span 1 span 2 span 3

Pengertian, Manfaat, dan Penerapan HR software Indonesia Jenis HRIS

Pengertian, Manfaat, dan Penerapan HR software Indonesia Jenis HRIS

HR software Indonesia ini sangat penting untuk bisnis. Sayangnya masih sedikit yang menyadari peran dan manfaat software satu ini. Dalam bisnis, tidak hanya bagian keuangan saja yang membutuhkan sistem yang lebih otomatis namun HR pun juga mengingat banyak sekali tugas dan proses yang harus diselesaikannya dengan cepat dan tepat.  HR ini berhubungan dengan sumber daya manusia yang mana sangat bermanfaat untuk perusahaan. 
Kualitas perusahaan ini sangat tergantung dengan sumber daya yang dimiliki. Jika sumber daya berkualitas maka perusahaan akan bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya begitu pula sebaliknya. Tugas HR yang berat ini bisa disederhanakan dengan menggunakan HR software Indonesia.  Salah satu jenis HR Software yang banyak digunakan adalah HRIS.

Pengertian

HRIS merupakan singkatan dari Human Resources Information System. Dengan HRIS ini manajer HR akan bisa mengelola dan juga mengakses berbagai macam informasi tentang SDM dengan baik dan cepat. HRIS akan membantu manager mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan SDM, sistem penggajian, data pegawai, kinerja pegawai, dan juga informasi yang berhubungan dengan payroll sampai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan. HRIS dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan dan dengan adanya sistem ini perusahaan akan lebih mudah berbagai informasi yang bisa menunjang performa perusahaan menjadi lebih baik lagi. 

Manfaat HRIS

Ada banyak manfaat yang perusahaan dapatkan dengan menggunakan HRIS seperti berikut ini:

1.    Meningkatkan produktivitas

Manfaat pertama adalah meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HRIS memang dirancang untuk bisa mempercepat berbagai macam proses administrasi dan juga pekerjaan HR. Misalnya saja adalah HRIS ini akan memudahkan perusahaan Anda dalam mengumpulkan CV dan juga memeriksa informasi kandidat dalam proses perekrutan. HRIS ini juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas manajemen keuangan sama seperti payroll. Dengan menggunakan HRIS ini mudah bagi Anda untuk mempersingkat dan juga memudahkan proses pengerjaan tugas HR sehingga tidak akan memakan banyak waktu maupun tenaga.

2.    Mengurangi human error

HR software Indonesia jenis HRIS ini akan membantu Anda dalam mengurangi kesalahan-kesalahan kecil yang sering dilakukan oleh HR.  Banyak kepentingan HR yang berhubungan dengan regulasi pemerintah sehingga jika ada kesalahan kecil saja perusahaan atau bisnis Anda harus siap-siap berhadapan dengan hukum yang berakibat fatal.

Baca Juga: Mengenal HR Software Indonesia yang Bermanfaat untuk Membantu Fungsi HRD

3.    Menganalisa performa

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan HR Software Indonesia jenis HRIS adalah mampu menganalisa performa perusahaan Anda karena dilengkapi dengan berbagai macam metrik yang berhubungan dengan banyak aspek pendukung pengambilan keputusan.   Sebagai contohnya adalah HR ini memiliki tanggung jawab menganalisa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses perekrutan perusahaan. Hasil perhitungan tersebut akan bisa Anda gunakan sebagai pembuat keputusan bisnis yang sangat penting untuk mengembangkan strategi dalam mencapai tujuan perusahaan. Bekat HRIS ini, HR akan bisa mengumpulkan berbagai macam data yang dibutuhkan dalam waktu singkat kemudian bisa di analisis.

Penerapan HRIS

HRIS ini sangat bermanfaat dan membantu berbagai macam pekerjaan HRD.  Semua pekerjaan yang di lakukan dengan cara manual akan bisa dilakukan secara otomatis sehingga redundansi data bisa dihilangkan, selain itu lebih menghemat tenaga dan juga waktu. HRIS bisa diterapkan dalam manajemen absensi dan juga kehadiran. Data kehadiran karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan karena perusahaan bisa mengetahui seberapa besar gaji yang akan dibayarkan kepada mereka. 

Penerapan HRIS ini juga ada pada cuti dan juga izin dimana bisa lebih mudah karena melalui aplikasi, karyawan akan bisa langsung mengajukan cuti dan izin tanpa harus menggunakan formulir terlebih dahulu. Penerapan HRIS lainnya di perusahaan adalah multi shift, skema lembur, dan yang terakhir adalah BPJS, penggajian, dan PPH 21.

Dengan menggunakan HR software Indonesia jenis HRIS performa HR akan menjadi lebih maksimal sehingga sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan semakin berkualitas dibandingkan dengan sebelumnya.
 

Artikel Lainnya: 5 Manfaat HR Software Indonesia untuk Perusahaan Bisnis

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan