span 1 span 2 span 3

Jenis HR Software Indonesia Terbaik untuk Perusahaan Kecil Menengah

Dulu kita mengenal Divisi Sumber Daya Manusia atau HRD dengan sistem manajemen manual. Semua hal terkait rekrutmen hingga laporan dan pendataan SDM dilakukan secara manual oleh karyawan. Namun sekarang, sistem HRD sudah dikombinasikan dengan perkembangan teknologi informasi. Dan kita mengenalnya dengan HR software.

HR software sendiri memiliki beberapa jenis yang mana bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dan di sini, kami akan menjelaskan beberapa jenis HR software Indonesia terbaik yang bisa Anda pilih untuk membantu kegiatan manajemen HR di perusahaan. Berikut ulasan lengkapnya:

Operational HR

Salah satu jenis software HR terbaik yang bisa Anda pilih adalah Operational HR. Software ini akan menyediakan data-data yang valid untuk manajer dalam membantu membuat keputusan yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia atau karyawan perusahaan.

Software ini akan memudahkan manajer dalam melihat seluruh data lengkap karyawan, mulai dari data terkait posisi kerja hingga data-data pengalaman pribadi. Dan software ini juga akan menunjukkan setiap peraturan pemerintah terkait dengan urusan ketenagakerjaan sehingga memudahkan Anda dalam mengatur regulasi dan mengambil keputusan paling tepat.

Dalam software ini juga terdapat beberapa turunan operasional, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Employee Information System (EIS)

Program ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem HR software. Program ini berfungsi untuk mencatat data karyawan secara menyeluruh, mulai dari nama, status pendidikan, gaji, golongan karyawan, hingga pengalaman kerja dan lain-lainnya. Bahkan data terkait preferensi kerja, minat bakat, dan skor psikotest juga terekam dalam program ini.

  1. Performance Management Information System (PMIS)

Program PMIS akan menyediakan data terkait penilaian kinerja karyawan. Data ini pastinya sangat penting karena memudahkan manajer dalam menentukan promosi jabatan, pemindahan divisi, ataupun pemecatan karyawan apabila produktivitasnya menurun.

  1. Position Control System (PCS)

Program PCS dapat mengidentifikasi posisi dalam perusahaan, semua data terkait dengan karyawan dan jabatannya akan terekam. Dengan data ini maka akan memudahkan divisi HRD dalam mengetahui posisi mana saja yang masih kosong dan memerlukan tambahan tenaga kerja.

  1. Applicant Selection and Placement Information System (ASPIS)

Berbeda dengan program lainnya, ASPIS akan berfokus pada manajemen data karyawan baru. Sehingga perannya akan maksimal untuk mendukung proses rekrutmen karyawan.

Tactical HR

Jenis HR software terbaik yang selanjutnya adalah Tactical HR. Sistem ini akan memudahkan manajer dalam mengambil keputusan karena terdapat data-data pendukung yang akurat. Hal ini pastinya akan menekan alokasi sumber daya perusahaan sehingga tetap berjalan dengan efisien.

Sedangkan dalam divisi HR, sistem ini akan mengelola beberapa hal, mulai dari keputusan rekrutmen, pengembangan karyawan, hingga analisis pekerjaan setiap individu. Dari tactical HR ini juga ada beberapa program turunan, yaitu:

  1. Job Analysis & Design Information System

Program ini bertanggung jawab dalam membuat job description secara detail untuk masing-masing karyawan. Seluruh informasi dari karyawan, supervisor, peraturan pemerintah, hingga data para kompetitor juga akan terekam dalam program ini.

  1. Compensation & Benefits Information System

Ini merupakan program khusus yang dapat mendukung Divisi HR dalam mengambil keputusan, terutama yang terkait dengan kompensasi dan tunjangan para karyawan.

  1. Employee Training & Development System

Program ini juga tak kalah penting karena dapat memberi arahan yang tepat terkait dengan jenis pelatihan untuk para karyawan, guna meningkatkan produktivitas perusahaan.

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan seputar jenis HR software Indonesia terbaik yang bisa perusahaan Anda gunakan, semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Nov 15, 2019
7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Pentingnya Penerapan Mobil Supply Chain dalam Bisnis