span 1 span 2 span 3

Mengenal HR Software Indonesia untuk Membantu Tugas HRD

Mengenal HR Software Indonesia untuk Membantu Tugas HRD

HR software Indonesia ini sangat diperlukan untuk mengefisiensikan kinerja dan performa HRD. Semakin berkembangnya perusahaan tentu akan membuat karyawan yang dibutuhkan semakin banyak. Jika karyawan tidak bisa di manajemen dengan baik akan membuat performa perusahaan menjadi menurun. Karyawan adalah penggerak roda bisnis sehingga jika ada masalah dengan roda tersebut tentunya jalan atau laju perusahaan menjadi tidak lancar dan bermasalah.

Pengertian HR Software sendiri adalah sistem yang pada dasarnya digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengatur dan juga mengelola data informasi karyawan. Sistem pada HR Software tersebut akan mendukung fungsi atau pekerjaan HR sehingga tugas dari HRD akan bisa dirampingkan dan diminimalkan. Selain itu HR software ini juga digunakan untuk merencanakan berbagai macam proses kerja yang lebih baik, mengambil keputusan secara cepat dan tepat, dan lain sebagainya.

Jenis HR Software Indonesia Terbaik

Ada beberapa jenis HR software Indonesia dengan berbagai macam fungsi yang berbeda yang bisa Anda gunakan. Ada HR software yang bisa mengerjakan hampir semua fungsi dari HRD, namun ada pula yang hanya mencakup satu atau dua fungsi saja. Beberapa jenis HR software yang bisa Anda gunakan adalah HRIS atau kepanjangan dari Human Resources Information System, HRMS atau Human Resources Management Systems, HCM singkatan dari Human Capital Management, ATS atau Applicant Tracking Systems, dan yang terakhir adalah payroll software yang akan membantu Anda dalam proses penggajian. 

 

Baca Juga: Manfaat HR Software Indonesia untuk Performa Perusahaan Lebih Baik

 

Fitur dan Fungsi HR Software

Banyaknya jenis HR software Indonesia tersebut membuat Anda harus selektif agar bisa menentukan jenis HR yang benar-benar tepat untuk perusahaan. Ada baiknya jika Anda tahu fitur apa saja yang perusahaan Anda butuhkan. Beberapa fitur yang ada pada HR software adalah database yang berisi informasi karyawan, sistem penggajian atau payroll, sistem tracking untuk pengguna, fungsi recruitment, manajemen performa, social HR feeds, manajemen benefit untuk karyawan, reporting, dukungan untuk pengolahan data, manajemen siklus karier karyawan, pengaturan pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya tidak semua fitur tersebut dibutuhkan oleh perusahan sehingga penting bagi Anda untuk menentukan fitur apa saja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Fitur yang akan Anda dapatkan ini beragam dimana akan disesuaikan dengan jenis HR software yang akan Anda pilih.  Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari software ini sangat tergantung dengan jenis HR software yang Anda pilih. Manfaat utama yang bisa perusahaan dapatkan dengan menggunakan software ini adalah memangkas waktu dan juga mengurangi tingkat kesalahan yang biasanya terjadi pada proses administrasi. Jika selama ini waktu HRD habis pada saat proses administrasi maka hal ini tidak akan terjadi lagi jika mengaplikasikan software ini di perusahaan Anda. Tingkat kesalahan dalam waktu entry data bisa diminimalisir, selain itu lebih hemat biaya karena mengurangi penggunaan kertas, klip, tinta, dan berbagai macam hal lainnya.
Menemukan Kandidat yang Tepat dengan HR Software

 

Baca Juga: 5 Fitur HR Software Indonesia Paling Favorit

 

Jika selama ini perusahaan Anda sering mengalami pergantian karyawan yang terlalu sering maka Anda bisa menggunakan HR software Indonesia untuk mendapatkan kandidat yang loyal dan juga tepat. Seperti yang diketahui bahwa HR software ini memiliki fitur untuk recruitment sehingga perusahaan Anda akan bisa mendapatkan kandidat yang berkualitas. Sistem pada HR software ini juga akan terintegrasi dengan website dan juga akun sosial media penyedia informasi lowongan kerja sehingga akan banyak kandidat yang mengetahui dan tertarik dengan informasi lowongan kerja di perusahaan Anda.

HR software Indonesia ini akan membantu dan mengubah cara kerja perusahaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga penting bagi Anda untuk memilih jasa vendor yang terpercaya agar software tersebut bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan harapan.
 

 

Artikel Menarik Lainnya: 5 Alasan HR Software Indonesia Dibutuhkan oleh Perusahaan Menengah

Other News

Nov 12, 2021
Gunakan SAP Sistem Operasi Terintegrasi untuk Operasional Bisnis yang Efektif
Jan 6, 2021
Keunggulan Accounting Software Indonesia dan Rekomendasinya