span 1 span 2 span 3

4 Kegunaan Big Data Indonesia dalam Bisnis Ritel

4 Kegunaan Big Data Indonesia dalam Bisnis Ritel

Big Data Indonesia - Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa bisnis adalah instrumen investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang dimana bisa diwariskan dan diturunkan ke generasi mendatang. Namun untuk mempertahankan performa bisnis atau meningkatkannya tidak mudah dimana Anda harus memiliki kemampuan yang bagus. Persaingan dan arus bisnis sangat berkembang dengan pesat sehingga siapa yang tidak menemukan cara untuk bertahan dan berkembang akan terbawa oleh arus tersebut.

Salah satu cara yang bisa menjadi cara peningkat potensi bisnis yang efektif Anda bisa menggunakan big data indonesia. Sebenarnya big data ini hanya sebuah istilah yang mana digunakan sebagai deskripsi data set yang mana sifatnya sangat besar berhubungan dengan structured, semi-structured, dan juga yang tidak terstruktur. Big data ada 3 macam yaitu Volume, Velocity, dan Variety.

 

Kegunaan Big Data Dalam Bisnis Ritel

Setelah sebelumnya dibahas tentang fungsi big data indonesia untuk bisnis ritel, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang kegunaan atau manfaat big data untuk bisnis ritel tersebut. Ritel merupakan bisnis yang membutuhkan ketelitian, selain itu banyak proses bisnis yang harus dijalani di dalamnya sehingga tidak teliti sedikit saja membuat operasionalnya tidak maksimal. Selain itu ritel membutuhkan data yang besar dimana tidak hanya untuk menyimpan data barang yang dimilikinya saja namun juga menyimpan data pelanggan, riwayat pembelian pelanggan, bahkan kebiasaan pelanggan yang berbelanja. Melihat hal tersebut maka bisnis ritel ini membutuhkan penyimpanan data yang besar.  Berikut ini adalah kegunaan big data dalam bisnis ritel yang penting untuk diketahui:

 

  1. Bisnis lebih berpusat kepada pelanggan

Kegunaan big data pertama adalah membuat bisnis berpusat kepada pelanggan. Pelanggan adalah jantung bisnis tanpa ada pelanggan maka jantung bisnis akan terhenti. Pelanggan itu majemuk artinya pebisnis harus mampu mempelajari tentang semua pelanggan yang ada, mengumpulkan data pribadi pelanggan, dan lain sebagainya. Prevalensi dari berbagai saluran akan meningkatkan upaya pemasaran dan mengamankan penjualan, dengan begitu pebisnis bisa mempelajari pelanggan di seluruh saluran penjualan dan menciptakan pengalaman yang mampu mendorong kesetiaan pelanggan.

 

  1. Pengoptimal rantai pasokan

Big data akan mampu membantu tugas manajemen dan tidak hanya menjamin kepuasan pelanggan saja. Manajemen yang diperlukan dalam bisnis ritel adalah analisis stok yang tepat dimana bertujuan menghindari kelebihan pasokan dan memastikan bahwa bisnis memiliki barang terlaris yang tersedia dengan cukup. Big data mampu melakukan analisis prediktif dalam mempertimbangkan tren, musim, dan berbagai macam faktor penting yang lainnya.

 

  1. Perencanaan yang lebuh strategis

Bisnis tanpa perencanaan akan membuat operasionalnya menjadi tak terarah. Dengan penggunaan big data bisnis ritel akan mampu membuat rencana di dalam jangka panjang dengan melihat pola pembelian. Bisnis ritel ini juga bisa membuat model penetapan harga yang lebih tepat. Promosi dinamis dan penjualan yang strategis terhadap produk-produk yang kurang diinginkan akan bisa meningkatkan pendapatan dan juga margin laba lebih pesat. Misalnya saja adalah melakukan promosi suatu produk yang berbeda di masing-masing outlet, dengan big data pebisnis akan tahu perilaku konsumen pada masing-masing outlet tersebut sehingga daya saing maupun retensi pelanggan juga akan meningkat.

 

  1. Penghemat biaya

Kegunaan big data yang belum banyak diketahui adalah penghemat biaya. Untuk mengolah dan memproses data yang besar ini membutuhkan biaya yang besar. Namun dengan menerapkan analisis big data biaya bisa diminimalkan karena rekayasa ulang proses bisnis yang dilakukan big data akan mampu mengotomatisasi beberapa aliran dan membebaskan lebih banyak waktu untuk fokus terhadap inti pekerjaan yang berulang.

Demikianlah kegunaan big data indonesia dalam bisnis ritel yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...