span 1 span 2 span 3

Pengertian dan Jenis Aplikasi CRM yang Wajib Anda Ketahui

Aplikasi CRM sangat canggih dan dibutuhkan oleh bisnis Anda. Aplikasi ini menjadi solusi yang tepat bagi bisnis Anda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan sangat penting dalam aspek bisnis karena tanpa pelanggan bisnis Anda tidak akan bisa mencapai target seperti yang diharapkan. Pelanggan ini juga bisa menjadi penyebab kemunduran bisnis. Jika bisnis Anda tidak bisa memberikan pelayanan yang memuaskan, pelanggan akan bisa beralih ke kompetitor kapan saja. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk mengerti keinginan pelanggan dengan baik. Salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi CRM ini. 

Pengertian

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. CRM merupakan software yang bisa membantu Anda dalam memanajemen pelanggan. Dengan CRM ini semuanya akan terhubung bahkan tersimpan dalam satu software aplikasi yang sama. Dengan menggunakan CRM ini Anda akan mengetahui dimana posisi Anda dalam proses penawaran dengan klien, selain itu Anda bisa tahu seberapa dekat Anda dengan kesepakatan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga tahu siapa saja yang ada di tim klien Anda sehingga Anda bisa menelepon si B jika si A sedang berhalangan. Anda juga akan tahu siapa saja anggota perusahaan Anda yang pernah berhubungan dengan klien tersebut dan apa saja yang pernah mereka katakan. 

Baca Juga: 4 Fitur Aplikasi CRM yang Bermanfaat untuk Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi CRM ini Anda juga akan mudah mengetahui tentang apa yang mereka suka dan apa yang mereka tidak suka. Dengan mengetahui hal ini Anda akan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Anda juga akan bisa mengetahui apa yang mereka posting di status media sosial dan masih banyak lagi lainnya. 

Jenis CRM

Sebelum menggunakan aplikasi CRM sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan perusahaan Anda. Dengan mengetahui kebutuhan dengan baik Anda akan tahu seperti apa aplikasi yang Anda butuhkan di perusahaan Anda. Jika tidak mengetahui kebutuhan perusahaan dengan baik Anda akan menggunakan aplikasi yang salah sehingga performa perusahaan Anda kurang maksimal. Ada tiga jenis aplikasi atau software CRM yang bisa Anda pilih. Jenis yang pertama adalah CRM yang digunakan untuk komunikasi. Dengan menggunakan software ini Anda akan mudah untuk menyederhanakan komunikasi internal dan juga eksternal.  Jenis aplikasi ini akan berhubungan dengan komunikasi seperti email dan juga server media sosial internal. Dengan layanan ini akan mudah bagi Anda untuk menjalin komunikasi dengan karyawan atau tim Anda dan klien Anda. 

Jenis CRM yang kedua adalah untuk penjualan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan terbantu dalam hal penjualan. Software CRM jenis ini sangat cocok sekali untuk Anda yang memiliki banyak pelanggan namun bingung bagaimana cara memanajemen pelanggan Anda. Manajemen yang buruk hanya akan membuat pelanggan menjadi komplain kepada Anda sehingga akan berpengaruh terhadap penjualan dan performa bisnis Anda. Jenis CRM ini juga akan membuat Anda mudah mengetahui tingkat produktivitas karyawan dan memanajemen data pelanggan dengan baik. Yang terakhir ada CRM untuk kontak. Aplikasi ini mirip dengan yang pertama hanya saja Anda bisa terhubung atau terintegrasi dengan sistem lainnya.

Jika selama ini Anda memiliki masalah dengan manajemen pelanggan maka CRM ini menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi CRM yang tepat untuk bisnis, Anda akan mudah untuk memperoleh pelanggan baru dan mampu mempertahankan pelanggan tetap, sehingga penjualan bisnis Anda menjadi meningkat bahkan melampaui dari target yang telah ditetapkan.

Artikel Lainnya: Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya

Other News

Mar 21, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia