: 3 Cara Menyusun Talent Management System dan Manfaatnya

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...