span 1 span 2 span 3

Penggunaan Big Data Indonesia untuk Bisnis

Penggunaan Big Data Indonesia untuk Bisnis

Big data Indonesia tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Big data ini sering jadi perbincangan hangat di kalangan pebisnis. Big data sendiri merupakan kumpulan data yang besar dan kompleks dimana sumbernya adalah data baru. Set data ini akan sangat banyak sehingga software pemrosesan data tradisional tidak akan bisa mengelolanya kembali. Namun sejumlah data yang besar ini bisa digunakan sebagai penanganan bisnis yang sebelumnya tidak bisa untuk ditangani. Secara mudahnya adalah big data adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai macam sumber untuk bisa membuat keputusan yang lebih baik. 

Penggunaan Big Data

Ada beberapa kegunaan big data Indonesia yang sangat bermanfaat untuk bisnis. Dimana dengan teknologi big data ini perusahaan akan bisa berkembang jauh lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Berikut ini adalah kegunaan big data dalam bisnis yang wajib untuk Anda ketahui:

1.Mengenali pelanggan lebih baik

Kegunaan yang pertama adalah mampu mengenal pelanggan lebih baik.  Perusahaan yang menggunakan big data akan mampu mengerti pilihan pelanggan dengan baik serta bisa memutuskan produk mana yang perlu dilakukan perbaikan atau peningkatan. Banyak perusahaan yang berfikir bahwa mereka sudah mengenal pelanggan mereka dengan baik namun big data ini akan menunjukkan tentang apa yang sebenarnya pelanggan mau. 

Baca Juga: Apa itu Big Data Indonesia?

Big data juga akan membantu perusahaan Anda untuk mengetahui siapa saja yang telah membeli produk Anda sehingga segmentasi ke depannya akan lebih mudah dilakukan. Pengumpulan informasi pelanggan dan juga pengalamannya jauh lebih mudah dilakukan karena menggunakan berbagai macam sumber dimana informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

2.Strategi marketing yang efektif

Perusahaan yang menggunakan big data ini bisa membuat keputusan marketing yang jauh lebih baik. Dengan big data ini Anda akan tahu golongan masyarakat seperti apa yang merespons strategi marketing yang telah perusahaan Anda jalankan.  Dengan hal tersebut akan diketahui secara tepat dan mendetail tentang pembeli tersebut mulai dari umur, suku, lokasi, gender, dan lain sebagainya.  Jika informasi tersebut di analisa dengan benar akan membuat perusahaan Anda mampu menyampaikan pesan yang tepat kepada masyarakat agar mereka mau membeli produk Anda. Big data ini tidak hanya krusial namun juga mampu melakukan revolusi secara menyeluruh.

Baca Juga: Mengenal Big Data Indonesia Lebih Dekat

3.Memanfaatkan sosial media lebih maksimal

Big data Indonesia ini akan mampu melakukan identifikasi jika ada yang menyebutkan nama produk perusahaan di internet, khususnya di sosial media. Big data juga mampu menemukan pengalaman positif maupun komplain kemudian menganalisa data yang tidak terstruktur tersebut untuk mencari informasi berharga yang bisa digunakan perusahaan Anda untuk pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Perusahaan Anda akan bisa mengambil keuntungan dari Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.  Dengan mengenal pelanggan lebih baik dan mengetahui bagaimana mereka berinteraksi di platform media sosial yang berbeda, perusahaan Anda akan bisa menemukan cara yang lebih efektif dalam menyampaikan pesan sehingga memungkinkan terjadinya penjualan.

Tantangan

Meski big data Indonesia ini menawarkan kemudahan, bukan berarti tanpa tantangan dalam penggunaannya. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah perusahaan hanya menggunakan data tanpa melibatkan tangan manusia. Untuk bisa menggunakan data tersebut yang baik dan benar, diperlukan tangan profesional dalam mempelajarinya. Yang perlu di ingat adalah big data ini memiliki jumlah yang besar meski ada tools yang bisa membantu Anda dalam penyimpanan data, namun volume ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu masih banyak organisasi atau perusahaan yang kesulitan dalam penampungan data.

Demikianlah beberapa informasi tentang big data Indonesia yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan