span 1 span 2 span 3

Apakah Anda Sudah Mengenal SAP Business One?

Apakah Anda Sudah Mengenal SAP Business One?

SAP Business One sering menjadi perbincangan pebisnis. Lalu sudahkah Anda mengenalnya? Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan tantangan bisnis semakin kompleks sehingga mau tidak mau bisnis harus mampu mengimbangi dan cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Bisnis juga dituntut untuk semakin cepat dan tepat dalam segala hal agar tidak tertinggal. Oleh sebab itu manajemen dan operasional bisnis sudah seharusnya dijalankan secara otomatis karena cara manual hasilnya tidak akan pernah maksimal. Selain itu, faktor human error akan mudah sekali terjadi sehingga berpengaruh terhadap performa bisnis Anda ke depannya.  Salah satu wujud teknologi canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks adalah SAP Business One.

Pengertian SAP Business One

SAP Business One ini digunakan untuk memanajemen bisnis dimana cocok bagi bisnis skala kecil dan menengah. Tidak hanya itu saja, bisnis di dalam perusahaan besar juga cocok menerapkan software ini dalam divisi dan juga sub divisinya. Tujuan dalam penggunaan software ini adalah meningkatkan kontrol bisnis yang mana bisa didesain secara berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Software ini pun akan mempersingkat proses utama yang berlangsung dalam perusahaan, membuka wawasan lebih kepada bisnis perusahaan, dan juga mengambil keputusan-keputusan bisnis berdasarkan informasi yang real time. Tentunya hal ini akan membuat pertumbuhan keuntungan perusahaan semakin cepat dan meningkat.

Baca Juga: Apa Itu SAP Business One?

Fungsi Utama SAP Business One

Ada beberapa fungsi utama dari SAP Business One yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda seperti berikut ini:

1.Manajemen finansial

Software ini akan bisa memperkecil risiko kesalahan dan membawa perusahaan menuju pengambilan keputusan yang jauh lebih menguntungkan dikarenakan dilengkapi dengan operasi finansial yang cepat, mudah, dan singkat.  Fungsi manajemen finansial ini mencakup beberapa hal seperti accounting, controlling, fixed asset management, bank dan rekonsiliasi, laporan keuangan dan juga analisis.

2.Manajemen sales dan customer

Fungsi utama selanjutnya adalah software ini akan bisa menjadikan seluruh proses sales dan siklus customer lebih efisien mulai dari kontak awal dengan konsumen sampai dengan penjualan akhir. Bahkan Business One ini juga memiliki fungsi after sales and support. Dalam manajemen sales dan customer terdapat manajemen sales dan opportunity, manajemen marketing campaign, manajemen customer, laporan dan analisis, mobile sales, dan yang terakhir adalah manajemen layanan. 

3.Purchasing dan inventaris

Business One memiliki fungsi mengoptimalkan kegiatan purchasing sekaligus bisa mengontrol biaya yang ada dengan pengelolaan siklus lengkap mulai dari pemesanan sampai dengan pembayaran termasuk di dalamnya kuitansi, faktur, retur, dan juga pembayaran.  Pengontrolan purchasing dan inventaris ini mencakup procurement, integrasi warehouse dengan accounting, laporan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 3 Fitur Utama SAP Business One untuk Bisnis Kecil Menengah

4.Intelegensi bisnis

Fungsi dari Business One selanjutnya adalah mampu menyusun laporan yang cepat, tepat, dan akurat dimana laporan tersebut akan mengambil keseluruhan dara dari perusahaan  dengan alat analisis dan juga laporan. Dengan fungsi ini Anda akan mudah melakukan kustomisasi  laporan, visualisasi atas data, analisis dengan  predefined metrics, analisis interaktif, dan lain sebagainya.

5.Analisis dan laporan

Fungsi terakhir yang paling krusial adalah analisis dan laporan. Business One mampu memberdayakan perusahaan untuk bisa mengambil keputusan yang cerdas dan confident dengan menangkap informasi kritis sekaligus bisa membuatnya mudah di akses oleh pihak yang berkepentingan dengan informasi tersebut. Laporan yang dibuat pun real time karena didukung dengan data yang kuat sehingga laporan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis yang akurat.

Sudah saatnya Anda mengimplementasikan SAP Business One ke bisnis Anda agar operasional bisnis Anda semakin mudah dan maksimal, jangan lupa juga pilih vendor terbaik agar Anda mendapatkan software Business One terbaik dengan layanan yang memuaskan.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan