span 1 span 2 span 3

Tujuan dan Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ERP

Sistem Informasi Akuntansi – Sistem Informasi di masa modern ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan organisasi maupun dunia usaha. Di tengah era yang modern seperti saat ini perusahaan maupun organisasi dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Cara manual tidak cukup untuk membuat operasional perusahaan berjalan dengan maksimal karena saat ini semuanya harus serba cepat, termasuk proses akuntansi di sebuah bisnis perusahaan. 

Jika proses akuntansi berjalan lambat perusahaan akan mendapatkan informasi keuangan perusahaan lebih lambat dibandingkan perusahaan yang sudah memproses akuntansinya dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi yang canggih dan otomatis.

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Ada beberapa tujuan SIA yang penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Dengan memahami tujuan dari SIA ini perusahaan mampu memanfaatkan fungsionalitasnya secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa tujuan SIA yang penting diketahui:

  • Mengumpulkan dan juga menyimpan berbagai macam data yang berhubungan dengan aktivitas dan juga transaksi akuntansi perusahaan.
  • Memproses semua data yang berhasil dikumpulkan dan menjadikannya sebuah informasi yang bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan berhubungan dengan perencanaan dan juga pengendalian bisnis.
  • Melakukan kontrol secara tepat waktu terhadap aset maupun keuangan perusahaan.
  • Menghemat biaya dan waktu, selain itu membuat proses akuntansi perusahaan lebih efektif dan efisien.
  • Menyajikan data keuangan yang sistematis dan juga akurat di dalam periode akuntansi yang tepat, selain itu membuat laporan yang akurat dan bermanfaat bagi perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi di Perusahaan

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Jika selama ini Anda merasa proses akuntansi Anda berjalan lambat dan tidak sesuai dengan keinginan perusahaan itu tandanya sudah saatnya Anda menggunakan Sistem Informasi Akuntansi yang terintegrasi. Sistem ini akan memberikan manfaat yang tidak didapatkan dengan proses tradisional seperti berikut ini:

  • Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya

Dengan menggunakan SIA ini perusahaan akan bisa memperbaiki kualitas dan juga mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa.  SIA ini nantinya bisa digunakan untuk mengawasi mesin secara otomatis dan operator yang menggunakan sistem ini akan mendapatkan pemberitahuan jika proses berjalan lebih atau kurang dari batas yang telah ditentukan. Dengan hal ini perusahaan bisa mengontrol maupun mengurangi risiko kerugian yang diakibatkan oleh barang atau jasa yang tidak berkualitas.

  • Meningkatkan efisiensi

SIA mampu membuat efisiensi meningkat dan menyajikan informasi yang akurat. Berbekal dengan informasi akurat tersebut perusahaan bisa melakukan banyak hal untuk memperbaiki operasional bisnisnya.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

  • Membantu dalam pengambilan keputusan

Sistem Informasi Akuntansi ini mampu membantu Anda dan perusahaan dalam mengambil keputusan. Berkat informasi yang tersaji real time dan akurat Anda bisa menjadikan informasi tersebut sebagai acuan tentang langkah yang bisa diambil perusahaan di tahap selanjutnya. Jika informasi yang disajikan ini tidak real time tentu perusahaan masih bingung tentang langkah yang harus diambil perusahaan selanjutnya. Pengambilan keputusan yang salah hanya akan memperburuk kondisi perusahaan Anda.

Untuk membantu akuntansi perusahaan berjalan lebih optimal tentu Anda membutuhkan SIA yang berkualitas. Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS untuk memberikan solusi terbaik untuk operasional bisnis Anda. Sebagai perusahaan penyedia IT dan konsultan terbaik kami membantu banyak perusahaan dalam menerapkan Sistem Informasi Akuntansi berbasis ERP yang mana mampu mendukung integrasi proses akuntansi di perusahaan Anda menjadi lebih baik lagi, sudah banyak perusahaan terbantu dalam implementasi ERP sehingga operasional bisnis menjadi lebih baik dan lebih efektif dibandingkan sebelumnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami sekarang juga, kami akan memberikan pelayanan dan solusi terbaik kepada Anda. Atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia