span 1 span 2 span 3

Fungsi Big Data Indonesia dalam Bisnis Ritel

Fungsi Big Data Indonesia dalam Bisnis Ritel

Big data Indonesia – Dunia sedang membicarakan big data beberapa tahun terakhir ini, sehingga bisa dipastikan bahwa masyarakat sudah pernah mendengar soal big data ini Sayangnya tidak semua orang tahu apa itu big data dan manfaatnya seperti apa.  Padahal big data ini telah meninggalkan jejaknya pada setiap industri termasuk pelayanan kesehatan, periklanan, marketing, retail, telekomunikasi, dan juga asuransi. Dengan menggunakan big data ini perusahaan akan bisa mengetahui siapa saja pelanggannya dengan baik, perusahaan juga bisa mengetahui siapa yang telah membeli produknya dan digunakan untuk apa produk yang dibelinya tersebut.

Setelah ada big data perusahaan lebih banyak mengetahui soal pelanggan dibandingkan dengan sebelumnya. Semua data perusahaan akan dikumpulkan melalui toko online yang mereka miliki, melalui riwayat pembelian, dan lain sebagainya sehingga operasional perusahaan bisa lebih ditingkatkan.

 

Big Data Indonesia dan Bisnis Ritel

Big data sangat erat hubungannya dengan bisnis dimana bisa dimanfaatkan untuk mengoperasionalkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Salah satu bisnis yang bisa memanfaatkan big data ini adalah Ritel. Ritel merupakan satu atau lebih aktivitas yang bisa membawa nilai produk dan jasa kepada konsumen baik itu untuk kebutuhan keluarga atau keperluan pribadi. Dunia ritel ini sangat menarik karena memerlukan ketelitian bahkan ada slogan yang mengatakan retail is detail. Slogan ini menjadi penanda bahwa Anda yang ingin menggeluti bisnis dalam bidan ritel haruslah mau bekerja keras, kreatif, serta detail dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Bahkan barang dan jasa yang masyarakat nikmati saat ini tidak terlepas dari jasa ritel yang mampu membantu produsen dan konsumen agar kebutuhan keduanya dapat terpenuhi.

Karena sangat teliti maka bisnis ritel perlu mengadaptasi teknologi dalam melakukan operasional terlebih lagi saat ini adalah era digital siapa yang tidak bisa berteman dan memanfaatkan teknologi akan menjadi tertinggal. Selain itu big data Indonesia juga harus dikombinasikan dengan strategi bisnis yang bagus agar bisa berkembang seperti dengan keinginan. Ada dua macam fungsi big data yang bisa bisnis ritel manfaatkan seperti berikut ini:

 

  1. Big data sebagai pengenal pelanggan lebih baik

Untuk meningkatkan performa bisnis penting untuk mengenali pelanggan dengan baik. Tanpa mengenali pelanggan dengan baik akan menyebabkan bisnis tidak mengalami perubahan yang berarti. Dengan big data ini pebisnis bisa memutuskan produk mana yang memerlukan perbaikan. Banyak perusahaan yang berpikir bahwa sudah bisa mengetahui pelanggan mereka dengan baik padahal kenyataannya tidak begitu. Masih banyak perusahaan ritel yang belum mengetahui tindakan dan cara pikir mayoritas pelanggannya namun dengan menggunakan big data ini bisa menunjukkan apa yang para pelanggan benar-benar lakukan. Lebih singkatnya perusahaan bisnis tidak memiliki batasan untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan pelanggannya.

 

  1. Pembuat strategi marketing yang lebih efektif

Fungsi big data Indonesia dalam bisnis ritel yang terakhir adalah membuat strategi marketing yang lebih efektif sehingga keputusan marketing bisa menjadi lebih baik. Seperti yang sudah diketahui bahwa bisnis ritel ini memiliki persaingan yang ketat mengingat bisnis ini akan terus dibutuhkan selama manusia ini masih ada di atas muka bumi, sehingga marketing yang tepat ini sangat diperlukan.  Marketing yang tidak sukses atau berhasil dikarenakan tidak tepat sasaran dan dengan menggunakan big data ini hal tersebut bisa dicegah. Alasannya karena big data bisa membuat marketing lebih tepat sasaran dimana dibedakan berdasarkan dengan umur pelanggan, suku, lokasi, tingkat kebutuhan, barang yang banyak dibeli, dan lain sebagainya.

Sayangnya bisnis ritel masih dalam tahap eksplorasi dalam mengadopsi teknologi big data Indonesia ini, masih ada yang belum menemukan cara pas dalam pengimplementasian big data ini sehingga hasilnya belum benar-benar maksimal.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan