span 1 span 2 span 3

Apa Saja Manfaat Sistem Barcode Untuk Gudang?

Sistem barcode untuk gudang – Barcode scanner ini  sering disebut dengan scan barcode yaitu alat elektronik yang memiliki sinar merah saat digunakan dan penggunaannya ini harus tepat dan sesuai pada objek. Lambang bergaris dan tertata rapi ini membuatnya harus dengan cara khusus. Barcode ini ada di setiap bungkus makanan, minuman, rokok, dan lain sebagainya.

Selain hal tersebut, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan scanner barcode ini yaitu sebagai media input dan data koleksi di saat pengolahan dan juga absensi digital. Sedangkan di gudang barcode ini sangat bermanfaat untuk mengetahui jumlah stok secara real time dan mengetahui alur perpindahan barang di gudang Anda.

Manfaat Sistem Barcode Untuk Gudang

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem barcode untuk gudang Anda. Jika selama ini Anda merasa aktivitas pergudangan terasa kurang efektif dan efisien bahkan membutuhkan waktu lama untuk operasionalnya maka itu tandanya Anda harus mulai mengaplikasikan sistem barcode untuk gudang ini. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem barcode seperti berikut:

Akurasi

Hal pertama yang bisa Anda dapatkan dengan sistem barcode ini adalah akurasi. Saat teknologi barcode belum digunakan tersebut banyak yang bergantung dengan sistem manual dengan menginputkan informasi produk secara manual. Produk yang keluar masuk pun ditulis dengan manual sehingga besar kemungkinan kesalahan tersebut bisa terjadi akibat human error.

Yang membedakan adalah teknologi ini menawarkan cara yang lebih realistis dan juga akurat saat dibaca. Teknologi ini juga mampu mengurangi berbagai macam kesalahan yang dilakukan saat input informasi dengan menggunakan sistem manual.

Lebih mudah

Dibandingkan dengan cara manual, menggunakan sistem barcode ini lebih mudah. Karyawan Anda akan bisa menggunakan sistem tersebut dengan mudah sehingga Anda tidak akan membuang waktu dan juga biaya untuk training pekerja. Biaya training bisa Anda alokasikan untuk yang lainnya seperti promosi atau meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

Baca Juga: 6 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Penerapan Sistem Pergudangan Modern

Lebih cepat

Sistem barcode untuk gudang ini lebih cepat digunakan. Input data secara manual hanya akan menghabiskan waktu cukup lama dalam proses penyelesaiannya. Hal ini tentu menjadi masalah dalam bisnis karena waktu adalah uang. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menerapkan dan mengimplementasikan sistem barcode ini dimana proses registrasi produk bisa diselesaikan dengan cepat, hanya dalam hitungan menit saja Anda bisa melakukan registrasi puluhan barang di gudang Anda.

Kontrol inventori

Sistem ini juga memberikan manfaat berupa pengontrolan inventory. Dalam pergudangan inventori ini sangat penting sekali Anda bisa memantau produk masuk dan keluar setiap harinya. Inventori ini merupakan nyawa sebuah bisnis sehingga inventori ini harus terdata dengan benar tanpa ada kesalahan apapun. Jika data tidak sebenarnya maka hal itu hanya akan menghambat bisnis Anda.

Meningkatkan pelayanan

Dengan menggunakan sistem barcode untuk gudang ini Anda akan muda untuk meningkatkan pelayanan di bisnis Anda. Dengan memanfaatkan sistem barcode ini Anda bisa mengetahui stok dengan cepat sehingga mampu mengirimkan barang dengan cepat pula, berbeda dengan yang tidak memiliki stok ini dimana untuk mengetahui stok harus menggunakan waktu yang lama.

Teknologi ini akan mampu membuat aktivitas pergudangan di bisnis Anda berjalan dengan baik, efisien, dan juga akurat. Anda membutuhkan software terbaik untuk bisa membantu aktivitas pergudangan Anda secara akurat. SOLTIUS hadir untuk memberikan solusi yang tepat bagi perusahaan Anda agar bisa memaksimalkan aktivitas pergudangan selain itu dengan solusi dari kami Anda bisa melakukan manajemen inventori di gudang Anda menjadi lebih baik. Hanya SOLTIUS yang mampu memberikan solusi sistem barcode untuk gudang terbaik bisnis Anda, hubungi kami lebih lanjut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan