span 1 span 2 span 3

Aplikasi CRM untuk Cara Mempertahankan Pelanggan

Aplikasi CRM untuk cara mempertahankan pelanggan kini terus berkembang dan telah berhasil diterapkan oleh banyak perusahaan. CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan yang menginginkan pelanggannya tetap setia menggunakan produk / jasa mereka. Penerapan CRM menjadi sangat penting mengingat kini persaingan global antar perusahaan semakin besar. Selain itu, aplikasi CRM juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan purna jual yang lebih baik kepada para pelanggan. 

Pengguna Aplikasi CRM 

Aplikasi CRM dapat digunakan oleh perusahaan atau bidang usaha yang berskala kecil dan juga perusahaan yang telah berskala besar. 

Prinsip Dasar CRM 

Prinsip dasar dari CRM adalah mengambil data input yang berupa informasi profil pelanggan. Data profil tersebut meliputi informasi tentang customer history, kebutuhan-kebutuhan pasar, serta isu tentang perkembangan pasar.

Tujuan Penerapan CRM 

Secara umum tujuan dari CRM antara lain:

  • Mengenali serta menganalisa relasi / hubungan dengan pelanggan.
  • Mengenali serta menganalisa situasi pasar.
  • Mengenali serta menganalisa produk keluaran. 

Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan

Berikut ini adalah berbagai langkah yang menjadikan aplikasi CRM untuk cara mempertahankan pelanggan berhasil diterapkan oleh sebuah perusahaan:

  • Membuat perencanaan bisnis yang matang 
  • Mendefinisikan tujuan dan juga target dari penerapan CRM 
  • Menentukan berbagai batasan dari CRM berdasarkan strategi yang telah ditetapkan
  • Menentukan standar pengukuran yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan CRM 
  • Menetapkan standar aturan penanganan strategi berdasarkan informasi yang terdapat di dalam sistem CRM

Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merencanakan Penerapan CRM 

Berikut ini berbagai hal yang perlu Anda perhatikan dalam penerapan CRM dalam sebuah perusahaan:

  • Target yang ingin diraih bersifat jangka panjang 
  • Perencanaan tersebut harus sesuai dengan target yang telah ditentukan perusahaan
  • Hasil yang diraih bisa dijadikan seagai kunci keberhasilan bisnis dalam perusahaan
  • Implementasi dari CRM dapat meminimalisir budget keseluruhan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan
  • Nilai resiko akibat dari implementasi CRM 

Manfaat dari Aplikasi CRM 

Aplikasi CRM memiliki berberapa manfaat, di antaranya:

  • Jumlah konsumen perusahaan yang semakin bertambah. Perusahaan dapat menambah jumlah konsumennya sembari mempertahankan tingkat kepuasan konsumen yang sudah ada. 
  • Mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dari para konsumen melalui data atau informasi mengenai kebutuhan konsumen.
  • Mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen pada masa yang akan datang melalui hasil interaksi yang telah dilakukan dan juga dari analisa berbagai data transaksi yang ada. 
  • Mengetahui ketidaknormalan yang terdapat dalam berbagai transaksi penjualan, misalnya adanya kejahatan penipuan ataupun tindak kriminal lainnya. 
  • Mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar service yang diberikan kepada para konsumen bisa semakin baik dari waktu ke waktu. 
  • Dapat melakukan analisa pola data transaksi 
  • Mampu meminimalisir resiko operasional dengan cara mengetahui prediksi yng akan terjadi di kemudian hari dan juga kesalahan yang pernah dilakukan melalui customer history. 

Berbagai Elemen yang Terdapat dalam Implementasi CRM 

Berikut ini elemen-elemen yang harus ada pada penerapan CRM:

  • Otomatisasi pemasaran, yakni pemasaran dapat dilakukan secara otomatis sehingga Anda tidak berlu bertransaksi secara langsung dengan customer. 
  • Adanya Call Center 
  • Adanya Data Warehousing 
  • Pencarian data dan analisa yang dapat dilakukan secara online

Demikianlah ulasan mengenai implementasi aplikasi CRM untuk cara mempertahankan pelanggan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan layanan terbaik bagi para pelanggan, silakan berkonsultasi dengan penyedia software CRM Indonesia. Untuk itu, Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi terkait penerapan dan pengembangan software CRM untuk perusahaan berskala kecil maupun yang berskala besar.

Artikel Lainnya:

Other News

Sep 30, 2020
Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern
Sep 28, 2020
Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan