span 1 span 2 span 3

Accounting Software Terbaik untuk Bisnis dan Perusahaan Anda

Accounting software Indonesia penting sekali bagi seorang akuntan maupun pemilik perusahaan dalam mempercepat dan mempermudah proses penyusunan laporan. Dengan menggunakan software akuntansi, semua pekerjaan penyusunan laporan keuangan Anda bisa terselesaikan secara otomatis, sehingga tak perlu lagi menyusun laporan secara manual. Keunggulan penggunaan software akuntansi lainnya ialah membuat pekerjaan lebih cepat, lebih hemat waktu dan juga tenaga Anda dalam bekerja.

 

Dengan persaingan yang semakin ketat dalam berbisnis, setiap perusahaan semakin bersaing menyempurnakan layanan dan produk yang dulu pernah dibuatnya supaya tak ketinggalan tren. Karena itulah, kini mulai banyak pemilik usaha yang mengembangkan aplikasi akuntansi sampai menjadi semakin canggih. Namun, sebagai pengguna kita harus cerdas dalam memilih software akuntansi dengan tepat.

 

Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Memilih Accounting Software Terbaik Indonesia?

Untuk mendapatkan aplikasi yang tepat untuk membantu penyusunan akuntansi perusahaan Anda dengan tepat sesuai kebutuhan, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

 

  1. Jenis-Jenis Software Akuntansi

Produk software akuntansi tersedia ke dalam berbagai macam kategori, terdiri atas program software gratis, aplikasi web host akuntansi, software manajemen bisnis, dan akuntansi yang digunakan untuk usaha kecil. Masing-masing software tersebut menawarkan karakteristik tersendiri. Misalnya saja, produk payroll akuntansi khusus bisnis kecil ditujukan secara khusus untuk Anda yang merintis usaha baru dan memerlukan penanganan secara finansial.

 

Hal ini berbeda dari aplikasi manajemen bisnis yang biasanya menawarkan harga lebih mahal, meskipun begitu fitur yang ditawarkannya pun sudah lebih advance, lewat fitur-fitur billing, kontrol inventaris, Customer Relationship Management, dan sebagainya.

 

  1. Perlukah Akuntansi Untuk UKM?

Bagi Anda yang tak terlalu mengenal software akuntansi, bisa mencoba memakai program software gratis terlebih dulu, yang umumnya mempunyai tenggat waktu tertentu berlaku dalam periode waktu tertentu. Lalu jika Anda tertarik melanjutkan layanan software gratis tersebut, Anda pun bisa memperpanjang waktu penggunaannya dengan cara membayar software tersebut sesuai nominal yang ditetapkan.

 

Pemakaian accounting software Indonesia memungkinkan Anda mengakses data kapan pun dan dimana pun, serta bisa menggunakan perangkat apa saja selama terdapat akses internet yang sudah memadai. Semua data akuntansi tersebut bisa disimpan menggunakan “Cloud” sehingga data yang disimpan sudah terjamin keamanannya, sebab biasanya vendor cloud accounting memakai beberapa server yang berguna untuk melakukan back up data perusahaan Anda.

 

  1. Menganalisa Kebutuhan Akuntansi Bisnis/Perusahaan Anda

Sebelum memilih aplikasi akuntansi, terlebih dulu Anda harus menganalisis kebutuhan perusahaan, baik dari sisi finansial ataupun sisi manajerial. Lakukan secara perlahan, Anda bisa meluangkan waktu supaya analisis kebutuhan keuangan Anda dapat menjawab semua pertanyaan terkait masalah akuntansi. Selain itu, penuhi pula diri Anda lewat informasi-informasi dasar mengenai akuntansi. Hal tersebut bisa membantu Anda memilih software akuntansi yang dibutuhkan.

 

Jika perlu, Anda harus berkonsultasi dengan staf akuntan yang ada di perusahaan Anda. Mungkin saja mereka ikut merekomendasikan jenis software apa saja yang harus dipilih, sebab merekalah yang nantinya lebih banyak memanfaatkan software akuntansi tersebut. Para akuntan biasanya lebih mengerti tentang jenis usaha yang Anda lakukan serta kebutuhan apa saja yang diperlukan.

 

BIsa juga berkonsultasi dengan karyawan Departemen IT. Selain itu, Anda pun harus memahami bagaimana situasi dari hardware yang Anda miliki. Seiring berkembangnya bisnis, maka data akuntansi yang dibutuhkannya pun semakin bertambah. Karenanya perangkat IT yang Anda miliki harus dipastikan mampu menjalankan accounting software Indonesia yang dipilih.

Other News

Oct 26, 2018
12 Keys to Family Business Success
Oct 21, 2018
Apa itu Big Data Indonesia?