span 1 span 2 span 3

Seberapa Penting Sistem SAP untuk Perusahaan

Seberapa Penting Sistem SAP untuk Perusahaan

Saat pertama kali diperkenalkan dulu, tentu pembuat sistem SAP tidak menyangka bahwa aplikasi ini akan mendunia. Mengingat pada awalnya sistem SAP dibuat untuk menjawab kebutuhan bisnis lokal dalam mengelola proses bisnisnya secara keseluruhan. Namun dalam perkembangannya, sistem SAP telah terbukti sangat aplikatif terutama dalam menjawab tantangan pasar global. Penerapannya dalam perusahaan tidak lagi sebagai alternatif melainkan keharusan.

SAP telah melalui proses pembuatan yang tidak instan

Pembuat SAP adalah lima orang mantan karyawan IBM. Saat itu mereka berkumpul dan mendirikan sebuah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dalam analisis sistem dan pengembangan program. Pekerjaan pertama mereka adalah dikontrak untuk keperluan pengembangan sistem perangkat lunak dengan sistem kerja mirip IBM. Usaha mereka membuahkan hasil dan pada tahun 1979 dirilis pertama kali dengan nama SAP R/2.

 

Sukses dipasaran, program SAP ini pun semakin diminati banyak perusahaan multinasional yang ada di Eropa. Terutama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengelolaan data real time aplikasi. Sampai saat ini, SAP telah melalui banyak inovasi dan perubahan dengan menyesuaikan kebutuhan dan juga perubahan dalam dunia bisnis. Terakhir SAP menjalani proses pembaruan dengan penambahan fitur internet dan e-business.

SAP dan isinya

SAP atau System Application and Product in data processing sendiri merupakan sebuah perangkat lunak. Sebagai perangkat lunak, SAP dapat bekerja saat dipasang di sebuah perangkat teknologi dengan spesifikasi tertentu. Penggunaannya untuk mengakomodir kebutuhan usaha atau bisnis yang semakin berubah dan kompleks kebutuhannya dari hari kehari. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, SAP terdiri dari banyak modul dengan fungsi bisnis yang menyeluruh.

 

Pada dasarnya modul-modul yang menyusun sistem SAP ini terbagi menjadi 3 bagian utama. Yakni modul finance, logistic dan juga human resources Dari tiga modul utama sistem SAP dapat dijabarkan hingga puluhan sub modul. Seperti pada finance yang terdiri dari financial accounting, controlling, treasury dan sebagainya. Pada modul logistic yang terdiri dari sales and distribution, material management dan banyak lagi. Sedangkan modul sistem SAP human resources dapat dijabarkan menjadi time management, personnel management dan lain sebagainya.

 

BACA JUGA : Keunggulan dari Sistem SAP SOLTIUS

SAP menjawab tantangan dunia bisnis Indonesia

Bisnis boleh jadi berkembang dan besar dengan sistem pengelolaan manual. Namun dengan semakin besar tantangan pasar global di masa depan, pengelolaan secara manual yang terpisah-pisah akan membuat perkembangan bisnis menjadi stagnan berjalan di tempat. Untuk itu sebuah sistem perusahan harus dibuat dalam rangka menghadapi tuntutan tersebut. SAP menjawab tantangan tersebut dengan pencapaiannya yang telah diakui dunia.

 

Indonesia sebagai negara sedang berkembang, juga tidak dapat menghindari dampak dari pengaruh pasar global. Aktivitas bisnis yang menjadi pusat ekonomi Indonesia, dituntut untuk mengikuti perkembangan global untuk dapat menjaga eksistensinya. SAP sendiri tidak ingin ketinggalan menjawab tantangan dunia bisnis di Indonesia. Terbukti dengan digandengnya partner implementasi terkemuka yang menjadikan SAP sebagai solusi bisnis masa depan.

Pentingnya SAP untuk perusahaan

Dengan sistem yang terintegrasi dan menyeluruh, penerapan SAP membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu penerapannya dalam usaha kecil dan target bisnis tidak visioner justru tidak akan maksimal dan merugikan. Namun untuk usaha dengan target visioner ke depan, penerapan SAP sangat diperlukan. Mengingat penerapan SAP ini akan mampu mengendalikan data dan informasi perusahaan secara menyeluruh dalam satu kendali yang mudah.

 

Untuk menjawab tantangan bisnis masa depan, transformasi perusahaan dengan sistem SAP akan dapat membuat perusahaan bertahan. Tidak hanya itu, kelebihan sistem SAP dengan sistemnya yang terintegrasi, memungkinkan segala data, informasi dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dikelola dengan baik. Penerapan sistem SAP juga memungkinkan peningkatan kualitas perusahaan saat masa-masa transisi menghadapi tantangan global lebih mudah diantisipasi.

Untuk itu, Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi dalam membantu penerapan dan pengembangan Produk SAP. Pelajari Lebih lanjut dengan mengklik link berikut : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/erp-sap-s-4hana-and-erp-large-enterprises

Other News

Apr 30, 2024
10 Recommended Office Software Features for the Hospitality Industry
Apr 23, 2024
Get to Know What Supply Chain Management Is for Companies