span 1 span 2 span 3

Ini Dia Software ERP Indonesia Soltius

Lahirnya teknologi memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya. Manusia sebagai pengguna teknologi terbesar, merasakan paling banyak manfaatnya. Tidak hanya pada bidang tertentu, namun manfaatnya dapat dirasakan seluruh kehidupan termasuk bisnis. Software ERP Indonesia menjadi salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola usaha. Namun apakah software ERP Indonesia itu? Berikut ulasan singkat tentang software ERP Indonesia dan perannya dalam kemajuan bisnis juga usaha Anda.

Apa Itu Software ERP?

ERP merupakan kepanjangan dari Enterprise Resources Planning. Merupakan sebuah sistem perencanaan yang penggunaannya memanfaatkan sebuah aplikasi komputer juga sistem terintegrasi. Bahasa mudahnya, ERP ini merupakan sebuah sistem terpadu yang digunakan untuk mengelola atau mengatur sumber daya yang dimiliki perusahaan berskala besar. Cakupannya sangat luas meliputi semua aspek bisnis yang terjadi di dalam sebuah perusahaan.

Dari mulai marketing, manajemen pelanggan, pembelian, penjualan, stok barang, akuntansi, manajemen gudang dan masih banyak lagi. Sebagai sebuah sistem yang terintegrasi, maka sistem yang bekerja pada ERP sangat solid dan menghubungkan semua cakupan di atas. Sementara bentuk ERP sendiri dapat berupa software atau aplikasi yang terpecah-pecah dan juga bisa satu sistem utuh. Namun apapun bentuknya, ERP bekerja dengan menangani seluruh cakupan yang ada di dalam sebuah bisnis.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan ERP?

Mengingat sistem ERP yang terpadu dan menyeluruh, penggunaannya lebih banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan dengan skala besar. Mengingat perusahaan-perusahaan besar ini menjalani proses bisnis yang cukup banyak, panjang dan sangat rumit. Namun sama sekali tidak menutup kemungkinan jika ERP ini juga digunakan oleh para pebisnis pemula hingga UMKM sehingga tidak perlu melakukan migrasi data saat usaha menjadi besar nantinya.

Kenapa pebisnis pemula dan UMKM juga membutuhkan software ERP Indonesia? Tidak lain untuk memastikan proses pengelolaan manajemen usaha menjadi lebih baik. Mengingat pemisahan aplikasi seperti akuntansi, pelanggan, kasir justru membuat kondisi manajemen perusahaan menjadi buruk. Sementara penggunaan software ERP Indonesia sejak awal akan meminimalkan terjadinya pengelolaan manajemen yang buruk. Tentu dampak penggunaan software ERP Indonesia ini dapat dilihat pada peningkatan kesuksesan usaha.

Macam-macam ERP

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan software ERP ini juga meningkat. Hingga para pemainnya di pasaran juga semakin banyak. Sampai saat ini terdapat 4 pemain besar ERP yang dikenal banyak perusahaan-perusahaan besar. Salah satunya adalah SAP yang merupakan inovator software ERP dari Jerman. Diantara jenis ERP yang lain, SAP sangat populer dikalangan perusahaan besar dan mendunia, namun tidak banyak digunakan usaha kecil.

Pemain yang lain adalah Microsoft Dynamics yang juga mengeluarkan ERP versi Microsoft. Daya pikat software ERP yang satu ini berasal dari nama besar Microsoft. Selain itu ada juga Oracle ERP Cloud Site yang merupakan sebuah perusahaan database skala besar dunia. Pemain terakhir yang memiliki nama besar di kalangan pebisnis adalah Odoo yang tengah menjadi bintang di kalangan pengusaha. Pasalnya Odoo memiliki open source tidak berbayar dengan kemampuan tidak kalah dari para pemain lainnya.

Software ERP Indonesia Soltius

Percaya atau tidak, perkembangan ERP di Indonesia sudah sangat pesat. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa software ERP ini telah banyak dikenal kalangan pebisnis Indonesia sejak tahun 90 an. Dengan berkembangnya perangkat keras di Indonesia, ERP juga semakin tidak terbendung. Tidak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem pengelolaan manajemen perusahaan namun juga dapat mengendalikan proses bisnis yang terjadi di dalamnya dengan maksimal.

Software ERP Indonesia Soltius sendiri mengambil peran yang tidak sedikit dalam perkembangan ERP di Indonesia. Membantu banyak perusahaan bertransformasi menjadi yang terbaik dalam menyambut tantangan bisnis di masa depan. Software ERP Indonesia dari Soltius ini juga akan mendukung penerapan ERP di banyak perusahaan lokal dalam rangka mengembangkan bisnisnya semakin besar. Sehingga penggunaan software ERP Indonesia ini akan lebih optimal untuk meningkatkan keunggulan perusahaan dalam berkompetisi.

Other News

Oct 26, 2018
12 Keys to Family Business Success
Oct 21, 2018
Apa itu Big Data Indonesia?