span 1 span 2 span 3

Pengertian Point of Sales Software Indonesia dan Sistem Kerjanya

Ketika berbelanja, maka seluruh belanjaan akan dihitung oleh kasir secara otomatis. Dan tahukah Anda apa yang membuat komputer kasir tersebut dapat merekam seluruh harga dan menghitungnya? Itulah yang disebut dengan point of sales software.

Dengan software tersebut, kita bisa memasukkan harga seluruh produk yang dijual dan nantinya akan mengeluarkan kode angka dan barcode tertentu untuk proses perekamannya. Software ini pun sudah digunakan di hampir seluruh belahan dunia karena perannya memang sangat dibutuhkan. Lalu untuk mengenal pengertian point of sales software Indonesia dengan lebih dalam, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Point of Sales (POS)

Secara sederhana, Point of Sales atau POS merupakan sistem yang mendukung transaksi penjualan, seperti misalnya di supermarket, restoran, atau kafe. Pada umumnya sistem POS ini akan digandengkan dengan komputer atau cash register (mesin kasir).

Namun sekarang ini POS juga sudah bisa digunakan pada tablet, baik yang berbasis sistem operasi android maupun windows. Dan hal ini juga jauh lebih ringkas karena bisa meminimalisir tempat dan terlihat lebih rapih karena tanpa kabel yang berserakan.

Selain itu, dalam pengelolaan bisnis, software POS juga bisa melakukan beberapa hal lainnya, yaitu mendata stok barang, mengetahui profit, hingga melihat laporan penjualan yang dapat diatur pembuatannya, mulai dari setiap hari, seminggu sekali, setiap bulan, hingga setahun sekali.

Software POS ini juga sering disebut dengan berbagai istilah, seperti misalnya program kasir, mesin kasir, aplikasi toko, inventory system, hingga program toko. Penyebutan seperti itu lazim dilakukan di masa lalu karena pada awal mulanya software POS ini diciptakan untuk membantu para pelaku usaha toko retail. Hingga akhirnya sekarang software POS telah jauh berkembang dan dapat melakukan lebih dari sekedar menghitung harga produk.

Sistem Kerja Point of Sales untuk Bisnis

Bagi Anda para pelaku usaha di bidang jasa, mungkin selembar nota dan kalkulator sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan transaksi dengan pelanggan. Hanya saja, untuk usaha di bidang produk, seperti kafe misalnya, tentu dibutuhkan alat yang leih canggih untuk memasukkan setiap detail produk dan harganya. Dan hal inilah yang membuat produsen wajib mengerti tentang software Point of Sales atau POS.

Sistem kerja POS ini akan dioperasikan oleh komputer utama yang mana nantinya Anda bisa menginput data-data produk beserta harganya. Dalam hal ini Anda juga bisa mengatur harga setelah diskon dan lain sebagainya. Setelah itu, komputer yang sudah terhubung dengan POS bisa dihubungkan dengan printer untuk mengeluarkan struk belanja. Dan cara pengoperasian manual oleh seorang kasir akan membantu segala urusan transaksi ini.

Di mana Tempat Mendapatkan Software POS Terbaik?

Software Point of Sales sekarang ini sudah bukan lagi menjadi barang yang mewah. Bahkan beberapa vendor menyediakan software ini dengan harga murah untuk beberapa toko kecil yang tidak memerlukan space terlalu banyak. Hanya saja Anda sebaiknya memilih vendor yang terpercaya untuk menghadirkan software POS dengan tampilan yang menarik, fresh, dan pastinya mudah digunakan.

Terlebih dalam sistem kerja POS juga memerlukan sistem keamanan yang baik agar usaha Anda terjamin keamanannya. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghubungi https://www.soltius.co.id/id untuk berkonsultasi seputar sistem ini. Karena perusahaan ini sudah berpengalaman dalam melayani berbagai kebutuhan perusahaan di bidang sistem informasi dan software komputer.

Nah, demikianlah ulasan singkat seputar pengertian Point of Sales Software Indonesia dan beberapa sistem kerjanya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa segera menjalankan usaha Anda.

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

Sep 30, 2022
Kelebihan SAP S4HANA yang Menarik dan Perlu Diketahui
Sep 30, 2022
5 Cara Software Akuntansi Meningkatkan Omset Pada Perusahaan, Apa Saja? Simak Ti...