span 1 span 2 span 3

5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit

HR Software Indonesia ini sangat membantu kinerja HRD. Seperti yang banyak diketahui bahwa HRD ini memegang peranan paling penting di perusahaan karena berhubungan langsung dengan karyawan, sedangkan karyawan adalah SDM perusahaan yang berfungsi sebagai penggerak roda bisnis. Berkualitas atau tidaknya SDM yang dimiliki oleh perusahaan ini sangat tergantung dengan HRD tersebut. Oleh sebab itu jika operasional di departemen HRD ini masih manual hasilnya tidak akan pernah maksimal. 

Di era yang semakin canggih dan modern ini dibutuhkan proses otomatis sehingga operasional akan lebih cepat dan akurat. Terlebih lagi jika perusahaan bisnis Anda ini memiliki banyak karyawan yang mana tidak bisa di monitoring satu per satu. Agar bisa mendapatkan HR Software Indonesia yang tepat ada beberapa tips memilih yang penting untuk Anda perhatikan seperti berikut ini:

Budget

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan adalah budget. Jangan pernah memaksakan untuk menggunakan HR dengan fitur yang lengkap jika memang budget perusahaan Anda tidak bisa mencukupinya, pilih software yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga sesuai dengan financial bisnis. Meski begitu untuk menentukan budget yang tepat ini sangat tergantung dengan klasifikasi perusahaannya. Misalnya saja adalah budget penggunaan HR Software Indonesia untuk perusahaan dengan karyawan 50 dengan karyawan 100 tentu akan berbeda. Oleh sebab itu memahami budget dan skala perusahaan terlebih dahulu ini akan sanat penting.

Pengalaman dan Reputasi

Tips memilih HR software selanjutnya adalah pilih yang berpengalaman dan memiliki reputasi bagus. Anda bisa membandingkan penawaran yang ditawarkan oleh vendor dengan testimoni perusahaan lain yang pernah menggunakan HR software tersebut. Apakah banyak yang puas dengan software yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut atau tidak. Tingkat kepuasan perusahaan ini menjadi acuan tentang reputasi dan juga pengalaman vendor. Pastikan pula jika vendor tersebut sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dalam software ini.

Fitur

Setiap software HR ini memiliki fitur masing-masing sehingga pastikan jika fitur yang Anda pilih pas dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk memastikan software tersebut benar-benar cocok untuk bisnis Anda mintalah demo dan juga melihat langsung simulasi dari penggunaan software HR tersebut.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Penerapan HR software Indonesia Jenis HRIS

Keamanan

Software HR ini mampu menyimpan banyak data secara aman yang berhubungan dengan informasi tentang karyawan dan juga perusahaan dimana sifatnya adalah rahasia. Data adalah asset yang sangat penting jangan sampai data tersebut bocor ke pihak kompetitor bisnis Anda.

Fleksibilitas

Tips yang terakhir adalah pastikan jika HR software Indonesia tersebut mampu di implementasikan ke komputer kantor sesuai dengan spesifikasi yang ada. Jika Anda membutuhkan fleksibilitas pastikan untuk memilih HR software berbasis cloud yang bisa di akses melalui perangkat yang tersambung dengan komputer. Anda juga bisa mengakses software kapan pun dan dimana pun.

Fitur Favorit Perusahaan

Fitur ini sangat penting untuk perusahaan Anda karena berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Ada beberapa fitur favorit yang sering menjadi andalan perusahaan. Fitur favorit yang pertama adalah online chat dimana dengan fitur ini antar karyawan atau antar departemen bisa berkomunikasi dengan mudah misalnya saja adalah seorang manajer yang memberikan umpan balik ke karyawan, dan lain sebagainya.  

Baca Juga: 5 Manfaat HR Software Indonesia untuk Perusahaan Bisnis

Fitur favorit selanjutnya adalah laporan secara berkala. Perusahaan juga akan bisa membuat laporan lebih mudah dan akurat dimana dengan laporan tersebut perusahaan Anda akan bisa mengambil keputusan lebih cepat dan tepat. Fitur yang terakhir adalah database karyawan yang memungkinkan bagi perusahan Anda untuk menyimpan data karyawan lebih mudah, selain itu Anda mudah untuk mengubah atau menambah data karyawan sehingga lebih efektif dan juga efisien.

Demikianlah tips memilih HR software Indonesia dan beberapa fitur yang menjadi favorit perusahaan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Other News

Sep 2, 2020
Bagaimana Proses CRM dapat Berhasil Diterapkan dalam Bisnis?
Sep 1, 2020
4 Fitur Penting pada HR Software yang Dapat Memaksimalkan Tugas HRD