span 1 span 2 span 3

4 Fitur Penting pada HR Software yang Dapat Memaksimalkan Tugas HRD

HR Software yang digunakan oleh perusahaan dirasa sangat membantu tugas HRD atau tim personalia. Seperti kita ketahui bahwa tim personalia punya tugas yang cukup berat karena mereka harus dapat meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Karena itulah, divisi ini membutuhkan bantuan aplikasi HR untuk bisa memaksimalkan tugas dan kewajibannya. Agar penggunaan HR software semakin optimal, Anda harus memastikan bahwa di dalam software tersebut telah terdapat fitur-fitur penting yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini beberapa fitur penting dalam HR software yang dapat mengoptimalkan tugas tim personalia. 

Manajemen Kehadiran dan Waktu 

Fitur penting yang wajib dimiliki oleh HR software adalah manajemen kehadiran dan waktu. Dengan adanya fitur ini, tim personalia tidak perlu lagi mencatat kehadiran karyawan dengan menggunakan kertas atau spreadsheet. Kini, tim personalia sudah dapat mencatat kehadiran karyawan dengan menggunakan sistem kehadiran biometrik atau dengan memakai scan sidik jari. 

Kecanggihan fitur manajemen kehadiran dan waktu yang terdapat pada HR software juga dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Seperti kita ketahui kadang terdapat karyawan yang bolos kerja dan berbuat curang dengan menitipkan absen dengan cara meniru tanda tangan. Kini hal semacam itu sudah tidak bisa dilakukan lagi sejak hadirnya HR software yang dilengkapi fitur manajemen kehadiran dan waktu.

Manajemen Penggajian

Fitur manajemen penggajian adalah fitur penting yang sangat membantu tugas HRD. Dengan memanfaatkan HR software tersebut tim personalia bisa lebih mudah dalam mengelola upah, tunjangan, dan juga memudahkan pembayaran pajak. Selain itu, aplikasi ini juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penghitungan gaji. Dengan begitu, kepuasan karyawan pun akan semakin meningkat. 

Manajemen Pajak dan Asuransi

HR software harus dilengkapi dengan fitur manajemen pajak dan asuransi. Hal ini menjadi penting mengingat sekarang ini hampir semua perusahaan telah terdaftar dalam Departemen Tenaga Kerja yang berarti perusahaan harus memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak penghasilan dan juga asuransi karyawan. 

Tanpa menggunakan bantuan HR software yang telah dilengkapi fitur pajak dan asuransi, bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana repotnya menghitung begitu banyak pembayaran pajak penghasilan secara manual. Penghitungan secara manual jelas akan membuat tim personalia kerepotan karena harus mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih besar. Selain itu, penggunaan HR software juga akan meminimalisir terjadinya human error dalam penghitungan pajak tersebut. 

Klaim dan Reimbursement 

Ada kalanya perusahaan harus mengeluarkan klaim maupun reimbursement yang dilakukan karyawannya. Hal ini dilakukan saat karyawan tersebut melakukan perjalanan dinas yang memerlukan ongkos perjalanan ataupun saat karyawan membeli barang yang bisa menunjang pekerjannya. Hadirnya HR software yang dilengkapi dengan fitur klaim dan reimbursement akan sangat memudahkan pekerjaan dari tim personalia. Dengan memanfaatan software tersebut HRD bisa lebih mudah dalam memberikan persetujuan terkait dengan klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan. 

Baca Juga: 3 Software yang Bisa Memudahkan Tugas HRD

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai fitur penting yang dapat memaksimalkan tugas dari HRD. Dengan memanfaatkan software yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur penting diharapkan pekerjaan HRD atau tim personalia bisa jauh lebih ringan karena proses pengolahan data-data karyawan telah dilakukan secara otomatis dan terintegrasi dengan baik. 

Bagi Anda yang membutuhkan HR software dengan berbagai fitur pendukung yang lengkap, Anda dapat menghubungi Soltius Indonesia. Perusahaan ini siap menyediakan HR software terbaik yang dapat memksimalkan tugas HRD di perusahaan Anda. 

Other News

Sep 30, 2020
Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern
Sep 28, 2020
Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan