span 1 span 2 span 3

5 Tips Memilih Software ERP Indonesia Terbaik

Software ERP Indonesia Terbaik - Enterprises Resource Planning atau yang lebih akrab disebut dengan software ERP adalah sebuah aplikasi manajemen yang berperan dalam mengelola bisnis secara terintegrasi. Dan di masa sekarang, semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan ERP untuk membantu proses integrasi dalam sistem informasi perusahaan.

Tapi dalam memilih software ERP pun harus memperhitungkan beberapa kriteria, seperti misalnya dari segi spesifikasi, fungsional, hingga biaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang membutuhk software ERP Indonesia terbaik, sebaiknya simak dulu beberapa tips di bawah ini.

Selection Methodology

Sebelum menentukan software ERP terbaik untuk perusahaan Anda, sebaiknya lakukan metodologi seleksi secara sederhana. Proses seleksi bisa dilakukan secara fokus dan simpel dalam waktu kurang dari 6 bulan hingga menemukan ERP terbaik. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan sebagai proses seleksi diantaranya adalah analisa sumber daya manusia, analisa strategi bisnis, analisa software, dan analisa infrastruktur.

Setelah memperhitungkan beberapa hal tersebut, maka akan terlihat spesifikasi ERP seperti apa yang Anda butuhkan. Karena pada dasarnya tidak semua ERP cocok untuk segala perusahaan. Terlebih sekarang sudah semakin banyak vendor yang menyediakan ERP dengan berbagai tujuan.

Lisensi ERP

Setiap software ERP dari berbagai vendor memiliki lisensi yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan lisensi tak terbatas sehingga membuat biaya lisensi menjadi lebih murah. Jadi sebaiknya Anda ketahui seperti apa lisensi yang diberikan oleh software tersebut. Jangan ragu untuk mencari tahu lebih dalam agar nantinya Anda bisa mendapat ERP yang tidak hanya terjangkau, namun juga bisa memenuhi segala kebutuhan.

BACA JUGA : Ini Dia Software ERP Indonesia Soltius.

Tingkat Kesulitan ERP

Bagi beberapa perusahaan yang masih merintis, sebaiknya memilih ERP yang mudah digunakan. Sekarang ini memang sudah ada banyak sekali software ERP yang tersedia dan semuanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing dalam hal pengoperasiannya.

Jika Anda mau, pilihlah ERP yang lengkap, yaitu meliputi akuntansi, aset, inventaris, warehouse, finance, hinga penjualan dan pembelian. Namun tetap perhitungkan tingkat kesederhanaan dalam pengoperasiannya agar Anda bisa memaksimalkan setiap potensi yang ada dengan lebih efisien.

Teknologi dan Fitur

Sebagai perusahaan yang bergerak untuk masa depan, tentunya Anda harus memperhitungkan setiap langkah yang diambil. Konsep ramah lingkungan adalah hal yang harus diperhatikan karena pada faktanya hal ini tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga untuk lingkungan sekitar dan citra perusahaan itu sendiri.

Oleh karenanya Anda juga harus memperhatikan fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh ERP tersebut. Beberapa ERP sekarang ini ada yang menawarkan teknologi ramah lingkungan dengan voltage yang lebih rendah dan mampu meminimalisir emisi karbon. Hal seperti ini memang sederhana namun setidaknya mampu meningkatkan nilai perusahaan Anda.

Perhitungkan Anggaran dan Kebutuhan

Software ERP dengan harga yang murah mungkin mampu meminimalisir pengeluaran sehingga Anda bisa lebih berhemat. Namun di sisi lain, ERP murah terkadang sangat lambat untuk dioperasikan, walaupun hal ini tidak bisa lantas digeneralisasikan.

Sedangkan di sisi lain, kebutuhan manajemen perusahaan memang cukup banyak sehingga membutuhkan ERP yang mumpuni. Oleh karenanya perhitungan yang matang antara anggaran biaya dengan kebutuhan adalah salah satu kunci dari keberhasilan Anda dalam memilih ERP terbaik. Jadi, tidak perlu terburu-buru dan lakukan langkah demi langkahnya secara terstruktur.

Demikianlah ulasan seputar tips memilih software ERP Indonesia terbaik. Pastikan Anda memilih ERP terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar perusahaan Anda bisa terus maju dan berkembang. Untuk informasi lebih detail mengenai Software ERP Anda bisa mengklik link berikut ini :  https://www.soltius.co.id/

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia