span 1 span 2 span 3

Mengenal Big Data Indonesia Lebih Dekat

Mengenal Big Data Indonesia Lebih Dekat

Big data Indonesia semakin menguntungkan bagi bisnis. Big data di gadang-gadang menjadi salah satu fondasi bisnis yang penting terutama di zaman modern dan di era teknologi seperti saat ini. Menurut pakar, big data ini memiliki makan segala himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan terstruktur sehingga sulit untuk dikelola dengan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional. Karakter big data sendiri adalah pertumbuhan data yang eksponensial dan juga penambahan informasi yang memiliki kecepatan tinggi, serta memiliki data yang tidak bervariasi. Hal ini akan menghadirkan tantangan baru dalam pengolahan data tersebut.

Ciri Big Data

Ada beberapa ciri big data Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui. Ciri yang pertama adalah volume dimana big data ini akan memiliki jumlah data yang besar sehingga saat proses pengolahan datanya membutuhkan penyimpanan data yang besar pula. Ciri big data selanjutnya adalah velocity artinya adalah big data memiliki aliran data yang cepat dan sifatnya adalah real time. Ciri yang terakhir adalah variety dimana big data ini akan membentuk format yang beragam kadang terstruktur dan jug tergantung pada banyaknya sumber data. Contoh yang sering dikumpulkan dalam big data adalah lalu lintas protokol internet, akun pengguna internet, data transaksi perbankan, data transaksi penjualan, data pergerakan GPS, rekaman kamera, aktivitas pengguna sosial media, data video, data gambar, data audio, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Apa itu Big Data Indonesia?

Big Data dan Bisnis

Sebenarnya big data ini sangat bermanfaat bagi bisnis, sayangnya masih sedikit perusahaan bisnis yang mengimplementasikannya. Seiring dengan perkembangan teknologi pemrosesan data akan memberikan solusi bagi bisnis dalam melakukan analisis big data secara real time. Hasil analisis ini akan membantu perusahaan untuk bisa memanfaatkan data dan juga menggunakannya untuk identifikasi peluang baru yang bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Potensi penggunaan big data untuk kemajuan bisnis ini tanpa batas. Hasil analisis big data ini juga bisa digunakan untuk bisa menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi, dan juga mampu mendorong bisnis untuk bisa bersaing secara kompetitif. Potensi dari big data Indonesia ini patut dipertimbangkan karena mampu menghadirkan perspektif dan juga peluang baru dari sejumlah besar data yang mana selama ini digunakan untuk pemrosesan data berbasis konvensional.

Contoh sukses dari penggunaan big data adalah mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terhadap perilaku konsumen terutama bagi aktivitas pemasaran atau marketing. Dengan teknologi pemantauan digital tersebut data dari demografi audiens, kebiasaan, dan juga preferensi akan bisa mendeteksi perilaku konsumen bahkan sampai dengan pasca transaksi. Di perbankan Indonesia big data juga digunakan untuk mengidentifikasi perilaku nasabahnya misalnya melakukan analisis risiko kredit, mengerti behavior dari nasabah, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Big Data Indonesia dan Manfaatnya Untuk Bisnis 2019

Tidak hanya untuk memahami nasabah, namun kehadiran big data Indonesia ini juga akan membantu produsen dalam memilih kanal yang tepat untuk bisa menjangkau para konsumen, Hal itu dikarenakan evolusi di alam teknologi komunikasi tersebut akan mampu menghadirkan berbagai macam kanal yang bisa meraih perhatian pasar dan juga konsumen. Hasil analisis big data akan mampu menunjukkan apa yang selama ini perusahaan alami dan apa saja yang menjadi solusinya.

Perusahaan yang menggunakan big data Indonesia ini akan berhasil memasang iklan yang lebih baik dan lebih tepat sasaran karena disesuaikan dengan selera maupun keinginan konsumen, sehingga bisa dipastikan jika peran big data terhadap bisnis ini sangat besar dan luas sekali dimana membuat bisnis bisa bergerak lebih cepat dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan