span 1 span 2 span 3

Begini Caranya Mengelola Toko Retail dengan POS System Indonesia

Saat ini sudah marak di kalangan pebisnis untuk menggunakan Point of Sales atau biasa disingkat POS. Memang sistem ini sudah diakui oleh para penggunanya dapat bekerja secara ampuh dalam membantu menjalankan bisnisnya. Berikut ini cara cara yang tepat untuk menjalankan POS System Indonesia.

 

Langkah-langkah dan Cara Mengelola Toko Dengan POS

Untuk mempermudah mengoperasikan teknologi canggih ini, anda bisa mengikuti beberapa langkah langkah dasar seperti di bawah ini.

  • Memprogram Kasir Beserta Nama

Langkah yang pertama ini sangatlah penting karena langkah yang satu ini nantinya bisa menjadi sebagai dasar untuk melakukan penelusuran dan tonggak awal untuk menciptakan pelaporan manajemen yang baik. Disini anda bisa memberikan nama asli ataupun nama panggilan, dan pilihlah mana yang lebih enak menurut anda.

 

  • Memprogram Proses Penambahan Barang

Selanjutnya adalah melakukan persiapan program untuk proses penambahan barang. Proses ini sangat penting karena nantinya anda akan dapat mendapatkan informasi yang paling akurat mengenai ketersediaan barang bisnis anda dimana pun dan kapan pun juga. Sebelumnya anda harus menyiapkan kode kode barang terlebih dahulu untuk setiap barang yang anda miliki. Setelah itu anda tinggal memasukkan barang barang anda, serta informasi lainnya seperti termasuk golongan barang jenis apa, lalu isikan pula satuan seperti kilogram, gram, ons, biji, dan lain lainnya. Ada baiknya tambahkan pula informasi mengenai harga kulak atau harga beli dan juga harga jual kepada konsumen.

 

  • Memprogram Stock Barang Dagang

Proses yang ketiga ini hampir sama dengan proses yang dilakukan di nomor dua tadi. Intinya proses ini nantinya akan memudahkan anda pada saat proses stok opname barang barang yang anda dimiliki di periode tertentu dengan lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu masukkan setiap detail barang persediaan anda dengan lengkap agar tidak menyulitkan di kemudian harinya.

 

  • Memprogram Proses Untuk Mengoperasikan Kasir

Program yang selanjutnya ini tidak akan kalah penting dari metode atau pun langkah langka sebelumnya. Program ini yang nantinya akan mencatat penjualan ataupun pemasukan anda sekaligus proses pencetakan bukti bayar kepada pelanggan anda. Umumnya pada proses ini terdapat dua macam pengoperasian program. Yaitu yang pertama anda harus siapkan alternatif untuk beberapa produk produk curah yang tidak mempunyai barcode agar tetap dapat tercatat dengan akurat.

 

Keuntungan menggunakan Point of Sales

Jika sudah mencoba melakukan setting setting awal seperti langkah diatas maka berikut ini adalah beberapa kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan oleh para pengguna Point of Sales.

  • Detail dan Lengkap

Yang pertama pengguna akan mendapatkan laporan hasil penjualan pada hari itu juga secara cepat dan mudah. Hal ini membuat pengguna tidak perlu lagi menghitung nota nota ataupun bukti transaksi tercatat lainnya untuk memastikan jumlah penjualan. Hal ini tentunya akan membuat pengguna hemat waktu dan juga tenaga.

 

  • Selalu Update

Pengguna dapat secara cepat mendapatkan informasi mengenai stok barang yang masih tersedia di toko. Walaupun pengguna sedang berada di tempat yang jauh sekalipun, atau masih sedang liburan misalkan tetap dapat mengecek keadaan barang di toko. Hal ini akan menurunkan tingkat kecurangan karyawan saat pemilik bisnis sedang tidak ada di tempat.

 

  • Mendapatkan Laporan Secara Cepat

Laporan penjualan seperti keuntungan ataupun kerugian akan tersaji secara otomatis tanpa harus susah susah melakukan penelusuran seperti pada jaman dahulu kala.

 

So,berikut diatas adalah ulasan singkat mengenai cara POS System Indonesia akan membantu menjalankan bisnis anda. Semoga bermanfaat.

Other News

Oct 26, 2018
12 Keys to Family Business Success
Oct 21, 2018
Apa itu Big Data Indonesia?