span 1 span 2 span 3

Tips Memilih Payroll Software Indonesia di Era New Normal

Payroll software Indonesia dan HRIS dibutuhkan di era new normal. Dengan menggunakan payroll penggajian akan menjadi lebih mudah dilakukan baik itu bagi perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Payroll sendiri merupakan perangkat lunak yang memang dikhususkan untuk melakukan tugas penggajian karyawan secara mudah, praktis, dan juga cepat dengan hasil yang akurat. Software satu ini juga bisa digunakan untuk mengirim slip gaji yang memang sangat dibutuhkan oleh karyawan.

Penggunaan software payroll mampu memudahkan tim HR di dalam proses penggajian dan juga meminimalkan risiko human error dan juga pengerjaannya lebih memakan waktu. Di era new normal ini ada baiknya jika Anda selektif dalam memilih software karena tidak semuanya cocok untuk di aplikasikan ke perusahaan bisnis Anda. Berikut adalah tips memilih payroll software Indonesia untuk perusahaan di era new normal berikut ini:

Keamanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertimbangkan keamanannya. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa gaji ini adalah hal yang sensitif sehingga sifatnya sangat rahasia. Jangan sampai data tentang gaji bocor ke pihak yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Oleh karena itu saat Anda memilih software payroll pastikan jika perangkat tersebut memiliki keamanan yang tinggi dan bisa mencegah tingkat pencurian informasi yang berpotensi dalam penyalahgunaan data tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Payroll Software Indonesia Terbaik

Fleksibel

Software payroll yang Anda pilih ini juga harus fleksibel yang aman memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Pilih software yang kompatibel dimana bisa di integrasikan dengan sistem yang ada di perusahaan Anda. Pilih juga software yang ditawarkan oleh vendor yang kredibel dan terpercaya sehingga memiliki tim yang profesional di dalamnya.

Penghitungan yang Praktis

Pilihlah payroll software Indonesia yang mampu melakukan penghitungan praktis. Karyawan tentunya tidak selalu berada di kantor karena beberapa alasan dimana hal itu akan berpengaruh terhadap gaji dan upah karyawan dalam setiap periodenya. Jika jumlah karyawan sedikit Anda tidak akan bingung dalam melakukan penghitungan namun bagaimana jika jumlah karyawan Anda banyak tentunya akan kesulitan dalam melakukan penghitungan dimana hal itu bisa di antisipasi dengan menggunakan software payroll Indonesia ini. 

Fitur yang Sesuai Kebutuhan

Tips memilih payroll software Indonesia selanjutnya adalah pilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Perusahaan satu dengan lainnya ini memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan. Anda harus mengetahui kebutuhan perusahaan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan fitur apa saja yang harus ada di software tersebut. Anda juga harus tahu pengaturan rumus standar untuk potongan pajak, BPJS, dan aspek lainnya yang sesuai dengan peraturan di Indonesia.

Sesuai dengan Kebijakan

Yang terakhir adalah pilih yang memang bisa disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Indonesia. Kebijakan yang sering berubah adalah BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan dimana setiap perusahaan ini wajib untuk mendaftarkan karyawan menjadi anggota BPJS dan tidak bisa diganggu gugat. Pemerintah sudah menghitung besaran iuran yang harus dibayarkan oleh perusahaan dan oleh karyawan itu sendiri. Di sinilah tugas payroll untuk menghitung besaran potongan gaji karyawan tersebut.

Manfaat

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengimplementasikan software satu ini. Salah satu manfaat yang paling terasa adalah membantu sistem kerja shift.  Dalam  era new normal ini tidak semuanya bisa langsung kembali berjalan normal namun harus dilakukan bertahap salah satunya adalah shift atau waktu kerja karyawan. Dengan software ini Anda akan muda membuat jadwal dan pembagian shift untuk karyawan Anda sehingga membatasi jumlah kerumunan karyawan yang ada di perusahaan.

Demikianlah beberapa tips memilih payroll software Indonesia dan manfaatnya untuk perusahaan bisnis Anda di era new normal, semoga informasi ini bermanfaat.
 

Baca Juga: Payroll Software Indonesia untuk kelola Gaji Karyawan

Other News

Sep 2, 2020
Bagaimana Proses CRM dapat Berhasil Diterapkan dalam Bisnis?
Sep 1, 2020
4 Fitur Penting pada HR Software yang Dapat Memaksimalkan Tugas HRD