span 1 span 2 span 3

Implementasi Big Data Indonesia dalam Teknologi Modern

Di era digital yang dipenuhi teknologi modern ini, volume data berkembang dengan sangat eksponensial atau pesat. Dan data-data yang ada juga hadir dari berbagai sumber, mulai dari log files, data sensor, sosial media, file audio dan video, atau bahkan data dan informasi dari perusahaan besar.

Rangkaian dan kumpulan data itulah yang kini akrab disebut dengan istilah Big Data. Dan pengelolaan Big Data yang tepat akan mampu menghasilkan analisis yang valid atas sebuah fenomena dan permasalahan, baik itu untuk perusahaan ataupun organisasi. Untuk itu dalam ulasan kali ini akan kami berikan sedikit informasi seputar implementasi Big Data Indonesia dalam teknologi modern. Berikut ulasan lengkapnya:

Fraud Detection & Prevention

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka siapapun kini bisa memaksimalkan kegunaannya. Dan yang menjadi permasalahan adalah, apabila teknologi informasi ini disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang merugikan. Seperti misalnya kejahatan finansial, pelanggaran protokol dan database internet, klaim penipuan, dan berbagai pelanggaran lainnya yang kerap menimpa perusahaan atau organisasi.

Atas permasalahan inilah Big Data perlu dimaksimalkan kinerja dan potensinya untuk terus mengawasi aktivitas dalam jaringan internet. Dengan himpunan Big Data yang valid, perusahaan mampu menyimpan riwayat data dengan lebih aman ke dalam satu sistem cloud dengan akses dan tingkat keamanan jaringan yang tinggi.

Customer Priority

Teknologi modern saat ini harus bisa dimaksimalkan oleh perusahaan atau para pelaku usaha untuk memudahkan konsumen. Dan dengan hadirnya sistem Big Data maka seluruh data konsumen bisa terekam secara real time. Ini akan bermanfaat untuk proses analisis data yang valid dan cepat. Hasil dari implementasi analisis data konsumen ini akan memberi output berupa langkah kongkrit yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Recommendation Engines

Big Data adalah jawaban atas kebutuhan bisnis di era digital yang ingin mencoba hyper-personalization dengan recommendation engines tools untuk meningkatkan ketepatan waktu atas setiap produksi dan penjualan. Dan ini merupakan peluang untuk meningkatkan penjualan silang demi menghasilkan efisiensi kerja dan profit yang berlipat.

Social Media Movement

Sekarang ini, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui gaya hidup konsumen dan target pasar. Perusahaan harus bisa berinteraksi dengan para konsumen lewat berbagai hal, seperti sosial media misalnya. Dan dalam proses interaksi ini, Big Data akan berperan dalam merekam setiap jejak digital konsumen atau calon konsumen. Sehingga Anda mengetahui siapakah orang yang berminat dengan usaha Anda dan bagaimana langkah yang harus diambil untuk meningkatkan minat tersebut menjadi ‘action’ sehingga jumlah pelanggan pun meningkat.

Start Up Media

Big Data adalah salah satu hal paling penting yang harus dikuasai oleh perusahaan start up, baik yang sudah besar dan memiliki banyak investor ataupun mereka yang masih berkembang. Implementasi Big Data akan merekam aktifitas mesin pencarian internet untuk kemudian Anda ketahui aktifitas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Dengan mengetahui hal-hal yang sedang trending saat ini, maka Anda juga bisa meningkatkan kedekatan dengan konsumen. Seperti misalnya membuat konten yang relevan dengan kejadian terkini atau menghadirkan produk yang sesuai dengan hasil analisis trend pasar melalui Big Data.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami berikan seputar implementasi Big Data Indonesia dalam teknologi modern. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi acuan Anda agar terus memaksimalkan Big Data untuk memajukan perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia