span 1 span 2 span 3

3 Cara Kerja Big Data Indonesia untuk Mencari SDM Terbaik

3 Cara Kerja Big Data Indonesia untuk Mencari SDM Terbaik

Big Data Indonesia - Big Data adalah sebuah maha data karena ukurannya sangat besar dan jenisnya beragam tidak hanya yang terstruktur namun juga yang tidak terstruktur. Jika selama ini pebisnis hanya memanfaatkan data yang terstruktur untuk dilakukan analisis namun tidak dengan Big Data ini karena justru data yang tidak terstruktur akan dikumpulkan kemudian di analisis dan dijadikan sebagai strategi bisnis yang baru. Muncul di tahun 2012, kini Big Data dipercaya telah mempengaruhi secara kolektif para pelaku bisnis di bidang yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang hubungan Big Data dengan bagian Sumber Daya Manusia atau yang disebut dengan SDM. SDM menjadi hal yang penting bagi bisnis dimana jika SDM kurang berkualitas maka operasional bisnis tidak bisa berjalan dengan baik. Dengan menggunakan Big Data Indonesia ini Anda akan bisa mendapatkan kandidat terbaik. Berikut ini adalah cara Big Data membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan SDM atau karyawan terbaik:

 

Menemukan

Hal pertama yang akan dilakukan oleh Big Data ini adalah menemukan. Tidak ada manusia yang sempurna begitu pula dengan kemampuannya. Tidak ada manusia yang bisa melakukan semua hal dengan baik. Namun biasanya kandidat yang memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Anda ini tidak hanya satu atau dua saja sehingga mengharuskan Anda untuk bisa memilah mana orang yang paling tepat untuk bisa mengisi posisi tersebut. Di sini Big Data akan menentukan sumber mana yang bisa mendatangkan kandidat dengan keahlian baik, sumber mana yang kurang berprestasi, mana karyawan yang bisa dipertahankan lebih lama, dan masih banyak lagi lainnya. Big Data akan menginformasikan kepada Anda tentang hal tersebut dan membuat recruitment Anda menjadi lebih efektif.

 

Kata Kunci dan Ekspektasi

Peran Big Data Indonesia selanjutnya adalah mendapatkan kata kunci dan juga ekspektasi. Big Data akan membantu tim untuk bisa mengetahui kata kunci yang tepat agar bisa menarik kandidat yang terbaik. Langkah sederhana ini akan bisa membantu proses recruitment dan bisa memberikan perbedaan besar di dalam retensi karyawan. Ketika kata kunci yang tepat bisa berhasil menarik kandidat maka ekspektasi Anda akan bisa diatur sejak awal sehingga kepuasan kerja menjadi lebih tinggi.

 

Identifikasi Pertumbuhan Seseorang

Analytic yang dimiliki oleh Big Data ini akan bisa membantu Anda untuk melakukan identifikasi mana seseorang yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan berhak untuk mendapatkan pelatihan yang lebih lanjut untuk bisa masuk ke level karier selanjutnya. Dengan memberdayakan karyawan agar bisa tumbuh secara personal ini akan membuat perusahaan bisa tumbuh dengan pesat bersamaan dengan tumbuhnya potensi karyawan-karyawan Anda tersebut yang mana membuat perusahaan lebih solid.

 

Daftar Pertanyaan

Agar bisa mendapatkan kandidat yang tepat Big Data Indonesia akan membantu Anda dalam membuat pertanyaan dan juga parameter kelolosan. Setiap prose recruitment pasti akan ada sesi pertanyaan, dengan Big Data ini Anda akan bisa membuat pertanyaan yang lebih efektif. Pertanyaan efektif yang dipilih tersebut akan mampu memberikan Anda calon karyawan yang tepat dan kandidat mana yang memiliki potensi untuk bisa mengembangkan perusahaan bisnis menjadi lebih besar lagi. Big Data ini juga akan membantu Anda menentukan parameter siapa saja yang akan lolos ke tahap wawancara selanjutnya.

Data yang tidak dikenakan aksi dan tidak dimanfaatkan hanya akan menjadi sampah berbeda jika Big Data sudah memanfaatkannya. Meski Big Data Indonesia bisa bermanfaat bagi perusahaan Anda namun harus ada SDM atau jasa profesional di dalamnya agar bisa memperoleh data benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...