span 1 span 2 span 3

4 Manfaat Big Data Indonesia untuk UMKM

Masih sedikit pebisnis yang sadar akan peran big data Indonesia. Padahal di era global seperti saat ini big data ini memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis. Sedikit pemahaman dan informasi tentang big data ini lah yang menyebabkan fungsi dan manfaat big data tidak banyak diketahui. Big data sendiri adalah studi atau penelitian yang merujuk pada data yang berhasil dikumpulkan kemudian di proses demi perkembangan bisnis. Era digital seperti saat ini membuat data yang dihasilkan sudah sangat banyak. Data ini berasal dari penggunaan internet, seperti apa yang Anda sering telusuri, apa yang Anda lihat, dan apa saja yang Anda baca di internet semuanya akan terbaca kemudian menjadi kumpulan data yang bermanfaat.

Big Data untuk UMKM

Pebisnis baik menengah, kecil, maupun besar apa yang dilakukannya dalam bisnis ini akan menghasilkan data. Untuk perusahaan yang besar dan berskala internasional penggunaan big data ini sudah menjadi lumrah, bahkan menurut Forbes sebanyak 53% sudah mengadopsi big data untuk bisnisnya di tahun 2017. Beda dengan perusahaan dan bisnis kecil menengah seperti UMKM ini dimana sebagian belum sadar akan pentingnya data ini. Jarang ada divisi yang mengurus data pada UMKM ini sehingga penggunaan big data Indonesia pada UMKM sangat disarankan. Ada beberapa manfaat yang bisa UMKM dapatkan dengan mengaplikasikan big data seperti berikut ini:

1.    Profit meningkat

Manfaat yang pertama adalah akan membuat profit bisnis menjadi lebih meningkat. Selain itu masih banyak yang sedang berproses untuk meningkatkan profit tersebut. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan profit adalah dengan mengumpulkan data. UMKM bisa mulai melihat data, melihat daftar apakah produk atau jasa yang ditawarkannya memiliki penjualan tinggi atau rendah, dan lain sebagainya. Big data Indonesia ini akan membuat produk UMKM tersebut laris manis dan menjadi sebagai produk unggulan untuk bisa meningkatkan profit.

Baca Juga: Apa itu Big Data Indonesia?

2.    Biaya lebih efisien

Kelemahan yang sering didapatkan oleh UMKM adalah biaya yang dikeluarkan tidak efisien sehingga membuat pengeluaran menjadi membengkak. Kadang biaya yang dikeluarkan tersebut untuk proses bisnis yang sebenarnya tidak terlalu penting sehingga dengan adanya big data ini biaya yang dikeluarkan akan semakin efisien sehingga kebocoran dana operasional  bisa dicegah. Semua aktivitas yang tidak terlalu berdampak pada bisnis ini bisa dihilangkan atau digantikan dengan yang lebih cocok dan efisien.

3.    Performa lebih cepat

Untuk bisa berkembang menjadi lebih baik lagi UMKM membutuhkan kinerja dan performa yang lebih cepat.  Dengan pengumpulan data yang lebih cepat ini UMKM akan bisa lebih mengerti apa saja yang menjadi prioritas dan harus dilakukan oleh team. Selain itu bisa melakukan eliminasi hal atau kegiatan yang membuat kinerja lebih melambat. Team akan menjadi lebih ramping, aktivitas bisa disederhanakan, selain itu sumber daya pada UMKM akan bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Team pun bisa lebih happy karena bisa melakukan pekerjaan lebih maksimal, waktu lebih bisa dihemat, dan juga proses bisnis menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Penggunaan Big Data Indonesia untuk Bisnis

4.    Loyalitas meningkat

Hanya dalam waktu singkat saja UMKM akan bisa mendapatkan feedback dari produk atau jasa yang ditawarkannya. Kumpulan feedback tersebut akan menguntungkan bagi UMKM sehingga akan meningkatkan user experience. UMKM akan bisa dengan mudah menilai perilaku si konsumen, selain itu bisa menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen seperti memberikan hadiah atau kupon khusus dengan syarat dan ketentuan berlaku. Big data ini juga terbukti bisa menghilangkan berbagai macam hambatan yang muncul dari konsumen sehingga komplain atau memberikan penilaian buruk akan bisa terselesaikan dengan baik.

Demikianlah manfaat big data Indonesia untuk UMKM yang menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan