span 1 span 2 span 3

Modul SAP Business One yang Wajib Anda Tahu!

SAP Business One menjadi aplikasi yang memberikan solusi terintegrasi.  Business One ini akan menyediakan visibilitas yang jelas ke seluruh aspek bisnis dan juga memiliki kontrol penuh terhadap aspek bisnis yang lainnya. Kata lainnya adalah SAP ini akan membuat perusahaan bekerja lebih efisien karena mampu merangkum semuanya di dalam satu wadah. Sama seperti ERP lainnya dimana penggunaan Business One ini sangat menguntungkan karena efisiensi, kecepatan serta kecermatan dalam mengelola bisnis, selain itu bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Modul SAP

SAP Business One ini bisa dijadikan sebagai sebuah solusi untuk bisnis Anda. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Business One ini akan memberikan akses yang mudah kepada Anda untuk melihat data yang dimiliki oleh bisnis Anda. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, ada beberapa modul yang bisa Anda pilih seperti berikut ini:

1.Administration mode

Modul ini berisi setup sistem yang mana memiliki tujuan currency exchange rate, otorisasi, warning atau notification, serta memiliki fungsi untuk bisa men export dan juga mengimpor data di bisnis Anda.

Baca Juga: Apa Itu SAP Business One?

2.Financial modul

Modul selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah financial module. Modul ini memiliki fungsi untuk memanage dan mengelola semua data accounting, general ledger, dan juga membuat laporan keuangan atau finansial. Sebagai tambahannya SAP Business One ini akan memiliki fungsi dalam mengontrol budget dan juga profil untuk bisa mendapatkan pendapatan dan juga biaya.

3.Sales opportunities

Modul ini bermanfaat untuk membantu bagian penjualan di perusahaan Anda. Dengan menggunakan modul ini Anda bisa melihat peluang serta menganalisa informasi yang ada kaitannya dengan penjualan. Modul ini pun akan memudahkan bisnis Anda melihat peluang yang potensial sehingga bisa bergerak lebih cepat dibandingkan dengan  bisnis yang tidak menggunakan SAP ini.

4.Purchasing

Modul selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah purchasing.  Dengan modul ini Anda akan bisa melakukan manage atau mengelola semua transaksi vendor atau supplier. Modul ini juga memiliki fitur tambahan dimana Anda bisa menambahkan harga pokok, harga biaya angkut, dan berbagai macam fungsi yang lainnya.

Baca Juga: Otomasi Kegiatan Perusahaan dengan SAP Business One

5.Business partner and banking

Business One ini memiliki modul business partner yang berfungsi sebagai penyimpan data master untuk sema data supplier, pelanggan, dan calon pelanggan. Selain itu ada juga modul banking yang memiliki fungsi untuk menghandel secara penuh transaksi yang ada hubungannya dengan keuangan.

6.Modul lainnya

Selain beberapa modul yang disebutkan di atas masih ada beberapa modul SAP Business One lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk perusahaan bisnis Anda. Modul tersebut adalah inventory yang mana bisa digunakan sebagai pengelola stock gudang, list harga, harga spesial, alternatif item, transaksi gudang seperti proses pengepakan barang yang mana menggunakan batch dan juga serial number. Ada juga modul production yang mana digunakan untuk menghandel komponen suatu produksi. Selain itu ada juga modul MRP atau Material Requirement Planning dimana modul ini berfungsi sebagai pengelola semua kebutuhan material yang dibutuhkan dalam proses produksi dan juga manufaktur. 

Dua modul yang terakhir adalah service dan juga human resource. Modul service digunakan sebagai pemantau interaksi antara bagian penjualan dengan pelanggan, selain itu juga digunakan untuk maintain informasi berhubungan dengan service contract, item serta serial number. Untuk modul human resources ini memuat berbagai informasi berhubungan dengan kepegawaian di dalam suatu perusahaan sehingga bisa meningkatkan kemampuan atau potensi dari masing-masing staff yang ada. 

Dengan banyaknya modul dan juga fitur yang dimiliki SAP Business One ini maka banyak perusahaan kelas menengah sampai skala bear yang menggunakannya untuk memudahkan perusahaan dalam mencapai target bisnis yang sudah ditentukan.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan